Parenting Islami

17 Agustus 2021

Cara Membuat Air Ruqyah untuk Diminum yang Sesuai Ajaran Islam

Ruqyah harus dilakukan berdasarkan sunah Nabi Muhammad SAW
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Salah satu cara ruqyah dalam agama Islam ialah menggunakan air, lalu bagaimanakah cara membuat air ruqyah untuk diminum?

Sebelum mengetahui cara membuat air ruqyah untuk diminum, Moms perlu memahami apa itu ruqyah.

Menurut Ustadz Sholeh Kurniawan selaku Wakil Founder Rehab Hati Foundation yang dikutip dari Universitas Islam Indonesia, ruqyah adalah metode penyembuhan dalam agama Islam yang dilakukan dengan cara membacakan ayat-ayat Alquran dan doa-doa sesuai ketentuan Alquran maupun sunah.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan: “Sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama. Meruqyah termasuk kebiasaan para nabi dan orang-orang shalih. Para nabi dan orang shalih senantiasa menangkis setan-setan dari anak Adam dengan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya”.

Selain untuk mengobati penyakit, ruqyah juga menjadi media untuk membentengi diri dari gangguan sihir. Praktik ruqyah ini sejalan dengan ayat Alquran surat Al-Isro ayat 82 berikut yang menjelaskan bahwa Alquran diturunkan sebagai obat bagi manusia.

Allah SWT berfirman, "Dan Kami turunkan dari Alquran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman."

Dalam praktiknya, umat Muslim dianjurkan untuk selalu berpegangan pada ajaran Nabi Muhammad SAW agar terhindar dari perbuatan yang melenceng dari sunah.

Baca Juga: Mengenal 9 Wali Songo, Para Tokoh Penyebaran Ajaran Islam di Pulau Jawa

Cara Membuat Air Ruqyah untuk Diminum

Dalam hadits-hadits yang membicarakan terapi ruqyah, penyakit yang disinggung adalah pengaruh mata yang jahat (‘ain), penyebaran bisa racun (humah) dan penyakit namlah (humah).

Berkaitan dengan masalah ini, Imam An Nawawi berkata dalam Syarah Shahih Muslim: “Maksudnya, ruqyah bukan berarti hanya dibolehkan pada tiga penyakit tersebut. Namun, maksudnya bahwa Beliau ditanya tentang tiga hal itu, dan Beliau membolehkannya. Andai ditanya tentang yang lain, maka akan mengizinkannya pula. Sebab Beliau sudah memberi isyarat buat selain mereka, dan Beliau pun pernah meruqyah untuk selain tiga keluhan tadi”. (Shahih Muslim, 14/185, kitab As Salam, bab Istihbab Ar Ruqyah Minal ‘Ain Wan Namlah).

Melansir laman Muslim.or.id, berikut cara membuat air ruqyah untuk diminum yang bisa langsung Moms praktikkan di rumah beserta hukumnya dalam agama Islam.

1. Membacakan Ayat-ayat Alquran ke Air

cara membuat air ruqyah untuk diminum

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat air ruqyah untuk diminum yang pertama ialah dengan membacakan ayat-ayat suci Alquran ke air dan kemudian meminumnya.

Moms bisa melakukannya dengan cara membaca ayat-ayat ruqyah seraya mendekatkan segelas air bersih ke mulut. Usai membaca ayat ruqyah, air tersebut boleh untuk diminum.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui Tsabit bin Qais ketika sedang sakit. Kemudian beliau berdoa, “Iksyifil ba’sa Rabban naas ‘an Tsabit bin Qais bin Syammas.” (Hilangkanlah penyakit dari Tsabit bin Qais bin Syammas, wahai Rabb seluruh manusia.) Kemudian beliau mengambil debu tanah dari Baththan dan memasukkannya ke dalam gelas, kemudian beliau menyemburkan air ke dalamnya, lalu menuangkan kepadanya.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Abu dawud (no. 3885); An-Nasa’i dalam ‘Amalul yaumi wal lailah (no. 1017); Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir (no. 1323) dan Ibnu Hibban dalam Al-Mawaarid (no. 1418), dari jalur Yusuf bin Muhammad bin Tsabit bin Qais, dari ayahnya, dari kakeknya secara marfu’ (bersambung sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Ibnu Hajar berkata tentang Yusuf bin Muhammad di dalam At-Taqriib, “Maqbuul” (diterima). Yaitu, ketika riwayat yang disampaikan terdapat mutaba’ah-nya.

Dan hadits ini memiliki syawahid yang menguatkannya, di antaranya hadits ruqyah dengan menggunakan air dan garam dan juga hadits tentang ruqyah dengan tanah serta air ludah.

Meski meniupkan bacaan ayat-ayat suci Alquran diperbolehkan, tetapi sesungguhnya media yang paling baik ditiupkan bacaan ruqyah adalah minyak zaitun.

Disebutkan dalam hadits Malik bin Rabi’ah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Makanlah minyak zaitun , dan olesi tubuh dengannya. Sebab ia berasal dari tumbuhan yang penuh berkah”.

Baca Juga: 11+ Keutamaan Membaca Alquran, Salah Satunya Mendapat Kedudukan Tinggi di Surga!

2. Selain Diminum, Air Ruqyah Boleh Digunakan untuk Mandi

cara membuat air ruqyah untuk mandi

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui cara membuat air ruqyah untuk diminum, Moms juga bisa menggunakan air ruqyah yang sudah dibacakan ayat-ayat suci Alquran tersebut untuk mandi. Jadi, bisa digunakan sebagai metode penyembuhan lain bagi orang yang terkena sihir atau terkena gangguan ‘ain.

Menggunakan air ruqyah untuk mandi diperbolehkan karena air tersebut tidak terdapat ayat Alquran sama sekali di dalamnya sehingga tidak terdapat unsur perendahan atau penghinaan terhadap Alquran.

Adapun yang terkait dengan air tersebut hanyalah berupa tiupan yang sedikit bercampur dengan air ludah saja.

Sedangkan ayat Alquran yang dibacakan peruqyah itu berupa doa dan pujian kepada Allah SWT, berdoa dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Maka, tidak ada satu pun ayat Alquran yang masuk ke dalam air.

Baca Juga: 9+ Tips dan Ramuan Agar Cepat Hamil dalam Islam, Alami Tanpa Obat-obatan!

Perlu diingat bahwa dalam melakukan ruqyah, hendaknya setiap umat Islam memiliki keyakinan bahwa kesembuhan datang hanya dari Allah.

Ruqyah juga harus dilakukan dengan berpegang teguh pada Alquran, hadits atau dengan nama dan sifat Allah, dengan bahasa Arab atau bahasa yang dapat dipahami.

Selain itu, mengikhlaskan niat dan menghadapkan diri kepada Allah SWT saat membaca dan berdoa. Hal ini karena metode penyembuhan apapun yang dilakukan oleh seorang Muslim, semua berujung pada kehendak Allah SWT.

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat Asy Syuara Ayat 80, yang artinya, "Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku."

Itulah cara membuat air ruqyah untuk diminum berdasarkan syariat agama Islam. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.uii.ac.id/ruqyah-syariyyah-terapi-al-quran-untuk-penyembuhan/
  • https://muslim.or.id/44001-bentuk-bentuk-ruqyah-dengan-menggunakan-air.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait