3-12 bulan

7 Mei 2021

11 Bedak Gatal Bayi Paling Ampuh dan Mudah Dicari

Simak beberapa rekomendasi bedak gatal bayi berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Skenarionya, sebentar lagi Moms akan melahirkan. Untuk itulah, saat ini Moms dan Dads sedang mempersiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan bayi.

Coba lihat lagi yuk, list keperluan produk perawatan Si Kecil.

Mempersiapkan tempat tidur bayi? Sudah. Mempersiapkan bak mandi Si Kecil? Sudah. Mempersiapkan alas tidur bayi? Sudah. Mempersiapkan minyak telon? Sudah. Bagaimana dengan bedak bayi?

Aroma lembut bedak bayi memang bisa membantu kulit bayi terasa segar dan kering sepanjang hari.

Orang tua kita zaman dahulu bahkan seringkali mengandalkan bedak bayi sebagai perawatan terpenting kulit bayi.

Bedak bayi umumnya terbuat dari talek (mineral lunak yang terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen) atau tepung jagung.

Setiap habis mandi, bedak bayi diaplikasikan pada area leher, ketiak, hingga selangkangan dan bokong bayi.

Umumnya, orang tua kita saat kita masa kecil tidak hanya mengaplikasikan bedak bayi secara tipis-tipis saja, namun ditepuk-tepuk hingga bedak bayi tampak tebal menyelimuti tubuh Si Kecil. Apakah Moms juga melakukan hal yang sama?

Tahukah Moms bahwa menurut The American Academy of Pediatrics, talc dan corn starch pada bedak bayi berbahaya bagi bayi karena bisa terhirup dan merusak paru-paru Si Kecil?

“Orang tua yang menggunakan bedak bayi dalam jumlah besar yang diaplikasikan pada tubuh terutama area wajah bayi dapat memperbesar risiko partikel halus bedak bayi dihirup melalui hidung dan memengaruhi paru-paru,” jelas Joel Kahan, M.D., Director of Pediatrics di Syosset Hospital, New York, Amerika Serikat.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada orang tua yang menghirup partikel bedak bayi setiap mengganti popok bayi (kurang lebih 10 kali per hari).

Moms atau Dads bisa berisiko bersin-bersin, batuk, mengi, napas pendek, iritasi paru kronis, hingga masalah lain yang berkaitan dengan gangguan pernapasan.

Namun bagaimana jika Si Kecil sedang bermasalah dengan gatal-gatal pada kulit? Pada kasus ini, Moms bisa mengandalkan bedak gatal bayi yang diaplikasikan pada area tertentu tubuh yang gatal.

Bedak yang terbuat dari zinc oksida berguna untuk membantu meredakan gatal dan biang keringat.

Baca juga: 15 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Mulai dari yang Alami Sampai Medis

Rekomendasi Bedak Gatal Bayi di Pasaran

manfaat-masker-bedak-bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika kondisi kulit Si Kecil sedang bermasalah dengan biang keringat atau gatal, simak beberapa rekomendasi bedak gatal bayi terbaik berikut yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran.

1. My Baby Powder Sweet Floral

My Baby

Bedak gatal bayi yang pertama adalah My Baby Powder Sweet Floral. Dengan aroma bunga yang segar, bedak bayi ini cocok dipakaikan pada Si Kecil usai mandi.

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh My Baby Powder Sweet Floral. Mulai dari merawat kelembutan dan kehalusan kulit bayi hingga memberikan aroma yang segar pada Si Kecil setelah mandi.

Kandungan chamomile-nya pun membantu membuat kulit Si Kecil bebas dari iritasi kulit.

2. Pigeon Baby Powder Chamomile

pigeon baby powder

Bedak gatal bayi yang bagus di pasaran adalah Pigeon Baby Powder Chamomile.

Bedak ini mengandung jojoba dan chamomile. Kedua kandungan ini membantu menghaluskan serta melindungi kulit bayi dari iritasi. Cocok untuk kulit bayi yang sangat lembut dan cenderung sensitif.

Thanks to Fresh Caring System yang memberikan kesegaran pada kulit, melindungi kulit dari iritasi ringan , dan tidak menyebabkan alergi, licorice & chamomile extract yang melindungi kulit Si Kecil dari iritasi serta alergi, dan Pro-Vitamin B5 yang menutrisi kulit. Aplikasikan pada kulit bayi setelah mandi.

3. Biolane Talc Liquide

biolane talc liquid

Bedak ini bekerja cepat mengatasi rasa gatal di area lipatan tubuh bayi seperti leher, kaki, selangkangan, ketiak, dan paha. Bedak ini juga telah teruji dermatologis jadi aman banget untuk bayi yang memiliki kulit sensitif.

Produk asal Prancis ini biasanya digunakan usai mandi. Kandungan panthenol mampu menyerap hingga ke lapisan kulit terdalam. Ada pula kandungan hydra-bleine, minyak gandum, dan protein yang menghalau kulit dari dehidrasi.

4. Caladine Baby Powder, Powder with Anti Irritant

Caladine powder

Bedak bayi ini mengandung alpha bisabolol yang mampu mengatasi iritasi kulit bayi. Permukaan kulit bayi yang kemerahan karena gatal perlahan-lahan akan mereda.

Bedak gatal bayi ini pun mengandung aloe vera yang bisa membantu mengurangi rasa panas akibat iritasi. Kulit pun menjadi terasa lebih sejuk.

Baca juga: 5 Kandungan Berbahaya dalam Sabun Bayi, Bisa Sebabkan Iritasi Kulit!

5. Artsana Chicco Talcum Powder

Chicco

Rekomendasi bedak gatal bayi yang kelima adalah Artsana Chicco Talcum Powder. Bedak ini tidak hanya membantu menyegarkan kulit tubuh Si Kecil, namun juga melindungi kulit bayi dari biang keringat sehingga terhindar dari ruam kulit

Kandungan aktif di dalamnya pun tidak menyumbat pori kulit sehingga kulit bayi tetap bisa bernapas.

6. Purol Poeder

Bedak Purol

Bedak gatal bayi selanjutnya adalah Purol Poeder. Bedak ini sangat direkomendasikan untuk kulit bayi yang mengalami gatal disertai biang keringat.

Untuk membantu memperbaiki permukaan kulit yang kasar dan merah akibat alergi maupun biang keringat, bedak ini memiliki kandungan hydrated silica, zinc oxide, parfum, paraffinum liquidum, benzyl benzoate, dan benzyl cinnamate .

Tak hanya untuk Si Kecil, bedak ini pun bisa meredakan masalah ringan kulit gatal orang dewasa.

Baca juga: 5 Permainan yang Bisa Membantu Bayi Belajar Merangkak

7. Herocyn Baby Powder

bedak gatal bayi

Bedak gatal bayi rekomendasi Orami selanjutnya adalah Herocyn Baby Powder. Saat Moms merasakan Si Kecil tidak nyaman dengan keadaan kulitnya, bedak ini bisa dijadikan pertolongan pertama terhadap gatal dan iritasi ringan kulit.

Berterima kasihlah pada kandungan talc, zinc sterate, dan oxide pada Herocyn Baby Poder yang membantu mengatasi gatal disertai biang keringat.

Banyak Moms yang menggunakan bedak ini pada kulit Si Kecil pun menyatakan bahwa bedak ini membantu mengatasi rasa tak nyaman karena gatal dan meredakan bentol pada kulit akibat terlalu sering digaruk.

8. Konicare Bedak Biang Keringat

bedak gatal bayi

Bedak yang satu ini seperti sudah akrab di telinga. Yes, bedak gatal bayi yang bisa ditemukan di pasaran dan menjadi rekomendasi banyak Moms selanjutnya adalah Konicare Bedak Biang Keringat.

Kondisi gatal, ruam, biang keringat, dan iritasi memang bukan masalah yang berbahaya. Meski demikian, kondisi ini tentu membuat Si Kecil tak nyaman.

Miliki Konicare Bedak Biang Keringat Sebagai salah satu alternatif bedak gatal bayi saat diperlukan.

Baca juga: 20 Larangan untuk Ibu Hamil Muda, Penting!

9. Bambi Baby Powder Pink

bedak bayi bambi

Bedak gatal bayi yang tak kalah ampuh adalah Bambi Baby Powder Pink. Bedak ini dibuat dari bahan talc powder steril yang membuat kulit bayi terasa lebih nyaman dan segar.

Disertai dengan kandungan anti-irritant complex, kulit bayi pun lebih bisa terlindungi dari masalah iritasi kulit.

Dengan tekstur yang lembut di kulit dan tidak lengket, bedak ini ideal digunakan setelah mandi, saat mengganti popok, atau ketika bepergian.

10. Cussons Baby Powder Prickly Heat Protection Powder

Cussons Baby Prickly Heat Protection Powder.jpg

Jaga kesehatan kulit Si Kecil dengan Cussons Baby Powder Prickly Heat Protection Powder. Formula khusus yang ada pada baby powder ini kaya akan vitamin A dan C yang mampu membantu menjaga kulit bayi agar senantiasa sehat dan terhindar dari masalah biang keringat.
Ada beberapa keunggulan dari bedak gatal bayi ini, yakni bedak telah disterilkan, tanpa pewarna dan pengawet, dan mengandung zinc oxide yang melindungi kulit.

11. Zwitsal Classic Baby Powder Fresh Floral

bedak bayi

Jaga kesehatan kulit buah hati dengan menggunakan Zwitsal Classic Baby Powder Fresh Floral. Kandungan Canola Oil pada bedak gatal bayi ini berfungsi sebagai pelembap alami yang dapat membantu melembutkan kulit bayi.

Bedak ini hadir dengan perpaduan keharuman Vanilla dan Rose untuk kesegaran bayi, telah melalui proses hypoallergenic test yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif.

Cocok untuk merawat kulit bayi baru lahir dan mencegah dari masalah biang keringat

Itulah beberapa rekomendasi bedak gatal bayi untuk Si Kecil. Perhatikan aturan pakai dan ingat cara mengaplikasikan bedak bayi seperti yang telah dijelaskan di atas, ya.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6604136/
  • https://www.parents.com/baby/health/is-baby-powder-safe/
  • https://www.drugwatch.com/talcum-powder/
  • https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait