3-5 tahun

3-5 TAHUN
9 Juli 2019

Apa Beda Daycare dan Preschool? Ini Dia 4 Penjelasannya

Pilih sekolah Si Kecil sesuai kebutuhanmu, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Masih bingung akan memasukkan Si Kecil untuk sekolah, Moms? Apakah Si Kecil merasa nyaman di tempat penitipan anak setiap Moms pergi bekerja? Atau Moms mulai berpikir sudah waktunya untuk dia masuk ke preschool? Jika Si Kecil telah menghabiskan tahun-tahun pertamanya di rumah, Moms harus memutuskan untuk memasukkannya ke sekolah.

Moms mungkin bertanya-tanya: apakah preschool lebih bermanfaat daripada daycare? Jawabannya, belum tentu. Saat ini, daycare sering kali menyediakan lebih dari sekadar pengasuhan - mereka juga menawarkan kegiatan belajar untuk mempersiapkan anak-anak ke taman kanak-kanak.

Selain itu, mengirim anak Moms ke daycare bisa menghabiskan biaya yang hampir sama dengan mengirimnya ke preschool.

"Daycare yang baik dan preschool yang baik mungkin tidak akan jauh berbeda. Orang-orang cenderung menggunakan kata 'tempat penitipan anak' dengan cara yang agak mendiskreditkan, tetapi itu hanya salah paham," kata Leslie Roffman, direktur Little School San Francisco.

Ada beberapa beda daycare dan preschool yang mungkin ingin Moms pertimbangkan. Yuk Moms disimak.

1. Waktu

Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 01.jpg

Foto: americanprogress.org

Preschool memiliki jam harian yang lebih pendek, bahkan sebagian besar juga tutup pada hari libur. Biasanya Moms akan diminta memilih program setengah hari dan sehari penuh. Dan Anda mungkin perlu mendaftarkan anak Moms setidaknya selama dua hari setiap minggu.

Daycare lebih fleksibel dalam hal waktu. Mereka cenderung dibuka lebih awal dan tutup untuk memenuhi kebutuhan orang tua yang bekerja. Bahkan ada yang tetap buka sepanjang tahun. Beberapa daycare memungkinkan Moms untuk sepenuhnya mempersonalisasi jadwal anak Anda sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Pilih Anak Diasuh Babysitter Atau Dititipkan Ke Daycare? Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Patut Moms Ketahui

2. Usia

Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 02.jpg

Foto: kinbox.com

Daycare dapat menerima anak-anak. Mulai dari bayi hingga usia sekolah dasar. Itu berarti Si Kecil mendapat kesempatan untuk bersosialisasi dengan anak-anak yang lebih besar dan berada di dekat bayi kecil. Kelemahannya, pengasuh akan lebih konsentrasi mengurus bayi yang lebih kecil.

Preschool biasanya menerima anak-anak usia dua hingga lima tahun atau sebelum masuk TK. Selain itu, kelompok usia cenderung dipisahkan. Biasanya ada satu ruang kelas untuk anak-anak berusia tiga tahun dan lainnya untuk anak-anak berusia empat dan lima tahun, meskipun mereka dapat bermain bersama saat bermain ayunan dan seluncuran di taman bermain.

3. Toilet

Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 03.jpg

Foto: dtah.com

Banyak preschool yang mengharuskan anak Moms telah lulus toilet training. Di daycare, anak yang masih memakai popok tetap diterima dan diurus saat harus BAB atau BAK.

Baca Juga: Jangan Dipaksakan, Ternyata Inilah Usia yang Tepat Bayi Mulai Belajar Toilet Training

4. Staf

Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 04.jpg

Foto: geteduca.com

Program preschool biasanya lebih terstruktur dan berorientasi pada pembelajaran yang sering didasarkan pada pendekatan tertentu untuk mengajar. Banyak yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi untuk guru dan direktur preschool daripada di daycare, sehingga staf preschool mungkin memiliki lebih banyak pelatihan formal.

Preschool dan daycare harus memiliki lisensi dan sebagian besar guru memiliki beberapa pelatihan dalam pendidikan anak usia dini. Tapi tetap saja, baik daycare atau preschool memiliki jumlah pengalaman minimum untuk guru dan stafnya.

Mereka harus memenuhi persyaratan lisensi dan akreditasi yang sama, dan secara umum, dapat dievaluasi menggunakan banyak kriteria yang sama. Biasanya pendapatannya pun hampir sama.

Beda daycare dan preschool memang sedikit ya Moms. Tapi yang harus diingat adalah sebagian besar anak preschool belum siap untuk memulai pendidikan formal.

Jadi, jika anak Moms sudah berada di daycare atau preschool yang nyaman dan Moms senang dengan kemajuan buah hati, mungkin lebih baik membiarkannya di sana sampai Si Kecil mulai masuk TK atau SD.

Baca Juga: Jangan Bingung, Pelajari 6 Kriteria Preschool yang Bagus untuk Perkembangan Anak di Sini

Selain itu, anak akan lebih banyak bertemu dengan teman-teman sebayanya. Dengan itu, risiko penularan penyakit akan lebih tinggi. American Academy of Pediatrics (AAP) menghimbau Moms untuk melengkapi imunisasi buah hati sebelum memasuki sekolah. Jangan lupa, ya, Moms.

(FAR)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait