Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
05 September 2022

7 Jenis Buah untuk Diet yang Menyehatkan, Salah Satunya Pisang!

Pisang satu-satunya buah yang disarankan sebagai pengganti nasi
7 Jenis Buah untuk Diet yang Menyehatkan, Salah Satunya Pisang!

Diet merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Tidak jarang, buah untuk diet pun dicari sebagai alternatif karbohidrat.

Diet yang sehat dibantu dengan olahraga yang tepat dipercaya bisa membantu program penurunan berat badan.

Diet sehat ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang tepat.

Namun, menurut dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK (Spesialis Gizi Klinik) - RSPI Jakarta Selatan, mengonsumsi buah saja untuk diet adalah hal yang tidak disarankan.

"Kalau kita hanya berpatokan pada buah-buahan saja tanpa memasukkan makanan lainnya, maka yang akan terjadi adalah kekurangan protein. Karena, buah-buahan hampir tidak ada protein, kecuali kita makan bijinya," kata jelas dr. Tirta Prawita Sari.

"Buah-buahan juga hampir tidak ada lemak, kecuali makan durian. Kalau misalnya konsumsi buah-buahan saja (tanpa menu lainnya), tentu jawaban saya adalah tidak," tegasnya.

Jadi, hal yang perlu Moms lakukan adalah mengonsumsi buah untuk diet yang dikombinasikan dengan menu sehat lainnya.

Ingin tahu apa saja buah yang cocok untuk diet? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Yuk Coba Diet Berdasarkan Golongan Darah

Buah untuk Diet yang Menyehatkan

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya.

Kombinasi tersebut sangat dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Jadi, apakah Moms ingin mulai diet buah-buahan?

Jika ya, di bawah ini beberapa buah untuk diet yang bisa Moms jadikan pilihan:

1. Apel

full-frame-wet-fresh-red-apples_23-2147920836.jpg

Foto: full-frame-wet-fresh-red-apples_23-2147920836.jpg

Foto: Apel sebagai Buah untuk Diet (freepik.com)

Apel termasuk jenis buah yang sehat untuk diet.

Buah yang kulitnya berwarna merah ini rendah akan kalori dan tinggi serat.

Dilansir dari healthline.com, satu buah apel dengan berat 223 gram memiliki 5,3 gram serat.

Moms bisa menikmati apel dengan berbagai cara, diolah ataupun dimakan langsung.

Jadikan buah apel sebagai salah satu camilan sore.

2. Kiwi

Jenis buah yang sehat untuk diet lainnya adalah kiwi.

Buah kecil yang dagingnya berwarna hijau ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Buah kiwi mengandung vitamin C, E, asam folat, dan serat yang cukup banyak.

Dilansir dari Healthline, kiwi bisa membantu mengontrol gula darah dan memperlancar kesehatan usus.

Dalam satu buah kiwi ukuran 69 gram, memiliki lebih 2 gram serat dalam daging, dan 1 gram serat tambahan di kulit.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

3. Berry

soft-fruits-3504149_960_720.jpg

Foto: soft-fruits-3504149_960_720.jpg

Foto: Berry sebagai Buah untuk Diet (pixabay.com)

Berbagai macam buah berry nyatanya bisa menjadi buah yang sehat untuk diet.

Contohnya, dalam ½ gelas buah blueberry dengan berat 74 gram terdapat 42 kalori, vitamin C dan K.

Buah berry ternyata dipercaya juga bisa mengenyangkan, lho.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah berry secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan pendarahan.

4. Jeruk

Sudah menjadi rahasia umum kalau buah jeruk memiliki banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Kaya akan serat dan vitamin C merupakan kandungan utama buah jeruk.

Dengan mengonsumsi jeruk utuh dipercaya bisa membuat Moms kenyang lebih lama.

Masukkan jeruk ke dalam daftar jenis buah sehat untuk diet, ya.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

5. Alpukat

avocado_1205-1917.jpg

Foto: avocado_1205-1917.jpg

Foto: Alpukat sebagai Buah untuk Diet (freepik.com)

Alpukat juga termasuk ke dalam jenis buah untuk diet yang sehat.

Alpukat memiliki kandungan lemak yang baik (HDL), yang dipercaya dapat menyehatkan pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, alpukat juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, lho.

6. Melon

Melon merupakan salah satu buah rendah kalori yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Hal itu membuat melon termasuk sebagai buah untuk diet satu yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Melon mengandung 46 sampai 61 kalori baik.

Meski cukup rendah kalori, buah ini tetap kaya akan serat, potasium, dan antioksidan.

Selain itu, melon juga kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan likopen.

7. Pisang

Pisang memang dikenal memiliki gula dan kalori yang tinggi, sebab buah ini terbilang padat.

Namun, pisang tetap bisa menjadi pengganti nasi, karena mengenyangkan.

Pisang padat kalori dan nutrisi. Buah ini memasok potasium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, dan vitamin A, B6, dan C.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Carica, Buah Khas Dataran Tinggi Dieng

Buah Pengganti Nasi untuk Diet

Pisang buah untuk diet

Foto: Pisang buah untuk diet (Medicalnewstoday.com)

Foto: Pisang sebagai Buah untuk Diet (Orami Photo Stock)

Tidak ada salahnya untuk diet buah-buahan. Dengan catatan, Moms tetap mengonsumsi asupan lain yang bergizi seimbang.

Nah, berbicara tentang diet buah, ada salah satu buah yang mengenyangkan dan bisa menjadi pengganti nasi, lho, Moms!

"Prinsipnya, karena buah adalah supplier karbohidrat, maka tentu saja semua jenis buah bisa menjadi sumber karbohidrat," ucap Tirta Prawita Sari.

"Namun, kalau ingin punya efek kenyang seperti nasi, menurut saya pisang adalah pilihan yang tepat. Pisang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi," sambungnya.

Nah, buah untuk diet yang bisa menjadi pengganti nasi adalah pisang, ya, Moms.

Tapi, bagi yang sedang diet, jangan jadikan pisang sebagai satu-satunya asupan yang dikonsumsi dalam sehari, ya!

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan

Pada dasarnya, diet yang baik adalah mengatur pola makan agar bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

"Diet itu tentang pengaturan pola makan, juga tentang pengaturan kebutuhan nutrisi," ungkap dr. Tirta Prawita Sari.

"Masalah berat badan, biasanya ini disebabkan karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dari makanan dan juga energi yang keluar melalui aktivitas fisik atau proses metabolisme," lanjutnya.

Maka, prinsip diet yang harus Moms ketahui adalah bagaimana balance energi dan nutrisi pada tubuh.

"Kalau kita diet hanya makan buah-buahan saja sepanjang hari tanpa memikirkan total energi yang dikonsumsi, defisit atau balance energi negatif itu tidak akan terjadi tentunya," ucap dr. Tirta Prawita.

"Dan, kalaupun misalnya terjadi, komposisi zat gizi makro yang seharusnya dipenuhi oleh orang tersebut malah tidak bisa ditemukan, tidak bisa dicapai," tambahnya.

Sebagai informasi, dalam tubuh manusia terdapat zat gizi makro dan mikro.

Zat gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Nah, ketiganya harus ada dalam diet.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Quince untuk Kesehatan

Buah yang Cocok untuk Diet

buah untuk diet

Foto: buah untuk diet (pexels)

Foto: Ilustrasi Diet (Orami Photo Stock)

Buah yang cocok untuk diet memang banyak.

Akan tetapi, seperti yang sudah dipaparkan dr. Tirta Prawita, hanya mengonsumsi buah untuk diet adalah hal yang sebaiknya dihindari.

Jadi, di samping mengonsumsi buah, Moms tetap harus mendapatkan asupan dari menu sehat lainnya.

"Diet itu bicara tentang keseimbangan makro. Nah, buah itu masuk ke dalam kelompok penyuplai karbohidrat dan zat gizi mikro," terang dr. Tirta Prawita.

"Maka, yang harus diperhatikan adalah: apakah konsumsi buah-buahan ini akan men-trigger masalah pada hormonal?," pungkasnya.

Hormon yang cukup banyak bermasalah pada orang obesitas adalah insulin.

Jadi, buah-buahan yang terlalu manis dan memiliki kandungan gula tinggi bukanlah sesuatu yang cocok untuk dikonsumsi.

Karenanya, bagi penderita obesitas dan diabetes, buah yang terlalu manis sebaiknya dibatasi atau dihindari sama sekali.

Apabila ingin lebih aman lagi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter atau ahli gizi.

Baca Juga: Begini Cara Diet 3 Hari Turun 5 Kg (Diet Militer) yang Mudah dan Cepat

Setelah tahu faktanya, apakah Moms tertarik untuk melakukan diet buah-buahan? Ingat setiap hal yang telah ditekankan di atas, ya, Moms!