Program Hamil

PROGRAM HAMIL
11 Januari 2020

3 Tips Olahraga Program Hamil

Maksimalkan peluang kehamilan dengan mengikuti tips olahraga program hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin Moms pernah mendengar jika olahraga terlalu berat dapat mempersulit rencana kehamilan.

Namun di sisi lain, olahraga juga tetap penting dilakukan untuk memaksimalkan kesuburan (terutama bagi penderita PCOS) hingga mempersiapkan tubuh Moms memasuki masa kehamilan dan kelahiran.

Berikut ini beberapa tips olahraga program hamil yang dapat Moms terapkan untuk membantu memperbesar peluang kehamilan.

1. Pilih Olahraga Intensitas Sedang

tips olahraga program hamil

Foto: fitnessvigil.com

American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa olahraga berlebihan berhubungan dengan masalah infertilitas.

Hal ini sepertinya juga sejalan dengan sebuah studi yang meneliti 3,000 wanita. Kesemuanya sedang berusaha untuk hamil dan tidak sedang menjalani program hamil.

Hasilnya, aktivitas fisik dengan gerakan ringan atau moderat memiliki manfaat lebih baik pada wanita dengan semua berat badan. Sedangkan, wanita dengan berat badan normal dalam penelitian ini, yang melakukan olahraga dengan gerakan penuh energi selama lima jam atau lebih dalam seminggu, 42% kurang cenderung hamil dibandingkan wanita yang tidak berolahraga sama sekali.

“Kami terkejut menemukan bahwa aktivitas penuh energi yang relatif kecil pun bisa berdampak pada fertilitas,” ungkap profesor epidemiologi di Boston University School of Public Health, Lauren A. Wise, ScD, seperti dikutip dari webmd.com.

Lari, aerobik, gymnastics, berenang dan sepeda yang cukup intens termasuk dalam aktivitas dengan gerakan penuh energi. Sedangkan jalan cepat, sepeda santai, golf, dan berkebun masuk dalam aktivitas sedang atau moderat yang cocok sebagai tips olahraga program hamil.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

2. Ajak Pasangan & Ganti Olahraga

tips olahraga program hamil

Foto: howtogetflatabsfast.org

Pilih beberapa jenis olahraga yang Moms nikmati, sebelum akhirnya masuk dalam fase kehamilan. Misalnya, jika Moms tidak bisa jalan atau lari di luar ruangan karena hujan, maka pergilah ke kelas Zumba.

“Jika Moms sudah terbiasa melakukan beberapa olahraga, maka akan lebih cenderung untuk terus melakukan satu olahraga tersebut atau olahraga yang aman lainnya bagi bayi jika Moms sudah hamil,” ungkap penulis Before Your Pregnancy, Amy Ogle, seperti dikutip dari parents.com.

Tips olahraga program hamil yang direkomendasikan oleh Amy adalah aktivitas berenang, karena memiliki risiko cedera yang kecil dan memberi perasaan menenangkan di bulan-bulan terberat saat hamil.

Tips olahraga program hamil tidak hanya berlaku untuk Moms, kesehatan Dads juga sama pentingnya selama 90 hari sebelum pembuahan. Karena jumlah tersebut adalah waktu yang dibutuhkan bagi sperma untuk berkembang sepenuhnya.

Sehingga juga merupakan waktu terbaik bagi Dads untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga, agar berada dalam kesehatan yang baik dan menghasilkan sperma yang optimal saat pembuahan.

Baca Juga: Hal-hal Yang Harus Diperhatikan saat Program Hamil

3. Perkuat Punggung

tips olahraga program hamil

Foto: momtastic.com

Saat Moms nanti hamil, maka bagian perut dan dada akan membesar, sehingga keseimbangan dapat terganggu. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada bagian tubuh lainnya.

“Jika mulai sekarang memperkuat otot perut dan punggung, maka akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami sakit punggung nantinya,” ungkap Amy Ogle.

Tips olahraga program hamil dengan memfokuskan pada bagian inti tubuh juga memberi manfaat lainnya.

“Memiliki bagian inti yang kuat akan memberi keseimbangan dan postur yang lebih baik, keduanya sangat penting ketika Moms sedang hamil,” ungkap ahli olahraga pra kehamilan dan postnatal serta pemilih Lifefitness4me.com, Connie Marshall, seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Konsumsi 8 Makanan Ini!

Itulah beberapa tips olahraga program hamil untuk meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh Moms memasuki masa kehamilan.

GS

Artikel Terkait