2-3 tahun

2 Maret 2021

Moms Wajib Tahu, Peran Asam Amino dalam Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Kekurangan asam amino bisa menghambat pertumbuhan Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan maksimal, Moms harus memperhatikan nutrisi lengkap pada Si Kecil di fase emas pertumbuhannya, termasuk kebutuhan asam amino esensial anak.

Dalam jurnal online yang diterbitkan EBioMedicine, ditemukan penelitian bahwa kekurangan asam amino dalam asupan makanan dapat menyebabkan anak kekurangan gizi dan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang terhambat atau stunting.

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Sehat untuk Tumbuh Kembang Balita

Lalu apa yang harus Moms lakukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Asam Amino?

Menghindari-_Perang_-di-Jam-Makan-Anak-dengan-Division-of-Responsibility.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Healthline, asam amino esensial adalah unsur yang penting untuk menyusun protein, sintesis hormon, dan neurotransmiter (senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas menyampaikan pesan di antara sel saraf dalam tubuh).

Zat ini sangat diperlukan untuk kesehatan manusia, terutama sejak masa anak-anak.

Namun zat satu ini baru bisa didapatkan dari asupan makanan, karena tubuh tidak dapat memproduksi sendiri.

Agar tubuh kembang anak sempurna dan mendapatkan manfaat yang maksimal, tubuh Si Kecil membutuhkan 20 jenis asam amino yang berbeda.

Meski begitu, ternyata hanya sembilan yang diklasifikasikan sebagai esensial.

Deretan asam amino yang masuk dalam kategori esensial adalah histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

Minimal sembilan asam amino esensial tersebut harus dikonsumsi oleh Si Kecil supaya nutrisinya dapat bekerja maksimal mendukung tumbuh kembang mereka.

Jika ada salah satu yang hilang atau tidak tercukup, maka sisanya tidak akan bisa berfungsi.

Kebutuhan zat esensial ini juga harus dipenuhi setiap hari, sebab tubuh manusia tidak bisa menyimpannya lebih dari satu hari.

Oleh karena itu Moms harus bisa memberikan asupan makanan yang kaya nutrisi asam amino dalam setiap momen makan Si Kecil, minimal sehari sekali.

Baca Juga: Supaya Makin Pintar, Ini Nutrisi dan VItamin Otak untuk Anak 7 Tahun

Peran Asam Amino Untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Memangnya sepenting apa, sih, peran asam amino esensial dalam tumbuh kembang anak? Jawabannya adalah sangat penting.

Supaya lebih jelas, silahkan Moms lihat penjelasannya di bawah ini!

1.Histidin

Dilansir dari Very Well Health, asam amino esensial yang satu ini punya peran memproduksi protein dan enzim di dalam tubuh Si Kecil.

Histidin juga dipakai oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan metabolit spesifik yang memengaruhi fungsi ginjal, transmisi saraf, sekresi lambung, dan sistem kekebalan tubuh anak.

Tanpa zat ini, anak jadi mudah sakit, Moms.

2. Isoleusin

Ternyata asam amino esensial inilah yang punya peran penting dalam memproduksi hemoglobin, protein yang kaya akan zat besi dalam sel darah merah. Tugasnya membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Nantinya isoleusin juga berperan membantu mengontrol gula darah, membantu perkembangan otot dan massa tubuh tanpa lemak, serta meningkatkan energi dan daya tahan anak.

Jika kekurangan zat ini, Si Kecil jadi mudah lelah.

3. Leusin

Di usia anak-anak, Si Kecil pasti sangat aktif bergerak dan tak jarang terluka akibat terbenrut atau jatuh. Leusin akan sangat membantu dalam hal ini.

Dilansir dari jurnal online Pusat Medis Universitas Rochester, leusin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan tulang anak yang mengalami luka.

Si Kecil tidak akan merasakan sakit terlalu lama dan kembali sehat.

4. Lisin

Pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil tidak akan maksimal jika dia kekurangan asam amino esensial berikut ini, dan bisa saja membuatnya mengalami stunting.

Lisin punya peran penting dalam sintesis protein dan penyerapan kalsium dalam tubuhnya. Bagi anak-anak penyerapan kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi yang lebih optimal.

Baca Juga: Kaya Protein, Ketahui 9 Manfaat Kacang Kedelai Berikut Ini!

5. Metionin

Tidak hanya penting untuk menjaga metabolisme tubuh anak, Metionin punya peran penting dalam detoksifikasi, proses membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru, dan kulit anak.

Metioni juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh dan penyerapan seng, selenium, dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak.

6. Fenilalanin

Kata siapa anak-anak tidak bisa merasakan stres dan depresi?

Ketika Si Kecil mengalami kondisi yang membuatnya stres, di sinilah peran asam amino esensial fenilalanin bekerja.

Asam amino ini membantu produksi hormon dopamin yang meningkatkan kadar bahagia dalam otak Si Kecil.

Membuatnya kembali ceria serta menjauhkannya dari stres.

7. Treonin

Treonin adalah komponen penting dalam kulit dan jaringan ikat yang membantu produksi elastin dan kolagen yang menjaga kulit Si Kecil tetap cerah san sehat.

8. Triptofan

Dilansir dari WebMD, triptofan digunakan oleh tubuh untuk membuat niacin, vitamin B yang penting untuk pencernaan, kulit dan saraf, serta serotonin.

Serotonin digunakan tubuh untuk memproduksi melatonin, hormon yang membantu mengontrol siklus tidur, nafsu makan, dan suasana hati anak.

9. Valin

Ingin tubuh anak kuat dan penuh energi untuk beraktivitas setiap hari? Maka Moms wajib memberikan zat esensial ini pada Si Kecil.

Valin bermanfaat membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. Selain itu, valine juga membantu proses produksi energi yang akan digunakan anak setiap hari.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong Hijau, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Cocok Sebagai Menu Diet!

Cara Tepat Beri Asupan Asam Amino Untuk Si Kecil

9 Makanan Sumber Mineral Esensial untuk Anak

Foto: Orami Photo Stock

Sumber asupan terbaik yang kaya asam amino esensial adalah protein hewani, seperti daging, telur, unggas, dan produk susu serta turunannya.

Frisian Flag Primagro adalah pilihan asupan susu yang tepat untuk mencukupi kebutuhan asam amino esensial anak karena dilengkapi dengan formula aktif AAE, yaitu 9 Asam Amino Esensial, untuk tumbuh kembang Si Kecil 2x lebih pesat.

Jumlah AAE dalam Frisian Flag Primagro merupakan yang tertinggi dan paling lengkap dibanding merek lainnya. Hal itu sesuai dengan anjuran dari FAO (badan WHO) untuk kebutuhan nutrisi anak.

Sumber protein dan AAE produk Frisian Flag Primagro berasal dari susu sapi berkualitas tinggi dari peternakan milik sendiri dan sudah mendapat persetujuan BPOM karena jumlah dan kelengkapan AAE yang terkandung didalamnya bisa memberikan manfaat pada tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Nutrisi Tepat Pangkal Daya Tahan Tubuh Kuat!

Selain itu, Frisian Flag Primagro telah meningkatkan jumlah Omega-3 dan Omega-6 untuk mendukung perkembangan otak dengan kandungan DHA tertinggi, yaitu kandungan minyak ikan 0.47%.

Ada juga nutrisi bermanfaat lainnya untuk membantu anak lebih kuat, seperti zat besi, seng, dan inulin.

Ditambah protein, kalsium, magnesium, dan vitamin D3, Frisian Flag Primagro turut membantu pertumbuhan tinggi Si Kecil.

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait