Kehamilan

12 Juni 2020

Apakah Ubi Baik Dimakan oleh Ibu Hamil?

Ubi sebagai pengganti kentang pun baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil bahkan lebih tinggi manfaatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebagian besar Moms tentu akan merasa luar biasa bahagia saat mengetahui tengah mengandung. Lalu, ada banyak mitos serta saran secara mendadak sehingga Moms pun kebingungan dan stres yang tidak perlu.

Menu makanan pun terkena perubahan gaya hidup demi Si Kecil dalam kandungan tetap sehat. Oleh karena itu, tak jarang Moms menambahkan makanan sehat serta beragam vitamin kehamilan.Namun, kebutuhan kadang berbanding terbalik dengan ngidam yang dirasakan.

Rasa ngidam yang membuat Moms ingin makanan cepat saji seperti kentang goreng yang nikmat khas resto kesukaan.

Tapi, jika Moms menyukai kentang goreng, boleh dicoba mengganti kentang dengan ubi, yang merupakan alternatif lebih sehat. Ubi juga sama lezat dan lebih bergizi. Tetapi, dapatkah Moms memasukkannya ke dalam menu kehamilan?

Ibu Hamil Makan Ubi

Moms, ubi merupakan sumber nutrisi penting yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Mereka dapat memberikan energi dalam bentuk pati.

Meskipun, ubi kekurangan protein dan lemak, tapi mereka dipenuhi dengan berbagai nutrisi lain seperti magnesium, kalium, kalsium, dan serat.

Tapi, dengan catatan yaitu Moms dengan atau riwayat penyakit ginjal kronis harus menghindari makan ubi jalar karena mengandung jumlah tinggi oksalat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal menurut National Kidney Foundation.

Nah, berikut ini juga manfaat makan ubi bagi ibu hamil secara teratur:

Baca Juga: Inspirasi Menu Buka Puasa : Donat Ubi Tabur Kayu Manis Bubuk

1. Vitamin A

Ilustrasi Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut artikel keluaran National Institutes of Health, mengonsumsi makanan seperti ubi yang kaya akan vitamin A dapat membantu pemeliharaan jaringan, pertumbuhan janin, dan juga mendukung metabolisme.

2. Kalium

Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalium daripada wanita lain pada usia yang sama. Michigan Medicine menerangkan ubi mengandung kalium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan menormalkan tekanan darah.

Baca Juga:Resep Klepon Ubi Ungu untuk Camilan

3. Asam Folat

Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Ibu hamil membutuhkan 400mcg asam folat sehari untuk mencegah risiko cacat sumsum tulang belakang. Cleveland State University mengungkapkan setengah cangkir ubi mengandung 40 hingga 90mcg asam folat.

GI rendah

Jika Moms menderita diabetes, maka Pharmacophore An International Research Journal mengungkapkan makanan rendah GI seperti ubi bisa dimasukkan dalam menu makanan hamil Moms serta amat sangat membantu.

Baca Juga:Resep Bola-Bola Ubi

Bila tertarik, Moms bisa menikmati ubi dengan berbagai cara diantaranya berikut ini:

  • Iris tipis-tipis ubi dan masukkan garam serta merica. Kemudian, panggang untuk membuat keripik yang renyah dan sehat.
  • Rebus potongan ubi, tambahkan beberapa bumbu dan minyak zaitun dan panggang.
  • Tambahkan potongan ubi rebus setengah matang dalam salad hijau untuk membuat camilan yang cepat serta sehat.

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi ubi selama kehamilan, asal tidak berlebihan. Tetapi jika Moms tidak yakin akan hal itu, bicarakan dengan dokter kandungan atau bidan sebelum memasukkannya dalam menu harian selama kehamilan.

Seperti sayuran lainnya, ubi juga harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan bergizi lainnya seperti buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait