21 April 2022

Zambuk (Salep Gatal dan Memar): Kegunaan dan Aturan Pakai

Perhatikan cara penggunaan zambuk juga ya Moms

Dikenal secara turun temurun, Zambuk diklaim memiliki banyak kegunaan. Berbentuk salep, Zambuk disebut bermanfaat untuk menghilangkan bengkak, hingga baik untuk wajah.

Dilansir dari website Zambuk, salep ini telah dipercaya lebih dari 100 tahun meredakan memar, gatal digigit nyamuk dan serangga.

Karena termasuk golongan obat herbal dan obat bebas, Moms dapat membelinya di berbagai apotik terdekt tanpa menggunakan resep dokter.

Baca Juga: Memahami Nebacetin, Salep Antibiotik untuk Infeksi Mata

Mengenal Zambuk

Zambuk
Foto: Zambuk

Foto: Zambuk.co.id

Zam-Buk Ointment diproduksi oleh PT. Bayer yang merupakan perusahaan obat berbasis Internasional. Salep ini sudah terkenal di berbagai negara dengan khasiatnya.

Obat salep tradisional ini diproduksi pertama kali oleh Zam-Buk Company di Inggris, yang diciptakan oleh Charles Edward Fulford dan pertama kali terjual sebagai obat salep herbal oleh Bile Beans Company pada tahun 1902.

Pada 1903, Great Britain memperkenalkan Zam-Buk sebagai obat pertolongan pertama yang penting untuk luka gores dan iritasi kulit sebelum adanya obat antibiotik.

Sehingga, Zam-Buk menjadi sangat terkenal di berbagai Negara seperti Canada, Inggris, Thailand, dan sebagainya hingga kini.

Dikenal karena warna kemasan dan salepnya yang berwarna hijau, Zambuk Salep hijau bantu meredakan gatal dan memar berkat kandungan Eucalyptus oil, Camphor, Thyme oil dan Colophony yang dimilikinya.

Setiap 100 mg salep Zambuk sendiri mengandung:

  • Eucalyptus Oil BP 5.02%
  • Camphor BP 1.76%
  • Thyme Oil BP 0.50%
  • Colophony BP 2.51%

Bahan aktif di Salep Zambuk, seperti minyak eukaliptus (eucalyptus oil), minyak kapur barus (camphor), minyak Thyme (Thyme Oil) dan Colophony bermanfaat untuk meredakan gatal, memar serta nyeri.

Baca Juga: Inerson, Obat Salep untuk Gejala Dermatitis dan Eksim

Manfaat Zambuk

ibu-jari-terkilir.jpg
Foto: ibu-jari-terkilir.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salep Zambuk merupakan obat salep berwarna hijau bermanfaat untuk:

  • Rasa nyeri dan gatal-gatal yang berkaitan dengan luka ringan
  • Gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk
  • Memar dan terkilir ringan
  • Meredakan rasa nyeri akibat memar, terkilir/keseleo
  • Mengobati luka gores/teriris
  • Melegakan sesak nafas
  • Mengurangi rasa nyeri pada luka lebam, luka gores dan luka bakar

Selain rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, rasa gatal dapat terjadi akibat iritasi, alergi, biduran, ruam dan luka yang segera sembuh.

Dengan kandungan Camphor dan Eucalyptus Oil yang berfungsi sebagai antiseptik dan anti implamasi pada Zambuk ini, sudah terbukti dapat mengurangi rasa gatal dan mencegah infeksi Moms.

Zambuk juga dapat mengobati luka ringan akibat teriris pisau, jatuh, dan luka parut karena kandungan dari Eucalyptus Oil, yang dapat mencegah anti Inflamasi dan antiseptik alami serta mengurangi iritasi.

Selain itu Kandungan Thyme Oil dan Camphor juga dapat mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi rasa sakit. Kandungan Eucalyptus Oilnya juga dapat membantu melindungi luka dari infeksi.

Bukan hanya itu, kandungan alami seperti Camphor dan Eucalyptus Oil yang dimiliki oleh Zambuk dapat membantu melegakan pernafasan akibat sesak nafas ataupun asma.

Ini berkat aroma dari Camphor Oil memberikan rasa segar dan rileks. Rasa hangat dan aroma yang khas pada Thyme Oil juga mampu membantu mengurangi nyeri sakit kepala.

Kandungan Eucalyptus Oil pada salep ini berfungsi sebagai bahan antiseptik dan anti bakteri alami untuk mencegah terjadi peradangan atau iritasi yang parah serta anti infalmasi.

Kandungan Camphornya juga membantu mengurangi rasa nyeri yang disebakan bisul membengkak. Dilansir Organic Facts kandungan Camphor dapat berfungsi sebagai detoksifikasi dan stimulan untuk sistem peredaran darah, melancarkan peredaran darah.

Juga meredakan penyakit rematik, radang sendi, dan asam urat. Ini juga dianggap antiphlogistik karena mengurangi pembengkakan bagian tubuh.

Sama seperti manfaatnya unruk meredakan sesak nafas, Zambuk juga dapat mengobati hidung tersumbat dan sinusitis.

Karena kandungan alami dan aroma dari Camphor dan Eucalyptus Oil yang memberikan rasa segar dan rileks sehingga dapat membantu melegakan saluran pernafasan.

Dengan harga sekitar Rp38.000 hingga Rp48.000, Moms akan mendapatkan salep yang multifungsi tersebut.

Baca Juga: Bingung Atasi Jerawat? Ini 10 Rekomendasi Salep Untuk Jerawat, Dijamin Ampuh!

Penggunaan Zambuk

digigit nyamuk
Foto: digigit nyamuk (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Digunakan sebagai obat luar, Moms bisa mengoleskan dengan lembut salep ini pada tempat yang terkena gatal, nyeri atau memar. Bila perlu, tutup dengan kasa steril setelahnya.

Moms juga harus menjaga kebersihan dari kulit yang akan diolesi salep ini. Bila terdapat kotoran, kuman, atau kontaminasi lainnya, tidak hanya memperlambat penyembuhan tapi juga menambah iritasi pada permukaan yang meradang.

Segera tutup kembali kaleng kemasan setelah menggunakan Zambuk.

Zambuk ini sangat tidak disarankan untuk digunakan pada bayi di bawah 2 tahun. Selain itu saat akan digunakan oleh anak di bawah 12 tahun, harus dengan pengawasan orang tua.

Segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter jika terjadi reaksi radang. Moms atau Si Kecil yang memiliki kulit sensitif mungkin akan merasakan reaksi alergi terhadap bahan obat ini.

Penggunaan obat yang mengandung camphor ke dalam lubang hidung anak juga dapat membahayakan. Penggunaan dalam jumlah sedikit mungkin dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dalam waktu singkat.

Jika terjadi keracunan, kosongkan lambung dengan pemompaan lambung. Berikan suatu laksatif salin (laxative saline) dan karbon aktif.

Untuk memakainya, Moms bisa menyesuaikannya dengan petunjuk ini:

  • Luka ringan dan lecet (luka lecet/gores): Bersihkan bagian yang akan diobati, oleskan Zambuk secukupnya dan balut dengan kasa steril.
  • Luka dalam (memar, keseleo atau terkilir): Bersihkan bagian yang akan diobati dengan air hangat, oleskan salep secukupnya dan pijat secara lembut pada bagian yang nyeri.
  • Hidung tersumbat dan sesak nafas: Larutkan Zambuk dengan air hangat dan hirup uapnya atau oleskan pada bagian dada.
  • Sakit Kepala: Oleskan pada bagian dahi secukupnya.
  • Gatal-gatal: Oleskan pada bagian yang gatal secukupnya.

Sebagai obat luar dengan kandungan dan manfaat yang banyak, Moms bisa mulai menyimpan Zambuk di kotak P3K rumah ya.

  • https://www.zambuk.co.id/id/salep-zambuk/zambuk
  • https://www.mandjur.co.id/zam-buk-medicated-ointment#:~:text=Untuk%20membantu%20keluhan%20memar%20akibat,peredaran%20darah%20dan%20mengurangi%20pembengkakan.
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/camphor-essential-oil.html
  • https://www.klikdokter.com/obat/zambuk

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb