Kesehatan Umum

24 November 2021

Bibir Bengkak Digigit Semut, Atasi dengan Bahan Rumahan dan Obat-obatan!

Coba bahan rumahan berikut ini, yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin pernah mengalami bibir bengkak digigit semut yang menyebalkan. Kondisi ini bisa mungkin akan membuat Moms merasa gatal sehingga mengganggu saat akan makan atau melakukan hal lainnya.

Bibir bengkak digigit semut juga dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga Moms perlu segera mengatasinya dengan berbagai cara berikut ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Scrub Bibir Terbaik dan Cara Mudah Membuatnya!

Cara Mengatasi Bibir Bengkak Digigit Semut

bibir bengkak digigit semut

Foto: Orami Photo Stock

Bibir bengkak digigit semut biasanya dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti gatal yang terjadi saat iritasi pada kulit. Beberapa pengobatan rumahan berikut ini dapat Moms coba untuk mengatasi bibir bengkak digigit semut.

1. Jus Lemon

Jus lemon dan soda kue sangat bagus untuk mengurangi ketidaknyamanan pada bibir bengkak digigit semut. Moms cukup peras lemon ke dalam mangkuk kecil dan oleskan sedikit pada bibir yang mulai membengkak.

2. Baking Soda

Baking soda juga merupakan salah satu bahan rumahan yang dapat mengatasi bibir bengkak digigit semut. Cara membuatnya juga cukup mudah, Moms perlu mencampur sedikit air dengan beberapa sendok teh baking soda hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke bibir yang bengkak.

3. Cuka Apel

Seperti jus lemon, keasaman cuka sari apel dapat menghilangkan sensasi menyengat dari gigitan semut. Pastikan untuk mencampur cuka sari apel dengan sedikit air terlebih dahulu, lalu oleskan ke bibir yang bengkak ya Moms.

4. Madu

Madu merupakan salah satu pemanis yang sangat disukai oleh semut. Namun, tahukan Moms kalau obat herbal ini juga dapat mengatasi bibir bengkak digigit semut? Ya, Moms dapat mengolesi madu di bibir yang bengkak karena digigit semut untuk mengatasi rasa gatal dengan cepat.

Baca juga: 10+ Manfaat Madu untuk Promil, Wajib Tahu!

5. Mentimun

Selain enak untuk dikonsumsi, mentimun juga dapat mengasi iritasi pada bibir setelah digigit semut. Cara menggunakannya juga mudah, cukup ambil irisan tipis mentimun dan oleskan pada bekas gigitan untuk mengurangi rasa gatal.

6. Pasta gigi

Pasta gigi juga dapat membantu mengurangi rasa terbakar dan gatal yang sering bibir bengkak digigit semut. Ambil sedikit pasta gigi ke jari dan oleskan ke area gigitan. Pasta gigi yang mengandung soda kue cenderung bekerja paling baik dalam hal ini.

7. Garam

Jika Moms tidak memiliki soda kue, garam adalah alternatif yang baik untuk mengurangi pembengkakan akibat gigitan semut. Cukup larutkan garam dalam sedikit air, lalu oleskan ke bibir bengkak digigit semut. Setelah itu Moms akan sedikit merasa lega.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat membantu meredakan gatal, merah, dan iritasi akibat gigitan semut. Hal ini karena minyak zaitun mengandung bahan kima oleocanthal, sehingga dapat menghambat aksi enzim inflamasi tertentu. Cukup gosokkan sedikit minyak zaitun ke bibir yang telah digigit semut. Diamkan beberapa saat hingga Moms tidak merasa gatal lagi.

Baca juga: 14 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga

9. Kompres dengan Air Dingin

Cara mengatasi bibir bengkak digigit semut yang terakhir adalah mengompres dengan air dingin atau es. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada bibir Moms sehabis digigit semut.

10. Mengoleskan Salep

Mengoleskan salep atau krim hydrocortisone juga dapat membantu mengatasi bibir bengkak digigit semut. Mengutip Indian Journal of Dermatology hydrocortisone merupakan krim yang sejak lama efektif untuk mengatasi bengkak pada kulit.

Selain itu, Moms juga dapat mengatasi dengan krim antihistamine untuk mengatasi gatal dan alergi di sekitar bibir yang bengkak karena digigit semut.

Selain itu, Moms juga dapat mengatasi bibir bengkak digigit semut dengan mengoleskan salep antibiotik. Kandungan antibiotik dipercaya dapat mencegah infeksi pada gigitan yang terbuka karena digaruk.

Baca juga: Bibir Tiba-tiba Bengkak, Kenapa Bisa Terjadi? Ini Jawabannya!

Reaksi Alergi karena Gigitan Semut

Reaksi alergi pada bibir

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun jarang terjadi, tetapi reaksi alergi setelah digigit nyamuk dapat mengancam jiwa lho Moms. Selain gatal dan bengkak, beberapa reaksi alergi karena gigitan nyamuk juga dapt menyebabkan mual, diare, sesak napas hingga pingsan

Bahkan, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal Preteome Research menyebutkan, sengatan semut juga dapat menyerang saraf dan menyebabkan halusinasi.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Moms segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut agar reaksi alergi yang ditimbulkan tidak memperburuk kondisi Moms.

Baca juga: Alergi Ayam, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Demikian artikel tentang bibir bengkak digigit semut. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://www.homepest.com/blog/7-home-remedies-for-ant-bites
  • https://www.webmd.com/allergies/fire-ant-stings
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22881118/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/312484#fire_ant_sting_prevention
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3401837/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait