ADVERTISEMENT

TRIMESTER 1
30 Mei 2022

Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Daun singkong ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meski memiliki kandungan yang baik, singkong tidak boleh dimakan mentah. Lalu bagaimana dengan daun singkong untuk ibu hamil, pakah boleh dikonsumsi?

Menurut penelitian African Women and Health anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang tua perlu mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua.

Sayuran ini mengandung vitamin A yang mencegah rabun senja dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang di dalamnya juga termasuk daun singkong.

Baca Juga: 5+ Fakta dan Jenis Daun Maple, Daun Cantik yang Tumbuh di Negara Empat Musim!

Kandungan Daun Singkong

Foto: efek samping daun singkong.jpg (safecassava.org)

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Banyak orang khususnya di Indonesia yang sering mengkonsumsi daun singkong. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang tidak terlalu pahit, daun singkong sering dijadikan lalapan yang enak saat dipadukan dengan sambal.

Daun singkong sendiri mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Protein yang terdapat dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim.

Ketersediaan asam amino ini dapat membantu mengubah energi menjadi karbohidrat. Asam amino juga dapat membantu memulihkan luka kulit, membantu meningkatkan memori, menjaga kesehatan tulang dan sistem metabolisme tubuh.

ADVERTISEMENT

Daun singkong lebih rendah kalori, sehingga ini akan memberikan efek kenyang lebih lama. Daun singkong juga dapat membantu pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

Selain itu, dedaunan hijau ini juga diklaim dapat membantu meredakan sakit kepala, menjadi obat masuk angin, cacingan, rematik, maag, diare dan juga meningkatkan stamina.

Bukan hanya itu, Klorofil yang ditemukan di daun memberikan sifat antikanker dan antioksidan. Tentunya kandungan-kandungan tersebut membuat daun singkong untuk ibu hamil tidak boleh terlewatkan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Trends in Food Science and Technology disebutkan juga bahwa daun singkong merupakan sumber makanan yang kaya akan protein, mineral, dan vitamin.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Menakjubkan!

Daun singkong yang didetoksifikasi dapat berfungsi sebagai sumber nutrisi yang aman. Namun, kehadiran antinutrien dan glukosida sianogenik adalah kelemahan utama dalam daun singkong yang membatasinya untuk tidak dikonsumsi berlebih.

Dilansir Organic singkong dikenal di seluruh dunia sebagai sumber makanan, tetapi daun tanaman ini juga kaya akan nutrisi terutama Protein.

Dalam 100 gram daun singkong yang dimasak, menyediakan sekitar 3,7 gram protein yang cukup baik untuk sayuran berdaun hijau.

Dan daunnya mengandung berbagai jenis protein yang sebanding dengan telur dan kedelai. Dan daun singkong mengandung lisin, isoleusin, leusin, valin, dan banyak lagi.

Kandungannya yang banyak dak tidak umum ditemui pada tanaman berdaun hijau lainnya, membuatnya sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi.

Kandungan protein yang luar biasa dari daun ini juga sebanding dengan daun ubi jalar dan daun kacang tanah, dan hingga 10 kali lebih banyak protein ditemukan di daun singkong daripada di akarnya.

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Selain itu, kandungan karbohidrat daun singkong hampir sama dengan kacang buncis dan kacang kedelai.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Jeringau untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Foto: daun singkong bermanfaat untuk kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Berkat kandungannya tersebut, terdapat juga berbagai manfaat daun singkong untuk ibu hamil. Beberapa di antaranya yakni:

1. Mencegah Anemia

ADVERTISEMENT

Karena adanya kandungan zat besi yang tinggi dalam daun singkong, ini akan membantu ibu hamil untuk menghindari anemia.

Daun singkong juga memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Beberapa kandungan tersebut dapat menunjang kesehatan Moms selama masa kehamilan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kehadiran vitamin C yang tinggi tentunya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi daun singkong membantu menjaga kebersihan diri dengan menghilangkan berbagai penyakit.

Jika dikonsumsi saat hamil, kandungan vitamin C dalam daun singkong ini bukan hanya baik bagi Moms tapi juga untuk janin yang berada dalam kandungan.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong mengandung banyak vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat membantu menghancurkan bakteri dan virus. Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang.

Antioksidan yang dikandungnya dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. Kandungan Folat yang dimiliki juga sangat bermanfaat selama kehamilan.

Ini akan membantu meningkatkan produksi sel dengan membantu materi genetik untuk kehidupan dan menghindari mutasi DNA.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Daun Keji Beling, Daun dengan Segudang Manfaat kesehatan

4. Membantu Sistem Pencernaan

Daun singkong mengandung jumlah serat yang baik dan mampu mendorong pertumbuhan bakteri probiotik yang tentunya dapat meningkatkan kekebalan.

Kandungan seratnya juga dapat meredakan sembelit. Kandungan serat daun singkong sebanding dengan kacang dan lentil, yang membuat daun singkong untuk ibu hamil menjadi pilihan makanan yang baik.

Sebab, tidak jarang ibu hamil memiliki masalah pencernaan dan juga sembelit selam kehamilan. Mengkonsumsinya secara cukup akan memudahkan Moms untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Menjaga Berat Badan

Daun singkong memiliki kandungan protein yang tinggi. Daun ini mengandung berbagai jenis protein dibandingkan dengan telur dan kedelai.

Itu terbuat dari banyak Arginin, Lisin, Valin, Leusin dan Isoleusin, daun singkong mengandung hingga 10 kali jumlah protein yang ditemukan di akar.

Daun singkong rendah kalori bagi Moms yang sedang hamil dan sedang memperhatikan berat badan agar tidak terlalu mendapat kenaikan yang drastis karena beberapa hal.

ADVERTISEMENT

6. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tulang

Dalam daun ajaib ini juga ditemukan kandungan Kalium untuk pengaturan air dan kesehatan jantung, fosfor dan kalsium untuk tulang yang kuat.

Saat hamil, Moms akan ‘membagi’ asupan makanan dengan janin. Oleh karena itu, daun singkong akan memberi nutrisi untuk kesehatan jantung dan tulang bagi Moms dan Si Kecil.

Meski ada manfaat daun singkong untuk ibu hamil, namun daun ini mengandung kadar asam sianat yang relatif tinggi sehingga perlu direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi ya Moms.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12345402/
  • https://www.healthbenefitstimes.com/cassava-leaf/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0924224415000990
  • https://organic.ng/health-benefits-of-cassava-leaves/
  • https://www.agro-hub.com/blog/nutritional-value-of-cassava-leaves/

Sebelumnya

5 Makanan Pencegah Flek saat Hamil untuk Bantu Jaga Kesehatan Janin!
Nevy • 26 Mei 2022

Selanjutnya

Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu, Ya? Simak Jawabannya Berikut Ini!
Dresyamaya Fiona • 02 Jun 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT