Kesehatan

7 April 2021

Apakah Bronkitis Menular? Cari Tahu Yuk, Moms!

Simak jawaban dari pertanyaan apakah bronkitis menular lewat artikel ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Moms dan Dads atau keluarga dekat pernah mengalami batuk yang tidak kunjung membaik dan malah disertai nyeri dada hingga sesak napas? Waspadalah Moms, karena bisa jadi itu adalah tanda penyakit yang sering ditanyakan banyak orang: apakah bronkitis menular?

Berkenalan Lebih Jauh dengan Bronkitis

Mengobati-Batuk-saat-Puasa-Hero.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Sebelum kita mengetahui jawaban apakah bronkitis menular, mari kita cari tahu lebih dulu apakah yang dimaksud dengan bronkitis.

Menurut mayoclinic.org, bronkitis merupakan kondisi peradangan pada dinding dalam saluran pernapasan utama (bronkus) karena alergi, infeksi, asap, dan faktor lain yang dalam mengganggu kesehatan pernapasan.

Umumnya, setiap orang memiliki saluran pernapasan yang sehat. Namun, jika tidak dijaga dan saluran pernapasan ini mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir tebal di dalamnya.

Lendir yang makin lama makin tebal bisa menyumbat dan menghalangi oksigen untuk mencapai paru-paru. Itulah sebabnya jika diperhatikan, gejalan bronkitis bagaikan orang yang sedang mengalami batuk berdahak.

Baca juga: Mengenali Jenis Batuk Pada Bayi

Ketika batuk, seseorang yang sedang mengalami bronkitis akan refleks batuk (lengkap dengan suara “grok-grok”) dan sulit bernapas lega karena saluran paru-paru terhalang banyak lendir.

Bronkitis sendiri dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Bronkitis Akut: Jenis bronkitis ini yang paling umum karena kondisi udara dingin atau infeksi pernapasan lain. Terjadi dalam jangka waktu lebih pendek dan disebabkan oleh virus.
  • Bronkitis Kronis: Kondisi bronkitis ini lebih serius disebabkan karena iritasi karena asap, zat kimia berbahaya lain, dan seringkali disebabkan karena kebiasaan merokok. Bronkitis akut berlangsung setidaknya tiga bulan dan terjadi serangan berulang selama dua tahun berturut-turut.

Lalu apakah bronkitis menular? Apa saja gejala bronkitis, dan bagaimana cara untuk terhindar dari bronkitis? Kita bahas satu per satu ya, Moms, dimulai dari apakah bronkitis menular.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini 3 Cara Mudah Mengeluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

Apakah Bronkitis Menular?

antibiotik-untuk-radang-tenggorokan-dan-batuk.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Jawaban terhadap apakah bronkitis menular adalah tergantung jenis bronkitis yang dialami oleh seseorang.

Setelah mengetahui dua perbedaan bronkitis akut dan bronkitis kronis di atas, Moms tentu sudah mulai mereka-reka, jenis bronkitis mana yang menular.

Dilansir dari Cleveland Clinic, bronkitis yang mudah menular adalah bronkitis akut, karena disebabkan oleh virus. Jenis bronkitis akut pun dapat berlangsung selama satu hingga tiga minggu.

Bagaimana cara penularan bronkitis akut ke orang lain? Kurang lebih sama seperti virus flu. Ketika pengidap bronkitis akut batuk atau bersin, virus bronkitis yang biasanya terkandung lewat droplet dahak atau ludah akan ikut tersebar.

Biasanya, ada beberapa virus yang menyebabkan bronkitis akut yaitu bordetella pertussis, streptococcus species, mycoplasma pneumonia, dan chlamydia pneumonia

Hati-hati, jangan terlalu dekat dan jaga jarak dengan orang penderita bronkitis akut. Jika Moms dan Dads berada terlalu dekat dengan orang pengidap bronkitis akut, bisa jadi Moms dan Dads akan ikut menghirup virus tersebut.

Tak hanya itu saja, percikan droplet dari virus pemilik bronkitis akut tersebut bisa menempel pada benda-benda dan bisa bertahan hidup untuk beberapa waktu.

Sebut saja mulai dari gagang pintu, meja, atau dinding. Jika ada orang lain ikut menyentuhnya dan tak sengaja mengenai droplet, droplet akan ikut melekat di telapak tangan orang tersebut. Virus masuk ke tubuh orang yang baru melalui hidung, mulut, atau mata.

Jadi sudah tahukah, apakah bronkitis menular? Kurang lebih, cara penularan bronkits akut ini seperti virus Covid-19 ya, Moms!

Baca juga; 15 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Mulai dari yang Alami Sampai Medis

Ini Gejala Bronkitis

Penyebab-Batuk-Kering-pada-Anak-Hero.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Oke, sekarang kurang lebih Moms dan Dads sudah mengetahui jawaban apakah bronkitis menular. Selanjutnya, Moms dan Dads tentu penasaran untuk mengetahui lebih lanjut berbagai gejala bronkitis.

Dilansir dari jurnal Acute Bronchitis, tanda atau gejala seseorang mengalami bronkitis akut cenderung sulit dibedakan dengan flu atau batuk biasa.

Seseorang yang mengalami bronkitis akut akan mengalami sakit tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat karena lendir, sakit atau rasa tidak nyaman di dada, demam ringan, tubuh terasa pegal, hingga kelelahan yang teramat sangat.

Namun, ada gejala lain yang biasanya diikuti dan ditampilkan oleh penderita bronkitis akut. Moms dan Dads perlu waspada jika mendapatkan kerabat, keluarga, atau pasangan Moms dan Dads sendiri mengalami beberapa gejala ini:

  • Batuk lebih dari 3 minggu, atau menimbulkan nyeri pada dada.
  • Batuk mengeluarkan dahak berwarna gelap.
  • Batuk mengeluarkan darah
  • Batuk terjadi terus-menerus, bahkan sampai menimbulkan suara kasar.
  • Berat badan menurun.
  • Sulit tidur
  • Batuk disertai demam hingga mencapai 38 derajat celcius

Jika gejala di atas muncul, jangan ragu untuk segera kunjungi dokter keluarga.

Agar Tidak Tertular Bronkitis Akut

Setelah mengetahui jawaban apakah bronkitis menular, sekarang cari tahu cara agar tidak tertular yuk, Moms.

Karena penularan virus ini kurang lebih sama seperti virus Covid-19, maka Moms dan Dads disarankan untuk melakukan beberapa hal ini untuk mencegah tertular bronkitis akut.

Baca juga: Selain Influenza, Ada Juga 4 Jenis Flu yang Berbahaya dan Wajib Diketahui

1. Hindari Merokok

Seperti yang dilansir mayoclinic.org, hal pertama yang perlu dihindari dari semua penyakit adalah rokok. Merokok dapat meningkatkan risiko terkena bronkitis.

2. Rajin Cuci Tangan

Rahasia-Kulit-Anak-Tetap-Lembap.-meski-Sering-Cuci-Tangan-Hero.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Menjaga kebersihan kedua telapak tangan dapat membantu Moms dan Dads terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Jadikan kebiasaan baik mencuci tangan selama 20 detik menjadi kebiasaan utama keluarga.

Setidaknya, bawalah selalu hand sanitizer dalam tas atau kantung celana.

Jika tidak sempat mencuci tangan, jangan sentuh wajah seperti mulut, hidung, dan mata. Menyentuh area wajah dalam keadaan tangan kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit yang terkait dengan area pernapasan mudah menyebar.

3. Jaga Jarak

Waspada jika ada orang di dekat Moms dan Dads sedang mengalami gejala flu. Karena, gejala bronkitis akut dan gejala flu kurang lebih sama.

Jagalah jarak kurang lebih 1,5 meter dan hindari kontak langsung.

Baca juga: Balita Sakit Flu, Perlukah Minum Antibiotik?

4. Dapatkan Vaksin Flu

pemberian vaksin COVID-19 gratis

Photo: Orami Photo Stock

Banyak kasus dari bronkitis akut disebabkan oleh influenza. Itulah sebabnya, tak ada salahnya untuk mendapatkan vaksin flu setiap setahun sekali. Selain itu, Moms dan Dads juga bisa menambahkan vaksin pneumonia.

Hal ini sangat penting sebagai tindakan pencegahan penyakit. Jadi, jangan hanya Si Kecil saja yang mendapatkan vaksin. Moms dan Dads juga perlu melakukan tindakan serupa.

5. Gunakan Masker

Lindungi kesehatan pernapasan keluarga dengan masker saat pergi ke luar rumah atau berada di area keramaian. Tak hanya untuk membantu melindungi diri dari virus, berbagai kandungan iritan lain seperti debu, polusi, dan sebagainya dapat diminimalkan dengan penggunaan masker.

6. Etika Batuk dan Bersin yang Benar

Mandi bisa meredakan batuk.jpeg

Photo: Orami Photo Stock

Tidak hanya melindungi diri dengan berbagai alat pelindung diri, Moms dan Dads pun perlu bertoleransi dengan melakukan etika batuk dan bersin yang benar.

Saat batuk dan bersin, tutup area mulut dan hitung dengan siku dalam, masker, atau sapu tangan. Dengan demikian, Moms dan Dads tidak menularkan virus ke orang lain.

Baca juga: Tangan Sering Kram Saat Mengendarai Motor? Ternyata Ini Penyebabnya!

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Meski terdengar sederhana, namun gaya hidup sehat sangatlah penting dan cukup sulit dilakukan secara konsisten.

Makanlah makanan bergizi seimbang. Dan cukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh dengan teratur setidaknya 2 liter sehari.

Jika perlu, tingkatkan imunitas tubuh dengan minum suplemen vitamin tambahan seperti vitamin C, vitamin D, vitamin E, hingga madu. Hindari stres dan cemas berlebihan karena secara tidak langung, kedua kondisi ini dapat memicu penurunan imunitas tubuh.

Itulah Moms jawaban dari apakah bronkitis menular serta berbagai gejala, perbedaan, dan cara menghindari bronkitis akut.

Semoga pertanyaan apakah bronkitis menular yang selalu berputar di perbincangan antar komunitas Moms dan Dads, terjawab sudah, ya!

https://health.clevelandclinic.org/think-it-might-be-bronchitis-when-to-see-a-doctor/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/symptoms-causes/

https://foundation.chestnet.org/lung-health-a-z/acute-bronchitis/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448067/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait