Kesehatan

5 September 2021

Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 11 Manfaat Jahe Merah

Menjadi salah satu bahan jamu empon-empon yang konon dapat menangkal virus Corona.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Pernahkah, Moms mendengar soal manfaat jahe merah? Jahe merah kerap kali disebut-sebut sebagai bahan makanan sekaligus obat tradisional.

Setelah langkanya cairan pembersih cuci tangan (hand sanitizer) dan masker, masyarakat Indonesia mulai 'berburu' jahe merah karena dianggap dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus corona (COVID-19).

Meskipun hingga saat ini belum ada studi yang menunjukkan kemampuan jahe merah dalam melawan infeksi virus corona, tetapi ada manfaat jahe merah lainnya yang tak kalah menarik.

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu jenis varietas jahe, yang memiliki nama latin Zingiber officinale varieties rubrum, dengan aroma dan rasa pedas yang lebih kuat.

Cari tahu apa saja manfaat dari jahet merah berikut ini.

Baca Juga: Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

1. Dapat Mengobati Penyakit Peradangan

manfaat jahe merah-1

Foto: Orami Photo Stock

Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga manfaat jahe merah dapat mengurangi dan meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan.

Mengutip Springer Nature, penyakit yang disebabkan oleh gangguan peradangan contohnya seperti alergi, asma, penyakit autoimun, penyakit seliaka, hepatitis, penyakit radang usus, dan penolakan transplantasi.

Dalam Journal of Medicinal Food, disebutkan bahwa jahe merah telah diresepkan sebagai analgesik untuk nyeri radang sendi dalam pengobatan tradisional Indonesia.

2. Mengurangi Stres Oksidatif

manfaat jahe merah-2

Foto: Orami Photo Stock

Jahe merah merupakan tanaman dengan sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian dalam jurnal Biomolecular and Clinical Aspects, menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika terlalu banyak radikal bebas menumpuk di dalam tubuh. Radikal bebas ini adalah zat beracun yang dihasilkan oleh metabolisme dan faktor lain.

Karena itu, mengonsumsi makanan dengan tingkat antioksidan tinggi menjadi cara menghilangkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

3. Punya Kandungan Antibakteri

manfaat jahe merah-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Fitofarmaka, disebutkan bahwa manfaat jahe merah dapat menekan pertumbuhan berbagai bakteri menular yang umum, termasuk Staphylococcus aureus dan Listeria monocytogenes.

Bakteri Staphylococcus aureus bisa menyebabkan beberapa infeksi kulit ringan seperti jerawat, impetigo, bisul, selulitis, folikulitis, hingga kondisi yang berat seperti penyakit pneumonia, meningitis, osteomielitis, dan sindrom syok toksik.

Sementara, bakteri Listeria monocytogenes dapat menyebabkan penyakit meningitis.

Selain itu, penggunaan jahe merah memberikan manfaat dengan menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori, yang bisa memerangi penyakit saluran pencernaan.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Membuat Wedang Jahe Enak

4. Cocok untuk Penderita Diabetes

manfaat jahe merah-4

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diabetes terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah), atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif.

Moms perlu juga mengonsumsi jahe merah, karena ada manfaat jahe merah bagi penderita diabetes, karena kandungan zat di dalamnya.

Dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, dilakukan penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 1 menggunakan jus jahe merah. Hasilnya, terjadi peningkatan kadar insulin yang signifikan dan penurunan kadar glukosa yang cepat.

Pengobatan dengan jahe merah juga menyebabkan penurunan kolesterol serum, trigliserida serum dan tekanan darah pada tikus dengan kondisi diabetes.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes saat Hamil

5. Dapat Meredakan Mual

manfaat jahe merah-5

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya sudah Moms tahu bahwa jahe secara umum dapat meredakan mual. Ini juga menjadi yang sama pada jahe merah.

Studi pada 2010 dari jurnal Pediactric Blood & Cancer, meneliti efek suplemen bubuk jahe terhadap mual pada 60 anak-anak dan dewasa muda yang menjalani kemoterapi.

Hasilnya, menunjukkan bahwa terjadi pengurangan rasa mual pada sebagian besar orang yang meminumnya.

Baca Juga: Cara Mengobati Gondongan dengan Jahe, Yuk Coba!

6. Mencegah Masalah Pencernaan

Jahe merah untuk pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga mencegah Moms dari masalah pencernaan, seperti sakit perut.

Zat antibakteri dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Saat ditambahkan ke makanan, jahe bisa digunakan sebagai pengawet alami dan bisa mencegah Moms dari keracunan makanan akibat bakteri.

Tak hanya itu, kehangatan yang diberikan jahe bisa menenangkan pencernaan. Kehangatan yang diberikan oleh jahe juga banyak digunakan untuk mengobati masuk angin dan pilek.

Baca Juga: Amankah Minum Jahe Merah Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

7. Mencegah Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular

Jahe merah baik untuk mengatasi hipertensi dan penyakit kardiovaskular

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat jahe, termasuk manfaat jahe merah, telah lama dipercaya dalam mengelola dan mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Mengutip Medicineton, penelitian dilakukan dengan menggunakan ekstrak cair jahe putih dan jahe merah, untuk mengkaji bagaimana hubungan antara jahe dan enzim yang berkontribusi terhadap hipertensi.

Hasilnya, ditemukan bahwa ekstrak jahe merah dapat membantu menghambat enzim tersebut.

Baca Juga: 5 Resep Bubur Mutiara Jahe yang Hangat Lembut

8. Manfaat Jahe Merah sebagai Antioksidan

jahe merah sebagai antioksidan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lain dari tanaman asli Asia Tenggara ini adalah aktivitas antioksidannya. Moms perlu tahu bahwa terjadinya peroksidasi (kerusakan oksidatif) pada membran sel dan tingginya kadar ion besi dalam tubuh berhubungan dengan berbagai penyakit degeneratif pada saraf dan otak.

Sebuah penelitian menyebutkan, kemungkinan ekstrak jahe merah dan jahe putih melindungi otak dengan menghalangi peroksidasi oleh ion besi di otak.

Namun jahe merah dinilai memiliki kelebihan karena memiliki efek protektif.

Dugaan yang muncul dalam penelitian tersebut adalah aktivitas antioksidan jahe merah yang melindungi sel-sel otak terhadap stres oksidatif.

Baca Juga: 21 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

9. Obat Sakit Kepala

sakit kepala

Foto: Orami Photo Stock

Rasa khas jahe merah dan efek hangat yang dihasilkan bisa membuat seseorang lebih rileks dan nyaman. Karena itulah jahe merah sering digunakan sebagai obat sakit kepala alami.

10. Mengobati Alergi

jahe merah untuk alergi

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya jahe ini digunakan untuk menyembuhkan gatal pada kulit. Caranya adalah dengan menempelkan jahe pada kulit yang gatal secara rutin hingga rasa gatalnya hilang.

11. Melegakan Tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Jahe merah menghasilkan efek hangat sehingga dapat melegakan tenggorokan. Sangat cocok untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan atau batuk yang membuat tenggorokan menjadi gatal.

Cara Menanam Jahe Merah di Rumah

Red-Ginger-1.png

Foto: vivregourmet.com

Jahe merah relatif mudah perawatannya, Moms bisa menanamnya di kebun atau pot di tanah yang subur dengan drainase tinggi.

Sebaiknya Moms memperkaya nutrisi tanah dengan memberikan pupuk berkualitas tinggi setiap bulan untuk mencapai pertumbuhan yang konstan dan warna-warna cerah dari tanaman,

pH harus sekitar 6-6,65 dan air sekitar 1-2 kali setiap minggu. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau di tempat teduh, juga di dalam atau di luar ruangan.

Jika Moms kebetulan memiliki bibit jahe merah dari tanaman yang jarang diproduksi atau dengan membelinya, Moms bisa mengikuti petunjuk berikut agar berhasil menanamnya:

  • Taruh benih-benih itu di tanah penaburan berkualitas tinggi, sebaiknya di dalam ruangan atau tutupi untuk menjaga kelembapannya.
  • Siram terus menerus sampai tanaman muncul.
  • Ketika tanaman mulai tumbuh, pindah ke wadah lain agar akar dapat bergerak di dalam tanah.
  • Bantu jahe merah tumbuh dengan menambahkan pupuk setiap bulan dan menyiramnya 1-2 kali per minggu.
  • Letakkan di wadah yang lebih besar atau pindahkan jahe merah ke tanah lapang di kebun jika perlu.
  • Pangkas akar jahe merah secara teratur menggunakan gunting pemangkas khusus.

Baca Juga: Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

Itu dia, manfaat jahe merah yang dianggap bisa melawan penyakit virus corona COVID-19.

Meski belum ada studi yang menunjukkan efektivitas jahe merah terhadap virus corona, tidak ada salahnya mencoba untuk merasakan manfaat lainnya, ya.

Selain menjaga kesehatan dengan minum jamu, pastikan Moms tetap melindungi keluarga dan orang-orang tersayang dengan mengikuti anjuran pemerintah serta tenaga medis ya, Moms.

Sebisa mungkin jangan keluar rumah untuk mengindari terinfeksi virus corona. Tetap sehat, ya Moms!

  • https://www.nature.com/subjects/inflammatory-diseases
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20136450
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92775/
  • https://journal.unpak.ac.id/index.php/fitofarmaka/article/view/1168/pdf
  • https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diabetes
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14980006
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20842754
  • https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/health-benefits-red-ginger
  • https://www.greenisher.com/red-ginger-plant-care-and-benefits/
  • https://en.medicineton.com/3-potensi-manfaat-jahe-merah-yang-belum-diketahui
  • https://benefits-of.com/herbal/benefits-of-red-ginger-for-health-from-digestion-to-fertility/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait