Kesehatan

KESEHATAN
13 April 2020

6 Cara Mengatasi Stres pada Perempuan Secara Efektif

Cegah Moms alami stres kronis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Mengatasi stres pada perempuan dengan cara yang efektif bisa Moms coba dengan membaca penjelasan ini.

Setiap orang mengalami stres, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Cleveland Clinic menjelaskan bahwa stres merupakan bentuk respon tubuh terhadap peristiwa sehari-hari.

Meskipun banyak orang memandang stres sebagai hal yang negatif dan merusak, stres dapat menjadi hal yang positif apabila dikelola dengan benar. Karena itu, penting mengetahui cara mengatasi stres.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

Cara Mengatasi Stres pada Perempuan

Menurut American Psychology Association, wanita lebih mungkin mengalami peningkatan tingkat stres daripada pria, dan juga jauh lebih mungkin mengalami gejala stres fisik dan emosional dibanding pria.

Untuk dapat mengelola stres menjadi hal yang positif dan baik, ketahui cara mengatasi stres pada perempuan berikut ini.

1. Cari Tahu Penyebab Stres

cara mengatasi stres pada perempuan-cari tahu penyebab stres

Foto: Orami Stock Photos

Aktivitas sehari-hari yang padat dapat membuat Moms seringkali lupa akan hal-hal yang telah dilakukan sebelumnya. Karena itu, lakukan usaha untuk mengingat kembali dengan membuat jurnal.

"Dengan menulis jurnal, Anda bisa mencari tahu situasi mana yang paling membuat stres dan bagaimana cara menanganinya," jelas Lynn Bufka, Ph.D., Psikolog Klinis dan Direktur Eksekutif Asosiasi untuk Penelitian Praktik dan Kebijakan di American Psychological Association, mengutip Women's Health.

Catat pemikiran, perasaan, dan informasi tentang lingkungan sekitar, termasuk orang-orang dan keadaan yang terlibat, kondisi fisik, dan bagaimana Moms memberikan reaksi.

Mencatat dapat membantu menemukan pola di antara pemicu stres dan reaksi terhadapnya, sehingga Moms dapat membuat rencana sebagai cara mengatasi stres pada perempuan.

2. Miliki Support System yang Mendukung

cara mengatasi stres pada perempuan-support system

Foto: Orami Stock Photos

Hubungi pasangan, anggota keluarga, atau teman terdekat. Teman atau anggota keluarga mungkin telah mengatasi tantangan serupa dan memiliki pandangan yang bermanfaat.

Hal ini menandakan bahwa Moms tidak perlu sendirian dalam menghadapi keadaan hidup yang menantang. Meminta bantuan kepada support system sangat membantu dalam mengatasi stres pada perempuan.

Baca Juga: Moms, Cara Ini Bisa Membantu Redakan Stres

3. Buat Satu Komitmen untuk Memperbaiki Kesehatan

cara mengatasi stres pada perempuan-olahraga

Foto: Orami Stock Photos

"Lakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan kesehatan, sehingga Anda memiliki energi dan kekuatan untuk mengatasi tantangan yang sedang dihadapi," terang Lynn.

Apa yang terpenting, Moms melakukannya dengan konsisten dan penuh komitmen, sekecil apapun langkah tersebut.

Misalnya, mengurangi makan camilan berlebihan, berjalan cepat atau aktivitas aerobik lainnya, yang dapat meningkatkan energi dan tingkat konsentrasi, serta mengurangi perasaan cemas.

4. Batasi Penggunaan Gagdet

cara mengatasi stres pada perempuan-batasi gadget

Foto: pixabay.com

Membatasi penggunaan gadget atau ponsel dapat menjadi cara lain dalam mengatasi stres pada perempuan.

Studi dalam jurnal BMC Public Health menyebutkan bahwa frekuensi tinggi penggunaan ponsel menjadi faktor risiko terhadap kesehatan mental selama 1 tahun di antara orang dewasa muda.

Beri waktu istirahat selama akhir pekan dari pekerjaan, Moms bisa meletakkan ponsel sebelum tidur di malam hari agar bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Cegah Stres, Ini 5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

5. Tingkatkan Kualitas Tidur

cara mengatasi stres pada perempuan-kualitas tidur

Foto: Orami Stock Photos

Lynn mengatakan, "Wanita yang mengalami stres kronis seringkali menderita kurang tidur yang cukup dan, dalam beberapa kasus, menjadi insomnia akibat stres."

Dalam setiap kesempatan, tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak selama 1-2 jam sebelum tidur, dan lakukan kegiatan yang menenangkan seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau relaksasi seperti meditasi.

Selain dapat mengatasi stres pada perempuan, melakukan kegiatan menenangkan sebagai cara meningkatkan kualitas tidur juga dapat membuat tidur Moms menjadi lebih nyenyak.

6. Mencari Bantuan Tambahan

cara mengatasi stres pada perempuan-konsultasi psikolog

Foto: Orami Stock Photos

Bila Moms terus-menerus merasa kewalahan atau sulit menjalani rutinitas harian, cari bantuan dari profesional kesehatan mental berlisensi, seperti psikolog.

Psikolog dilatih untuk membantu pasiennya agar bisa mengembangkan strategi untuk mengelola stres secara efektif dan membuat perubahan untuk membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Nah, itulah cara mengatasi stres pada perempuan dengan cara yang efektif. Mana cara yang sudah Moms coba?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait