3-12 bulan

5 November 2020

14 Cara Memutihkan Kulit Bayi, Coba Yuk Moms

kulit bayi akan terlihat lebih cerah dan sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Bayi itu cantik. Mereka adalah hal termanis di dunia bagi orang tua mereka, terlepas dari warna kulitnya. Cerah, gelap, kehitaman, atau gandum, apa pun warna kulit mereka sejak lahir, tidak masalah.

Apa yang penting bagi orang tua adalah kesejahteraan, kesehatan, dan pertumbuhan serta perkembangan anak secara keseluruhan.

Namun berbicara mengenai kulit bayi, pernahkah Moms memperhatikan kulit Si Kecil yang semakin besar jadi semakin gelap? Hal tersebut bisa jadi terjadi karena Si Kecil sudah mulai banyak kegiatan di luar ruangan.

Apalagi balita 3 tahun mulai banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga terpapar radiasi matahari yang membuat kulitnya kasar dan gelap. Lalu, seperti apa cara memutihkan kulit bayi?

Penting diperhatikan, bahwa memutihkan kulit balita tentu tidak boleh dilakukan sembarangan ya, Moms. Tapi tenang Moms, ada kok cara aman memutihkan kulit balita. Seperti apa? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga: 5 Makanan Yang Dapat Memicu Eczema Pada Balita

Cara Memutihkan Kulit Bayi

Moms ingin Si Kecil memiliki kulit yang putih dan bersinar? Coba beberapa cara memutihkan kulit bayi berikut ini yuk!

1. Pasta Susu dan Kunyit

yuk, coba 6 cara memutihkan kulit anak balita 3 tahun 1

Foto: Blackwhitevivid.com

Seperti dituliskan dalam buku A Beginner’s Guide to Burns, memberikan pijatan ringan dengan pasta yang terbuat dari susu dan bubuk kunyit dapat menjadi cara memutihkan kulit bayi atau balita.

Biarkan pasta tetap menempel sampai mengering sebelum membersihkannya dengan kain atau handuk basah. Setelah itu, mandikan Si Kecil sampai bersih tanpa menggunakan sabun.

2. Oleskan Yogurt, Tomat, dan Oatmeal

Saat kulit Si Kecil terlihat mulai kasar dan menggelap, segera buat campuran yogurt, ekstrak tomat, dan oatmeal lalu balurkan ke kulitnya sebagai cara memutihkan kulit bayi.

Menurut laman Health Guidance, tomat sendiri mengandung antioksidan kuat bernama lycopene, yang dapat meningkatkan perlindungan kulit, produksi kolagen, dan mempercepat regenerasi sel kulit.

3. Oleskan Gel Lidah Buaya

yuk, coba 6 cara memutihkan kulit anak balita 3 tahun 3

Foto: romper.com

Walau tidak bisa mengubah warna kulit, gel lidah buaya mengandung komponen yang dapat meningkatkan regenerasi sel kulit serta menghambat hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit.

Moms juga bisa mengoleskan lidah buaya pada kulit balita yang terlihat kemerahan atau tidak sehat, agar kulitnya terlihat putih dan cerah.

Namun, ada baiknya Moms mengetes ketahanan kulit balita terhadap gel lidah buaya dengan terlebih dahulu mengoleskannya pada pergelangan tangan. Jangan lanjutkan bila muncul gatal atau bentol ketika menggunakan cara memutihkan kulit bayi ini ya, Moms.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Balita yang Paling Sering Dialami

4. Masker Daun Mint dan Madu

Mint bukan hanya enak untuk ditambahkan ke dalam makanan dan minuman, tapi juga bisa menjadi cara memutihkan kulit bayi atau balita lho, Moms.

Menurut Times of India, mint dapat memberikan efek menenangkan yang membuat kulit lebih rileks dan mulai meregenerasi selnya sehingga tampak lebih cerah dan sehat.

Cukup giling atau ulek daun mint, lalu tambahkan madu sampai membentuk tekstur pasta kental. Oleskan ke wajah balita secara rutin dan lihat perubahannya dalam waktu beberapa minggu.

5. Pijat Dengan Minyak Kelapa

yuk, coba 6 cara memutihkan kulit anak balita 3 tahun 5

Foto: Aptaadvantage.com.sg

Sentuhan penuh kasih sayang dari pijatan Moms bukan hanya penting untuk mendukung tumbuh kembang, tapi juga bisa jadi cara memutihkan kulit bayi.

Menurut buku Perfect Health for Kids: Ten Ayurvedic Health Secret, saat Moms rutin memberikan pijat ringan dengan olesan minyak kelapa hangat, kulit balita jadi selalu lembap sehingga teksturnya lebih lembut dan terlihat lebih bercahaya.

6. Minum Sari Anggur

Supaya lebih efektif, cara memutihkan kulit bayi atau balita juga perlu didukung dengan asupan gizi yang tepat dari dalam tubuh.

Rutin minum sari anggur yang mengandung antioksidan dan vitamin C dapat membantu merevitalisasi kulit balita, serta melindunginya dari radiasi ultraviolet dan radikal bebas penyebab noda gelap.

7. Mandikan dengan Temperatur yang Tepat

cara memutihkan kulit bayi

Foto: Orami Photo Stock

Suhu air tidak mengubah warna kulit bayi. Namun, bayi tidak bisa menahan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hanya air hangat yang harus Moms gunakan untuk membasuh wajah dan tubuh bayi kita.

8. Gunakan Pelembap untuk Bayi

Bayi memiliki kulit yang halus dan lembut. Pijatan lembut dengan pelembap berbahan ringan bisa diberikan kepada bayi, tiga sampai empat kali sehari sebagai cara memutihkan kulit bayi.

Pelembap akan menjaga kulit Si Kecil tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan. Ini menenangkan kulit bayi tetapi tidak mengubah warna kulit, namun bisa membuatnya lebih bercahaya.

Baca Juga: 4 Kriteria Pelembap untuk Kulit Kering Bayi

9. Pakai Lulur Bayi

cara memutihkan kulit bayi

Foto: babycenter.in

Lulur buatan sendiri dibuat dengan mencampurkan bubuk kacang arab, baby oil, susu mentah, dan air mawar. Pasta dioleskan ke kulit bayi dan digosok dengan lembut.

Campuran tersebut dapat membantu menghilangkan kotoran yang tidak diinginkan dan bulu-bulu tipis pada kulit bayi. Tapi itu tidak akan memutihkan kulit bayi, namun bisa mencerahkan kulitnya.

Selain itu, jika bedaknya kasar atau digosok dengan kasar, bisa menyebabkan ruam, jadi berhati-hati dan lakukan dengan lembut cara memutihkan kulit bayi ini ya, Moms.

10. Coba Buah-buahan

Tidak seperti memberi bayi Moms buah-buahan segar (konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu). Buah-buahan penuh dengan nutrisi dan serat, dan membantu membersihkan tubuh bayi kita dari dalam.

Cara ini akan membantu dalam perbaikan keseluruhan kulit anak, tidak hanya warna saja.

11. Gunakan Kentang Mentah

cara alami memutihkan kulit bayi

Foto: healthline.com

Cukup kupas kentang mentah dan parut. Sekarang usapkan parutan kentang tersebut pada tubuh anak Moms sebelum dimandikan. Kentang memiliki khasiat pemutih dan berfungsi sebagai exfoliator untuk sel kulit mati.

Menggunakan cara memutihkan kulit bayi ini, kulit Si Kecil akan menjadi lebih cerah daripada sebelumnya.

12. Aplikasikan Tomat

Tomat juga mengandung sifat anti-penyamakan. Parut saja tomat dan usapkan ampasnya ke seluruh tubuh sebelum mandi sebagai cara memutihkan kulit bayi.

Ingat selalu, warna kulit anak adalah keturunan dan pengobatan rumahan apa pun yang kita coba hanya akan mencerahkan kulit anak saja dan mungkin tidak permanen.

Jadi, jangan terlalu memusingkan warna kulit anak. Pastikan saja anak mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi serta memiliki sistem kekebalan yang kuat dan otak yang sehat!

Periksa dengan dokter anak sebelum Moms mencoba salah satu dari pengobatan ini karena kulit anak Si Kecil mungkin terlalu sensitif.

Baca Juga: 15 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kanker!

13. Oleskan Tepung Chickpea

cara memutihkan kulit bayi

Foto: thespruceeats.com

Tepung chickpea membantu mengurangi rambut yang tidak diinginkan di tubuh. Moms bisa menggunakan kacang arab atau tepung gram hijau dan mencampurkannya dengan susu lalu menggunakannya.

Oleskan pasta kental itu pada kulit dengan lembut sebagai cara memutihkan kulit bayi. Gosok perlahan. Ikuti dan gunakan prosedur ini sekali atau dua kali seminggu dan kulit anak akan bersinar. Ini adalah pengobatan rumahan yang bagus untuk memutihkan kulit.

14. Bisa Gunakan Buah Bit

Campur biji-bijian kunyit yang dihancurkan dengan jus buah bit dan aduk rata untuk membuatnya menjadi adonan yang kental. Gunakan campuran ini pada kulit anak kita. Pasta bit efektif untuk kulit yang bersinar.

Itu dia Moms, cara memutihkan kulit bayi atau balita. Perlu diketahui, warna kulit apapun bukanlah masalah jika Si Kecil tumbuh sehat, cerdas, dan bahagia. Nah, apa Moms punya kiat untuk menjaga kesehatan kulit balita?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait