Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
25 Agustus 2020

Makanan-makanan Ini Bisa Menyebabkan dan Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Kandungan dalam makanan tertentu bisa memicu perut kembung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makanan penyebab perut kembung pada anak tidak harus dihindari sama sekali, tapi perlu diperhatikan porsi dan cara pengolahannya supaya tidak membuat gas bertumpuk di dalam sistem pencernaan.

Penyebab perut kembung pada anak memang tidak cuma makanan, tapi bisa juga terjadi akibat gangguan pencernaan, sembelit, aerofagia atau menelan terlalu banyak udara, penumpukan cairan, ketidakseimbangan bakteri di usus, atau intoleransi makanan tertentu.

Makanan Penyebab Perut Kembung pada Anak

Yuk Moms, perhatikan dulu beberapa makanan yang bisa membuat perut Si Kecil kembung berikut ini:

1. Kacang-Kacangan

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Keluarga legume atau kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, dan kacang kedelai adalah sumber makanan padat nutrisi yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Namun, sebagian besar kacang-kacangan juga mengandung gula jenis alpha-galactosides, dari kelompok karbohidrat rantai pendek bernama FODMAP yang memberikan energi untuk bakteri di dalam usus.

Menurut studi dari National Institutes of Health, proses fermentasi FODMAP dalam sistem pencernaan pada individu dengan kondisi sindrom iritasi usus besar menghasilkan jenis gas yang membuat perut terasa kembung, begah, kram, atau diare.

Untuk mengurangi kandungan FODMAP dalam kacang-kacangan, sebelum diolah dan dimakan Moms bisa merendamnya selama beberapa jam sampai keluar kecambah sepanjang 1/4 inchi.

Baca Juga: Perut Kembung dan Keras pada Anak, Apakah Akibat Makanan?

2. Gandum

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak 2.jpg

Foto: Cookinglight.com

Sebagai salah satu bahan yang paling banyak ditemukan dalam berbagai produk makanan di pasaran, gandum telah cukup lama diketahui mengandung FODMAP dan gluten.

Anak dengan kondisi celiac disease atau sensitif gluten perlu menghindari berbagai produk makanan berbahan gandum, karena bisa menyebabkan masalah pencernaan serius termasuk perut kembung, perut bergas, diare, dan sakit perut.

Sebagai alternatif gandum, Moms bisa memberikan Si Kecil oat murni, quinoa, tepung almond, atau tepung kelapa.

3. Keluarga Sayuran Cruciferous

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak 3.jpg

Foto: Mendocinocoastclinics.org

Sayuran jenis cruciferous seperti kol, brokoli, kembang kol, dan kale mengandung FODMAP dan sejenis gula bernama raffinose yang akan difermentasi oleh bakteri dalam usus.

Proses fermentasi tersebut akan menghasilkan gas yang bisa membuat perut Si Kecil terasa kembung dan tidak nyaman. Untuk mengurangi efeknya, Moms disarankan untuk memasak makanan penyebab perut kembung pada anak ini hingga matang sebelum disajikan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak, Catat!

4. Bawang Mentah

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak 4.jpg

Foto: Sidneymarkets.com.au

Tahukah Moms, kalau bumbu dapur yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia ini adalah salah satu sumber fructan utama bagi tubuh?

Namun, menurut penjelasan dari Tuft Medical Center, selama proses fermentasi fructan akan menarik banyak air ke dalam usus besar sehingga bisa menyebabkan perut kembung dan diare.

Belakangan diketahui pula kalau ada individu yang sensitif atau intoleran dengan beberapa senyawa dalam bawang mentah, sehingga bawang sebaiknya selalu dimasak dengan matang sebelum disajikan.

5. Produk Susu

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Susu dan produk olahannya adalah sumber protein dan kalsium yang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Namun, konsumsi susu bisa menimbulkan berbagai masalah pencernaan serius dengan gejala seperti perut kembung, gas, kram, dan diare bila Si Kecil memiliki kondisi intoleransi laktosa.

Periksakan ke dokter bila Si Kecil tampak sering sakit perut atau kembung setelah mengonsumsi produk susu ya, Moms.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Perut Balita Kembung Setelah Makan

Tentu saja makanan penyebab kembung anak tidak terbatas pada daftar di atas ya, Moms. Karena setiap anak memiliki sensitivitas dan fungsi pencernaan yang berbeda, berbagai jenis makanan lain juga bisa membuat perut Si Kecil kembung dan bergas.

Nah, apa yang biasanya Moms lakukan untuk mengatasi perut kembung pada anak? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk mengatasi perut kembung pada anak.

Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Yuk Moms, berikan makanan untuk perut kembung pada anak ini supaya Si Kecil merasa lebih nyaman.

1. Mentimun

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Mentimun lebih sering disajikan sebagai lalapan, yang ternyata mampu mengatasi perut kembung pada anak lho, Moms.

Menurut Cynthia Sass, MPH RD, ahli gizi dan nutrisi, pada laman health.com, mentimun mempunyai kandungan antioksidan flavonoid bernama quercetin yang bermanfaat untuk menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi sebagai pemicu kembung.

Baca Juga: Segarnya Es Timun Melon, Begini Cara Membuatnya

2. Pepaya

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Pada studi yang dirilis National Institutes of Health, diketahui kalau mengonsumsi pepaya dapat mengurangi gejala sembelit dan perut kembung secara signifikan.

Manfaat buah pepaya didapatkan dari kandungan enzim papain yang dapat membantu sebagai pemecah protein dari makanan yang dikonsumsi, sehingga fungsi sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Yogurt

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Seperti yang Moms ketahui, yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan sekaligus meredakan inflamasi ketika perut sedang bergas dan kembung.

Supaya mendapatkan manfaat ekstra, Moms dapat memberikan greek yogurt yang mempunyai kalori lebih rendah, dengan kandungan sampai 20 gram protein atau kefir sebagai alternatif pengganti jika Si Kecil alergi susu atau intoleransi laktosa.

Baca Juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

4. Avokad

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Selain kaya akan lemak sehat, avokad juga mempunyai kandungan potasium serta antioksidan yang baik untuk mengatasi perut kembung pada anak.

Berbagai makanan yang mengandung potasium seperti avokad, pisang, kiwi, dan jeruk, dapat mengurangi perut kembung akibat retensi garam dan cairan dengan cara mengatur kadar sodium pada tubuh.

5. Jahe

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Mengatasi perut kembung pada anak juga dapat Moms lakukan dengan menambahkan jahe pada makanan dan minuman Si Kecil.

Selain dapat membuat perut menjadi hangat, jahe juga mengandung enzim pencernaan zingibain yang bisa membantu tubuh untuk memecah protein, mengurangi inflamasi pada usus besar, dan memberikan efek relaksasi yang membantu meredakan kembung serta gas.

Baca Juga: Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah

6. Oatmeal

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Ketika perut Si Kecil sedang kembung, memberikan sarapan oatmeal di pagi hari menjadi pilihan terbaik untuk membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gejala perut kembung.

Moms bisa menambahkan topping seperti kacang kenari atau buah berry untuk memberikan tambahan serat, antioksidan, serta protein.

7. Air Kelapa

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 7.jpg

Foto: Freepik.com

Seperti buah avokad, air kelapa merupakan sumber potasium yang dibutuhkan tubuh untuk meredakan kembung akibat retensi cairan yang disebabkan kadar sodium yang tidak seimbang.

Untuk hasil yang maksimal, air kelapa lebih baik diminum secara murni tanpa tambahan gula atau susu kental manis.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

Selain mengonsumsi makanan untuk mengatasi perut kembung pada anak di atas, sebaiknya hindari dulu makanan yang menghasilkan gas atau membuat perut terasa tambah tidak nyaman seperti kacang-kacangan, brokoli, bawang, lentil, kembang kol, minuman bersoda, dan makanan berminyak.

Artikel Terkait