22 Mei 2024

5 Ayat Al-Qur'an tentang Kekuatan Diri, Bisa Memotivasi Diri

Bisa menjadi bahan penguat diri, lho Moms!
5 Ayat Al-Qur'an tentang Kekuatan Diri, Bisa Memotivasi Diri

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam kehidupan yang penuh dengan tantangan dan ujian, bagi umat Islam, terdapat ayat Al-Qur'an tentang kekuatan diri yang bisa dijadikan sebagai pedoman.

Tidak hanya merupakan pedoman spiritual tetapi juga ayat Al-Qur'an tentang kekuatan diri menjadi sumber motivasi yang mendalam untuk membangun kekuatan diri dan ketabahan.

Ayat Al-Qur'an tentang kekuatan diri ini mengajarkan kita bagaimana bertahan dalam kesulitan dan bagaimana menjaga keteguhan hati di tengah badai kehidupan.

Dengan menggali lebih dalam ayat-ayat tersebut, Moms dapat menemukan cara untuk menguatkan diri dalam menghadapi situasi yang tampaknya luar biasa sulit.

Selain itu, dari ayat ini Moms juga mengambil pelajaran dari setiap pengalaman, dan terus bergerak maju dengan iman yang kuat.

Penasaran apa saja ayat Al-Qur'an tentang kekuatan diri? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 17 Hadis dan Ayat Alquran tentang Pernikahan, Masya Allah!

Ayat Al-Qur'an tentang Kekuatan Diri

Al Qur'an
Foto: Al Qur'an (Freepik.com/Freepik)

Tahukah Momsbahwa Al-Qur'an, kitab suci umat Islam, dipenuhi dengan ayat-ayat yang mampu membangkitkan kekuatan diri?

Ternyata jawabannya ya, di dalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang dapat menjadi panduan dan sumber motivasi untuk menghadapi berbagai ujian dan cobaan.

Berikut ini beberapa ayatnya:

1. Surat Al Hadid Ayat 4

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْاَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاۤءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيْهَاۗ وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌۗ

Artinya: Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari dalamnya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Surat Al-Hadid ayat 4 memberikan pengingat yang mendalam tentang kekuasaan Allah yang tidak terbatas atas segala sesuatu di alam semesta.

Kesadaran bahwa Allah, sang Pencipta, mengetahui segala yang terjadi di bumi dan di langit, menawarkan rasa aman yang mendalam dan memperkuat kepercayaan kepada kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Hal ini mengajarkan bahwa kekuatan sejati dan ketabahan dalam menghadapi tantangan hidup dapat ditemukan melalui kepercayaan dan kepatuhan kepada Allah.

Lebih lanjut, ayat ini juga menekankan bahwa Allah selalu hadir dan mengawasi kita, di mana pun kita berada.

2. Surat Al-Baqarah Ayat 216

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

Artinya: Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Ayat ini menyoroti keadaan mungkin terasa berat dan tidak menyenangkan, namun hal tersebut bisa membawa kebaikan yang tidak terlihat langsung oleh pandangan manusia.

Ini mengajarkan bahwa sering kali, apa yang kita anggap tidak menyenangkan atau tidak diinginkan bisa membawa hasil yang baik dan bermanfaat, menunjukkan pentingnya sabar, ketabahan, dan keteguhan hati.

Selain itu, ayat ini juga membahas konsep bahwa Allah memiliki pengetahuan yang sempurna tentang apa yang terbaik untuk Moms.

Baca Juga; 12 Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Silaturahmi, Amalkan!

3. Surat Al-Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Artinya: Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.

Ayat Al-Qur'an tentang kekuatan diri selanjutnya ini mengandung pesan penguatan yang sangat kuat bagi orang-orang beriman.

Dengan menegaskan bahwa tidak ada tempat untuk kelemahan atau kesedihan di hati mereka yang benar-benar percaya.

Selanjutnya, ayat ini mengajarkan bahwa keimanan sejati memberikan kekuatan dan kedudukan yang tinggi dalam menghadapi tantangan hidup.

Ini menyiratkan bahwa dengan iman, seseorang dapat mengatasi rasa putus asa dan kesedihan, karena iman memberikan kepercayaan bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak dan pengaturan Allah yang terbaik.

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb