Scroll untuk melanjutkan membaca

DI ATAS 5 TAHUN
16 Februari 2022

7 Aplikasi untuk Mengawasi HP Anak, Moms dan Dads Wajib Tahu!

Jadilah orang tua yang bijak dengan memilih aplikasi untuk mengawasi hp anak ini yuk, Moms!
7 Aplikasi untuk Mengawasi HP Anak, Moms dan Dads Wajib Tahu!

Sepertinya saat ini Moms harus ‘terpaksa’ memberikan gadget kepada anak, salah satunya karena sekolah online. Untuk mengurangi rasa khawatir, Moms bisa menggunakan aplikasi untuk mengawasi hp anak, lho!

Ini dilakukan sebagai tanda Moms tidak melepas begitu saja saat anak bermain hp, tapi juga agar Si Kecil terhindar dari efek negatif dari gadget.

Menurut hasil penelitian Join Research Project, orang tua sepakat bahwa gadget memiliki manfaat selama pembelajaran jarak jauh untuk perkembangan anak usia dini.

Termasuk mendapatkan stimulasi dari guru, mengurangi kebosanan anak di rumah, dan bertemu dan berkomunikasi dengan teman sekelas meskipun lebih singkat dan lebih virtual.

Baca Juga: 8 Aplikasi Tes Kehamilan dengan Sidik Jari yang Wajib Moms Coba

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengawasi Hp Anak

pengaruh-gadget-terhadap-psikologi-anak.jpg

Foto: pengaruh-gadget-terhadap-psikologi-anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu perlindungan yang dapat Moms berikan saat Si Kecil berselancar di dunia maya adalah dengan memasang aplikasi untuk mengawasi hp anak.

Aplikasi ini bisa digunkan untuk memantau aktivitas Si Kecil dengan gadgetnya, hingga dapat membatasi waktu penggunaan hp.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini adalah deretan rekomendasi aplikasi untuk mengawasi hp anak yang bisa Moms pilih!

1. KidsGuard Pro

KidsGuard Pro ini dianggap sebagai aplikasi untuk mengawasi hp anak yang terbaik, karena aplikasi ini memiliki berbagai cara untuk memantau aktivitas anak.

Ini dapat memantau lebih dari 30 fitur, dari lokasi GPS saat ini, geofence, teks, panggilan, riwayat penelusuran, aplikasi media sosial seperti Instagram, WhatsApp, yang menjadi masalah orang tua saat ini.

Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk tidak hanya merekam setiap penekanan tombol yang dibuat di ponsel anak, tetapi juga mengidentifikasi di mana kata-kata itu digunakan.

Jadi, Moms dapat dengan mudah mendeteksi konten yang menunjukkan potensi masalah misalnya seperti adanya intimidasi atau kekerasan pada anak.

Selain itu, dengan ini Moms juga bisa memantau antau pesan masuk, keluar, dan bahkan yang dihapus. Panel kontrol web memungkinkan orang tua mengontrol dari jarak jauh dan bekerja dalam mode siluman sehingga anak tidak akan tahu sedang dipantau.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Dating Online Terbaik untuk Dicoba

2. Norton Family Premier

Aplikasi untuk mengawasi hp anak berikutnya adalah Norton Family Premier. Salah satu keunggulannya adalah membantu Moms melindungi Si Kecil dari potensi ancaman online seperti bullying.

Moms dapat membatasi jumlah waktu anak bermain hp berdasarkan usianya, atau mengatur jadwal di hp. Aplikasi ini juga dapat melacak lokasi hp anak, sehingga mudah saat ingin mencari Si Kecil.

Ini sangat kompatibel dengan perangkat Windows, Android, dan iOS, fiturnya juga menawarkan dasbor web yang mudah digunakan oleh Moms.

3. Qustodio

Qustodio adalah pilihan bagus lain jika Moms sedang mencari aplikasi untuk mengawasi hp anak. Perlindungan dasar seperti mesin pemfilteran situs web, pengaturan waktu, dan pelaporan aktivitas disediakan oleh aplikasi ini.

Salah satu fitur yang paling berguna adalah fitur SOS. Itu dapat digunakan untuk mengingatkan kontak tepercaya dalam keadaan darurat.

Setelah anak menekan tombol tersebut, Moms akan mendapatkan peringatan melalui dasbor web atau email. Ini juga memudahkan Moms untuk mendapatkan rincian 30 hari penuh aktivitas anak secara langsung.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memblokir aplikasi yang tidak diinginkan atau konten pencarian yang tidak pantas dengan proses instalasi dan pengaturan yang sederhana.

4. Net Nanny

Net Nanny adalah aplikasi lengkap dan terkenal untuk memantau panggilan telepon, pesan, dan banyak lagi fitur menarik yang ada di dalamnya.

Lebih dari 18 jenis konten online dapat diblokir sesuai dengan kebutuhan. Setiap akses konten dewasa dapat dilaporkan dan akses akan segera diblokir.

Selain itu, Moms juga dapat menambahkan frasa atau kata kunci untuk diblokir. Selain tentunya dapat mengatur batas waktu penggunaan internet di hp anak.

5. ESET Parental Control App

Moms dapat meningkatkan keamanan online untuk anak-anak dengan bantuan aplikasi ini. Karena aplikasi Ini dirancang untuk memantau telepon anak dengan cara yang ramah.

Moms dapat mengirim beberapa pengingat dari aplikasi untuk memperingatkan anak-anak atau membuat perubahan pengaturan yang relevan ke perangkat Si Kecil.

Melalui ini, Moms dapat menetapkan batasan di mana anak dapat bermain dengan gadgetnya. Segera setelah anak mencapai wilayah yang tidak aman dan terlarang, Moms akan dikirimi peringatan.

Baca Juga: 9 Aplikasi Belajar Anak TK untuk Si Kecil, Recommended!

6. Mobistealth

Mobistealth adalah pemantauan telepon anak terkenal yang tersedia untuk PC dan juga ponsel. Setiap aktivitas telepon dapat dipantau dan dikendalikan menggunakan aplikasi ini.

Moms dapat memantau aplikasi media sosial utama seperti Facebook, Snapchat, WhatsApp, dan messenger lain yang digunakan untuk mengirim pesan teks.

Fitur lain yang dimiliki adalah menyediakan real-time dan pelacakan lokasi GPS, mendukung pemantauan log panggilan, dan dapat bekerja setiap hari bahkan ketika perangkat anak jauh dari Moms

7. Bark

Aplikasi untuk mengawasi hp anak terakhir ini berfokus pada pemantauan media sosial dan email, dan akan mengirim peringatan ke akun Moms ketika menemukan sesuatu yang tidak pantas.

Ada lebih dari 25 aplikasi media sosial yang dilacak oleh Bark. Dan begitu Moms memberikan akses, aplikasi tersebut dapat membaca obrolan, gambar, dan video yang dikirim, diterima, dan dihapus.

Moms juga dapat memantau semua pesan teks yang masuk, panggilan telepon, melacak setiap log pencarian dari browser dengan menggunakan modus pemantauan siluman.

Moms dapat memilih aplikasi untuk mengawasi hp anak sesuai dengan kebutuhan dan juga hp yang dimiliki. Beberapa aplikasi di atas juga berbayar, namun bisa dicoba dalam versi trial terlebih dahulu.

  • https://www.familyeducation.com/10-apps-for-parents-to-monitor-kids-mobile-use
  • https://www.clevguard.com/monitor/apps-to-monitor-child-phone/
  • https://www.researchgate.net/publication/347964946_GADGET_AND_THE_INTERNET_FOR_EARLY_CHILDHOOD_DISTANCE_LEARNING_PJAEE_17_7_2020_GADGET_AND_THE_INTERNET_FOR_EARLY_CHILDHOOD_DISTANCE_LEARNING_GADGET_AND_THE_INTERNET_FOR_EARLY_CHILDHOOD_DISTANCE_LEARNIN