3-12 bulan

11 Maret 2021

Si Kecil Demam? Coba Berikan Buah Penurun Panas Bayi Berikut Ini, Moms

Ini dia buah yang baik untuk menurunkan demam Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Buah penurun panas bayi adalah hal yang perlu diketahui oleh para ibu yang baru saja memiliki anak. Demam menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak dan balita.

Bagi anak-anak dan balita, penyebab demam pun beragam seperti serangan virus atau bakteri dan sesederhana karena tumbuh gigi.

Menurut data yang dilansir Web MD, anak-anak dan balita bisa menderita 6 hingga 10 kali demam dalam setahun. Jumlah itu merupakan yang terbanyak bila dibandingkan dengan orang dewasa.

Salah satu alasan mengapa anak-anak dan balita mudah terkena demam adalah karena mereka lebih sering mengalami kontak dengan anak kecil lainnya baik di day care maupun di sekolah.

Bahkan, di dalam keluarga yang anak-anaknya sudah mulai bersekolah, jumlah demam yang menyerang tiap anak bisa hingga 12 kali per tahun.

Untungnya, penyakit demam dapat disembuhkan dengan beberapa cara. Selain mengonsumsi obat, ada cara alami yang bisa digunakan untuk meredakan panas pada balita, yakni dengan memakan buah-buahan tertentu.

Yup, ada beberapa buah penurun panas bayi yang bisa dikonsumsi di rumah lho!

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan Moms adalah suhu panas yang menyerang Si Kecil.

Jika suhunya berada di atas 38 derajat celcius dan berlangsung selama beberapa hari maka ada baiknya untuk segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Akan tetapi, jika demam yang menyerang Si Kecil dirasa cukup ringan maka Moms bisa memberikan buah-buahan berikut ini guna menurunkan panas.

Baca Juga: Normalkah Demam Anak Naik Turun Selama 5 Hari? Ini Jawaban Menurut Ahli!

Buah Penurun Panas Bayi

Jika Moms hendak memberikan makanan yang dapat menurunkan panas Si Kecil, berikut ini beberapa buah penurun panas bayi yang dapat disajikan. Yuk, simak daftarnya!

1. Apel

5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah penurun panas bayi yang pertama adalah apel. Apel menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan dalam berbagai kondisi. Apel juga memiliki khasiat untuk menurunkan panas saat anak terkena demam.

Kandungan anti-oksidan yang begitu banyak atau setara dengan 1.500 miligram vitamin C membuat apel sangat berguna untuk proses detoksifikasi tubuh.

Di sisi lain, kandungan zat flavonoid di dalam apel juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga secara efektif mengusir demam yang menyerang anak.

Cara memberikannya pun cukup simpel, Moms bisa memberikan potongan buah apel kepada anak ketika demam.

Cara lainnya adalah dengan membuat jus apel dan berikan kepada Si Kecil ketika demam.

Namun, jika anak muntah biarkan dulu perutnya beristirahat setidaknya selama 2 jam. Setelah itu Moms bisa berikan lagi jus apel kepada Si Kecil.

Baca Juga: Demam Anak Naik Turun, Kapan Mama Perlu Waspada?

2. Semangka

5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah penurun panas bayi yang kedua adalah semangka. Selain terkenal dengan kesegarannya, semangka juga ternyata berkhasiat untuk menurunkan panas pada demam anak.

Rasanya yang manis dan warnanya yang menarik tentu disukai sebagian anak kecil sehingga memudahkan Moms untuk memberikannya.

Sebagai salah satu jenis buah-buahan yang gampang ditemui di Indonesia, semangka dapat membantu tubuh Si Kecil tetap terhidrasi.

Selain itu, semangka juga bisa mempercepat proses metabolisme energi di dalam tubuh Si Kecil.

Mekanisme tersebut yang kemudian membuat semangka mampu menurunkan panas pada demam anak secara signifikan.

Moms pun bisa memberikan potongan semangka secara langsung atau dibuat sebagai salad serta jus kepada buah hati sebagai variasi agar dia tidak bosan.

Baca Juga: Jangan Terlambat Ditangani, Ini Bedanya 3 Penyakit Dengan Gejala Ruam dan Demam Pada Bayi

3. Jeruk

5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah lainnya yang mudah ditemui di Indonesia dan mampu menurunkan panas saat anak demam adalah jeruk.

Beberapa penelitian bahkan menemukan fakta bahwa jeruk jenis apapun mampu menjadi sumber penurun panas yang alami saat anak mengalami demam.

Kandungan zat flavonoid yang cukup banyak seperti citracridone, citbrasine, dan lainnya membuat jeruk bisa dengan mudah menurunkan panas pada anak yang mengalami demam.

Potongan buah jeruk atau jus bisa Moms berikan kepada Si Kecil yang tengah mengalami demam.

Selain itu, jus jeruk juga efektif untuk proses penyembuhan beberapa penyakit seperti arthritis, asma, dan bahkan alzheimer.

4. Pisang

5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah penurun panas bayi selanjutnya adalah pisang. Ketika anak-anak atau balita terkena demam, mereka akan kehilangan banyak kalori.

Pisang merupakan jenis buah-buahan yang bisa membantu untuk mengembalikan kalori yang hilang tersebut.

Satu buah pisang terdiri atas rata-rata 105 kalori dan kandungan tinggi makronutrien seperti potasium, magnesium, dan gula alami.

Segala kandungan itu akan membantu Si Kecil mendapatkan energi kembali dan membuatnya sehat seperti sedia kala.

Agar khasiatnya maksimal, cukup berikan satu buah pisang utuh untuk dimakan Si Kecil. Jangan berikan dia olahan pisang seperti keripik atau pisang goreng.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Menangani Demam Pada Bayi

5. Anggur

5 Buah yang Bisa Menurunkan Panas Saat Anak Demam 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah penurun panas bayi yang selanjutnya adalah anggur. Anggur merupakan buah yang kaya akan serat.

Selain itu, kandungan nutrisi di dalam buah kecil dengan rasa manis dan asam tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Hal itu karena anggur mampu meningkatkan jumlah sel T gamma dan delta di dalam tubuh. Imbasnya, segala virus dan bakteri bisa ditepis dan panas akibat demam bisa hilang secara efektif.

Moms bisa mencampurkan anggur dengan yogurt atau membuatnya sebagai jus dan berikan kepada anak yang demam saat pagi dan sore hari.

Itulah aneka buah yang bisa menurunkan panas saat Si Kecil demam. Soal mengobati, lebih baik pilih yang alami ya, Moms?

6. Air Kelapa

buah penurun panas bayi

Foto: Orami Photo Stock

Berbeda dengan yang sebelumnya yang merupakan buah penurun panas bayi. Kali ini bahan yang bisa digunakan untuk menurunkan panas Si Kecil adalah air kelapa.

Air kelapa memiliki banyak elektrolit, potasium serta vitamin C yang baik untuk tubuh. Dengan memberikan air kelapa pada anak, tubuhnya akan kembali terhidrasi.

Ketika Si Kecil Demam, cobalah untuk mengganti air mineral yang biasa dikonsumsi dengan minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa agar demam bisa turun dengan lebih cepat.

Tak hanya digunakan agar Si Kecil terhindar dari situasi dehidrasi, air kelapa juga dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa menetralisir racun lho, Moms! Nah, selain susu, air kelapa juga bisa digunakan ketika Si Kecil salah minum obat.

7. Pepaya

buah penurun panas bayi

Foto: Orami Photo Stock

Seperti pisang, buah pepaya pun biasanya menjadi kesukaan Si Kecil. Tak jarang Moms menjadikan pepaya sebagai makanan pengganti asi atau MPASI.

Selain rasanya yang lezat, ternyata pepaya juga bisa digunakan sebagai buah penurun panas bayi lho, Moms!

Pepaya adalah buah penurun panas bayi yang kaya akan vitamin C! Hal inilah yang membuat pepaya manjur untuk menurunkan panas Si Kecil.

Tidak sampai di sana, beta karoten serta vitamin E yang terdapat pada buah pepaya pun mampu mengurangi peradangan yang terjadi di seluruh tubuh sekaligus meminimalisir kemungkinan Si Kecil mengalami sesak napas.

8. Delima

buah penurun panas bayi

Foto: Orami Photo Stock

Buah delima atau yang biasa disebut dengan pomegranate juga bisa dijadikan buah penurun panas bayi. Buah ini kaya dengan zat antibakteri dan juga antivirus sehingga bisa dengan cepat mengusir demam.

Lalu, buah delima ini juga bisa mengatasi masalah infeksi yang terjadi dalam tubuh Si Kecil lho, Moms!

Buah delima pun kaya akan kandungan flavonoid, yakni zat yang mampu menurunkan panas tubuh secara alami. Jadi ketika Si Kecil mulai demam, tak ada salahnya Moms membuatkan jus buah delima untuk mengusir panas sebelum memberikan obat kepadanya.

Delima sendiri pun bisa langsung dikonsumsi jika Moms tak ingin membuatnya menjadi jus.

Baca Juga: Fakta vs Mitos Seputar Demam Pada Bayi, Sudahkah Moms Tahu?

9. Buah Berry

buah penurun panas bayi

Foto: Orami Photo Stock

Buah berry seperti blueberry, stroberi dan raspberry biasanya menjadi buah yang sulit ditolak oleh Si Kecil. Rasanya yang manis memungkinkan buah beri menjadi buah favorit anak-anak.

Nah, buah beri adalah salah satu buah penurun panas bayi yang ampuh lho, Moms!

Namun jika Si Kecil enggan mengonsumsinya karena masih terasa asam, Moms bisa menambahkan yogurt untuk menambah rasa.

Ketika anak sedang demam, memang butuh tenaga dan usaha ekstra agar bisa membuatnya ingin makan. Jadi, bersabar dan tetap semangat ya, Moms!

Buah beri mengandung vitamin C yang tinggi dan bisa membantu Si Kecil untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya.

Bagaimana, apakah Moms sudah mengetahui berbagai buah penurun panas bayi yang bisa dicoba di rumah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait