Bayi

BAYI
5 September 2020

Berkenalan dengan Sunburn pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Inilah cara melindungi kulit bayi agar terhindar dari sunburn, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat menikmati waktu bersama Si Kecil di taman atau pantai, salah satu kekhawatiran Moms adalah sunburn pada bayi.

Sunburn adalah kulit yang kemerahan, seperti terbakar dan radang kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

"Kulit mereka tidak setua milik kita, ini membuat mereka lebih rentan terhadap cedera kulit," kata Ashanti Woods, MD, seorang dokter anak di Mercy Medical Center, Baltimore, mengutip The Bump.

“Kulit bayi dan balita juga tidak pernah mendapat paparan sinar matahari selama bertahun-tahun seperti orang dewasa. Karena itu, kulit bayi dapat menyerap sinar matahari lebih signifikan dan mendapat sunburn dalam waktu yang lebih singkat,” kata Danelle Fisher, MD, FAAP, chairman of Pediatrics Providence Saint John's Health Center in Santa Monica.

Biasanya, sunburn pada bayi mulai muncul dua hingga empat jam setelah terpapar, berubah warna dan terasa sakit.

Setelah 12 hingga 14 jam, sunburn pada bayi mulai melepuh. Sunburn akan mulai memudar dalam dua atau tiga hari, dan kulit biasanya mulai mengelupas.

“Tidak hanya bayi dan batita yang terbakar sinar matahari yang menyakitkan, namun mereka juga meningkatkan risiko terkena melanoma, kanker kulit yang paling mematikan,” kata Gary Goldenberg, MD, Assistant Clinical Professor of Dermatology di Icahn School of Medicine at Mount Sinai Hospital.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Bayi yang Terbakar?

Bagaimana Cara Mencegah Sunburn pada Bayi?

Berkenalan dengan Sunburn pada Bayi dan Cara Mengatasinya -1.jpg

Foto: oprahmagazine.com

Mengutip Healthy Children, Pencegahan adalah hal yang terpenting agar tidak terjadi sunburn pada bayi. Coba beberapa cara mencegah sunburn pada bayi ini.

1. Batasi Paparan dari Matahari

Sinar matahari paling kuat berada antara jam 10 pagi dan jam 4 sore, menurut Environmental Protection Agency (EPA), jadi cobalah menjaga bayi di tempat teduh selama jam-jam tersebut untuk mencegah sunburn pada bayi.

2. Gunakan Sunscreen

Ada puluhan formula untuk mencegah sunburn pada bayi di luar sana. Cari tabir surya yang dibuat untuk anak-anak dengan SPF minimal 30, yang menawarkan perlindungan spektrum luas.

SPF 30 juga melindungi dari kedua sinar UVB, penyebab utama kulit terbakar, dan sinar UVA, yang dapat menyebabkan penuaan kulit dini dan kulit kanker. Juga pilih yang tahan air dan diformulasikan untuk kulit sensitif.

Gunakan dan lapisi kembali beberapa kali. Ashanti menyarankan untuk menggunakan tabir surya 15 menit sebelum pergi ke luar dan melapisi kembali setiap 30 menit, serta setelah anak bermain di air.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Moms Tahu Tentang Sunscreen untuk Bayi

3. Pilih Pakaian yang Nyaman

Moms bisa memili topi dengan pinggiran dan penutup belakang untuk melindungi mata, wajah, dan leher. Boleh juga tambahkan kacamata hitam yang melindungi dari semua sinar UV.

Pakai pakaian terbaik yang ringan namun tertutup untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah sunburn pada bayi.

4. Buat Perlindungan Sendiri

Pasang payung atau penutup untuk stroller sebagai perlindungan sehari-hari saat harus keluar sebagai cara mengatasi sunburn pada bayi.

Saat di pantai atau kolam renang, pasang payung besar atau tenda portabel agar selalu ada tempat teduh untuk bayi.

Baca Juga: 5 Tips Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari Menurut Dermatolog

Bagaimana Mengobati Sunburn pada Bayi?

Berkenalan dengan Sunburn pada Bayi dan Cara Mengatasinya -2.jpg

Foto: momjunction.com

Jika Si Kecil mengalami sunburn pada bayi, tugas utama Moms adalah meredakan rasa sakitnya. Mengutip American Academy of Pediatrics, berikut hal yang harus dilakukan.

1. Kompres Air Dingin

Gunakan kompres air dingin selama 10 hingga 15 menit, tiga hingga empat kali sehari.

“Ambil handuk lembut, basahi dengan air dingin, peras, dan oleskan dengan lembut ke area yang terbakar untuk membantu menenangkan kulit bayi Anda,” kata Ashanti.

2. Pakai Gel Lidah Buaya

Gunakan gel lidah buaya atau pelembab hypoallergenic yang lembut untuk menenangkan kulit dan mengobati sunburn pada bayi.

Jika terjadi pembengkakan, Moms bisa memberikan acetaminophen untuk bayi 2 bulan atau lebih, atau ibuprofen sebagai anti-inflamasi untuk bayi 6 bulan atau lebih dengan persetujuan dokter.

3. Jauhkan dari Sinar Matahari Sepenuhnya

Langkah terakhir yang tentunya dilakukan, yaitu menjauhkan bayi dari sinar matahari sampai sunburn hilang sepenuhnya.

Jangan lupa untuk selalu membawa sunscreen dan gunakan pakaian yang nyaman untuk mencegah sunburn pada bayi saat keluar rumah ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait