Kesehatan

7 Mei 2021

Penyebab Kulit Kaki Kering dan Cara Mudah Mengatasinya

Kebersihan dan kesehatan kaki juga penting untuk diperhatikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kulit kaki kering dapat menjadi masalah yang dapat mengganggu penampilan Moms sehingga tidak dapat disepelekan. Selain itu, kulit kaki kering juga dapat memicu terjadinya tumit pecah-pecah dan permasalah kulit kaki lainnya.

Tak hanya membuat rasa percaya diri untuk tampil berkurang, kulit kaki kering juga mungkin akan mengganggu kenyamanan saat Moms berjalan dan melakukan aktivitas.

Lalu sebenarnya, apa penyebab kulit kaki kering dan ada kah cara untuk mengatasi kulit kaki kering? Simak penjelasannya di bawah ini, Moms.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Kaki, Gampang Banget!

Penyebab Kulit Kaki Kering

Penyebab Kulit Kaki Kering

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat beragam penyebab yang dapat menimbulkan kulit kaki kering. Misalnya, karena Moms menggunakan sepatu terlalu lama sehingga terjadi perubahan panas dan kelembapan di dalamnya.

Air pada kulit kaki pun berkurang, jadi kulit kaki menjadi kering dan lapisan kulit kaki akan menebal.

Penggunaan sabun tertentu juga mungkin menyebabkan kulit kaki kering. Hal ini karena salah satu bahan dalam sabun bisa menghilangkan minyak atau air pelindung alami di kulit kaki.

Selain itu, sabun bisa saja meninggalkan residu iritasi yang berkontribusi pada kulit kaki kering.

Adanya perubahan cuaca yang ekstrim hingga terlalu dingin, sering kali menyebabkan kulit kaki menjadi kering.

Ketika Moms berada pada cuaca dingin dan mencoba menggunakan penghangat ruangan, kelembapan pun berkurang. Jadi, kulit kaki kering.

Tak hanya hal-hal di atas, suatu kondisi medis di bawah ini juga bisa menimbulkan kulit kaki kering:

Baca Juga: Mengenal 10 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Eksim

Eksim ditandai dengan kulit kaki kering, terasa gatal, dan apabila digaruk akan menyebabkan kaki terlihat bersisik bahkan mengelupas. Biasanya, dokter akan merekomendasikan krim pelembap atau losion untuk mengatasi kulit kaki kering karena eksim, Moms.

2. Kaki Atlet

Kaki atlet atau athlete's foot merupakan kondisi kulit kaki kering yang disebabkan oleh jamur akibat terlalu lama menggunakan kaus kaki yang basah atau berkeringat.

Hal ini bisa menular pada orang lain melalui kontak langsung atau ketika mereka menggunakan kaus kaki dan handuk bersama penderita.

Baca Juga: 4 Tips Menghilangkan Bau Kaki

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms mengalami kulit kaki kering, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasinya. Berikut di antaranya:

1. Aplikasikan Pelembap

Dalam mengatasi kulit kaki kering, Moms bisa mengaplikasikan pelembap sehingga kulit kaki kembali terhidrasi.

Ada dua jenis bahan pelembab yang harus dicari, yakni emolien dan pelembab humektan.

Emolien akan menghidrasi dengan menembus kulit dan mengisi celah di antara serpihan kulit, sekaligus mampu membuat kulit terasa halus, lembut, dan fleksibel.

Humektan juga menembus lapisan kulit luar, tetapi bukannya mengurangi kehilangan air, mereka akan menarik dan mempertahankan kelembaban dari udara dan meningkatkan kapasitas air kulit.

Namun, jika Moms tinggal di lingkungan yang terlalu kering di mana tidak banyak uap air di udara, humektan dapat menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih rendah daripada udara, dan hal ini justru dapat memperburuk kondisi kulit kaki yang kering.

Baca Juga: Serba-Serbi Titik Refleksi Kaki, Bisa Bikin Tidur Lebih Pulas, lho!

2. Bersihkan Kaki dengan Sabun Bebas Busa

Apabila kulit kering disebabkan oleh sabun, Moms sebaiknya menghentikan penggunaan sabun tersebut agar kulit kaki kering tidak semakin parah. Salah satu tanda sabun yang menyebabkan kulit kaki kering, yaitu adanya sensasi seperti kulit tertarik.

Ketika kulit kaki kering, sebaiknya Moms menggunakan sabun bebas busa agar kulit kembali terhidrasi. Sabun tanpa busa ini biasanya hadir dalam bentuk krim atau cairan seperti susu.

Sabun tersebut akan menghilangkan efek kulit yang tertarik dan menggantikannya dengan efek melembutkan dan melembapkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan untuk Bikin Kulit Cerah dan Mulus

3. Eksfoliasi Kulit Mati

Ketika Moms mengalami kulit kaki kering, disarankan untuk melakukan pengelupasan kulit kaki kering atau eksfoliasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kondisi kulit kaki yang lebih buruk, seperti pecah-pecah atau pendarahan.

Lakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) setelah mandi, saat kulit kaki basah dan melembut.

Merontokkan kulit mati atau proses pengelupasan kulit bisa dilakukan dengan batu apung atau scrub khusus kaki.

Moms bisa menggunakan pelembab sebelum menggunakan batu apung atau media pengelupasan lainnya.

Dengan sel kulit mati yang hilang, kulit kaki kering akan terasa lebih halus dan mudah untuk dikembalikan hidrasinya. Caranya, dengan menggunakan produk pelembap dengan formula khusus untuk kulit kaki kering.

Namun, sebaiknya jangan terlalu keras saat menggosok atau mengeksfoliasi kulit kaki. Cukup lakukan dengan lembut dan hati-hati agar kulit kaki kering tidak iritasi. Selain itu, jangan lakukan ekfoliasi terlalu sering karena akan memperburuk kulit kaki. Fokuslah untuk menghidrasi kulit kaki, Moms.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Kulit yang Over Eksfoliasi, Yuk Coba!

4. Gunakan Kaus Kaki dengan Bahan Nyaman

Dalam mengatasi kulit kering, Moms sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih kaus kaki.

Hal ini agar kulit tetap terjaga kelembapannya dan terhindar dari masalah kulit kaki, seperti infeksi bakteri atau jamur.

Moms dapat menggunakan kaus kaki dengan bahan alami, seperti katun atau wol yang nyaman. Kaus kaki dengan bahan alami ini juga lebih efektif digunakan saat musim dingin sehingga kulit kaki kering dapat Moms hindari.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kaki Sering Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

5. Mengoleskan Kulit Kaki dengan Bahan Alami

Moms juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan tak menguras kantong untuk mengatasi masalah kulit kaki kering. Cobalah salah satu cara di bawah ini, Moms!

  • Minyak zaitun atau minyak sayur

Mandikan atau basuh kaki Moms sebelum tidur, lalu oleskan minyak pada bagian kulit kaki yang kering. Kenakan sepasang kaus kaki tebal dan kenakan semalaman. Cuci kaki di pagi hari.

  • Oatmeal

Campurkan oatmeal kering (tidak instan) dengan beberapa tetes minyak zaitun. Gosok pada kulit kaki kering dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

  • Cuka Sari Apel

Isi wadah dengan air hangat yang cukup untuk menutupi kaki dan tambahkan satu cangkir cuka sari apel. Rendam kaki selama sekitar 15 menit, lalu gosok dengan lembut untuk mengelupas sel kulit mati. Bilas dengan air dingin.

  • Madu

Campurkan satu cangkir madu ke setengah ember air hangat dan rendam kaki di dalamnya selama sekitar 15 menit. Setelah itu, gosok dengan lembut untuk mendapatkan kaki yang lembut. Madu adalah antiseptik alami yang membantu menyembuhkan kaki kering dan pecah-pecah, khasiatnya juga dapat menenangkan, serta membantu merevitalisasi kulit.

  • Aloe Vera

Rendam kaki dalam air hangat selama beberapa menit dan oleskan gel Aloe Vera setelah mengeringkannya. Biarkan gel pada kaki semalaman dengan mengenakan kaus kaki.

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi kulit kaki kering.

Yuk, segera atasi kulit kaki kering. Jangan sampai semakin parah sehingga pecah-pecah karena akan semakin tidak nyaman untuk berjalan, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait