Home & Living

13 Juli 2021

3 Cara Menanam Serai dalam Pot untuk Pemula, Yuk Coba!

Tidak bisa membeli bukan berarti Moms dan Dads tak bisa mencoba cara menanam serai di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms dan Dads tidak dapat memperoleh tanaman serai dengan mudah di tempat tinggal, kalian dapat menggunakan batang dari toko sebagai cara menanam serai. Tentu saja bisa juga menanam dari biji yang dijual.

Serai merupakan ramuan kuliner dengan aroma serai yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara, Sri Lanka, Indonesia dan India. Manfaat serai digunakan untuk menghilangkan kecemasan, stres dan rasa sakit. Menurut Critical Care Nurse, adanya limonene dan citral, ekstrak serai menunjukkan efek antimikroba, antiketombe dan anti-inflamasi.

Perlu diketahui cara menanam serai adalah tumbuhan ini suka panas, tanamlah di tempat yang terkena sinar matahari penuh dan tanah subur yang dikeringkan dengan baik dengan pH 6,5 hingga 7,0. Tanaman luar angkasa terpisah 24 inci. Sediakan serai dengan kelembapan dan air yang konsisten saat inci atas menjadi kering.

Dapatkan hasil maksimal dari upaya cara menanam serai dengan memberi makan secara teratur dengan makanan nabati yang larut dalam air. Panen batang serai begitu tanaman mencapai tinggi 12 inci dan lebar setengah inci di pangkalan.

Cara Menanam Serai dalam Pot

Cara menanam serai di pot

Foto: website/freepik

Sereh tumbuh sangat baik di dalam pot dan wadah. Untuk iklim dingin, lebih baik menanam dalam pot atau wadah sehingga tanaman dapat dipindahkan ke dalam ruangan selama musim dingin.

Saat memilih ukuran pot, ingatlah serai adalah penanam yang kuat dan dapat dengan mudah menyebar dan mengisi pot selama musim tanam. Saat serai tumbuh setinggi 3-5 kaki (1-1,5 meter), pot harus lebar dan cukup dalam untuk menampung pertumbuhannya. Pertimbangkan pot setidaknya 5 galon (18 liter) dengan drainase yang baik dan lebar setidaknya 14 inci (35 cm) untuk cara menanam serai dalam pot.

Pertama untuk cara menanam serai dalam pot, Moms atau Dads siapkan sebuah wadah atau pot dengan campuran pot berkualitas yang telah diubah dengan kompos dan pupuk kandang yang sudah lapuk.

Buat lubang di tengah pot, tanam serai dan kembali tanah campuran pot di sekitarnya.

Sirami dengan baik dan terus berikan air yang cukup saat tanaman serai mulai tumbuh. Tempatkan di tempat yang cerah dan cerah.

Setelah tanaman serai matang, panen secara teratur atau bagi bagian tanaman pada akhir musim tanam untuk memastikan tanaman memiliki cukup ruang di dalam pot. Tidak melakukan keduanya dapat menyebabkan tanaman serai tumbuh melebihi pot dan mempengaruhi pertumbuhannya.

Di iklim dingin, serai yang ditanam dalam pot dan wadah dapat dipindahkan ke dalam rumah untuk musim dingin ke posisi yang cukup terang bahkan cara menanam serai di dalam pot sebaiknya di sebelah jendela yang cerah. Dan dengan menempatkan serai di area yang sering dikunjungi oleh rumah tangga, tanaman akan mendapat manfaat dari pemanas rumah dan kondisi tanaman yang lebih hangat.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menanam dan Merawat Anggrek

1. Cara Menanam Serai dari Biji

Cara Menanam Serai dari Biji

Foto: Freepik.com

Perkecambahan biji serai membutuhkan tanah yang lembap hangat dan kondisi yang lembap. Jika menabur benih serai di iklim yang sejuk, taburkan di akhir musim dingin untuk ditanam di musim semi. Jika tidak, benih bisa langsung ditanam di taman di musim semi.

Untuk menabur pada musim dingin, gunakan nampan benih dengan penutup plastik untuk membantu memberikan kelembapan yang disukai oleh serai. Penutup plastik dapat membuka ventilasinya pada siang hari untuk memberikan ventilasi setelah bibit muncul dan kemudian dilepas sama sekali setelah bibit setinggi 1 inci.

Tikar panas akan memberikan suhu yang ideal bagi benih untuk berkecambah. Tikar panas akan menyebabkan tanah mengering jadi awasi kelembapan tanah, pastikan tanah tetap sedikit lembap.

Akhirnya, pertimbangkan jumlah cahaya yang disediakan. Dilansir dari Bonnie Plants, Cara menanam serai dari biji membutuhkan lingkungan yang cukup terang untuk berkecambah. Jadi, jika menanam benih di dalam ruangan, letakkan di dekat jendela yang cukup terang atau pertimbangkan untuk menanam lampu untuk memastikan pencahayaan yang memadai dan perkecambahan berhasil.

Isi pot pemeliharaan benih dengan campuran media tanam benih yang berkualitas. Pembuatan pot gambut ini memudahkan pemindahan bibit serai. Cara menanam serai dari biji yaitu taburkan 2-3 biji serai sedalam 1/4 inci di setiap pot.

Taburkan tanah sedikit di atas benih – jangan terlalu menutupinya di bawah tanah karena mereka membutuhkan banyak cahaya untuk berkecambah.

Jagalah agar tanah tetap lembap selama periode perkecambahan. Kabut dengan botol semprot lembut pada tanah, benih dan bibit baru. Perkecambahan biasanya memakan waktu 2-3 minggu.

Ketika bibit tingginya sekitar 3 inci (7,5 cm), mereka dapat mengeras sebelum dipindahkan ke pot yang lebih besar atau langsung ke kebun begitu suhu malam secara konsisten di atas 50 derajat Fahrenheit (10 derajat Celsius).

Jika banyak benih berkecambah dalam pot pembesaran benih, benih tersebut dapat ditipiskan hingga menjadi bibit yang paling kuat. Bibit yang lebih kecil bisa ditanam kembali di pot mereka sendiri. Atau, semua bibit dapat terus tumbuh bersama.

Baca Juga: Mudah Banget, Ini Cara Menanam Lidah Buaya yang Benar!

2. Cara Menanam Serai di Air

Cara Menanam Serai di Air

Foto: Freepik.com

Ya, serai bisa tumbuh di air. Cara menanam serai di air adalah cara yang bagus untuk menyebarkan tanaman baru sebelum menanamnya di dalam pot atau di taman.

Pengambilan tangkai, mulailah dengan memotong daun bagian atas, sekitar satu inci dari batang. Pastikan pangkal tangkai masih utuh agar akar mulai tumbuh. Anda juga bisa mengupas lapisan luar batang.

Kemudian, masukkan batang serai di ujung pangkalnya ke bawah lalu ke dalam gelas yang berisi air 2,5-5 cm. Tempatkan di ambang jendela yang terang atau posisi luar ruangan yang terlindung tapi terang. Ganti air setiap 3-4 hari sekali.

Dalam 2-3 minggu, daun baru akan mulai tumbuh dan akar akan mulai bertunas. Biarkan tanaman serai baru tumbuh satu atau dua minggu dari pertumbuhan akar baru sebelum dipindahkan ke pot atau kebun.

Baca Juga:Jangan sampai Salah, Ini Cara Mudah Menanam Buah Naga

3. Cara Menanam Serai dari Supermarket

Cara Menanam Serai dari Supermarket

Foto: Freepik.com

Moms dan Dads juga bisa melakukan cara menanam serai dari supermarket. Ini kadang-kadang dikenal sebagai menanam serai dari goresan dapur.

Petik dengan hati-hati batang yang paling segar dengan pangkal yang masih utuh. Jika kalian menggunakan serai untuk memasak, sisakan sekitar 10 cm batang dari pangkalnya. Kemudian ikuti petunjuk menanam serai di air sebelum menanam tanaman baru di kebun atau pot.

Butuh waktu 3-4 bulan agar serai mencapai ukuran yang cukup matang untuk mulai dipanen. Padahal bisa memakan waktu beberapa bulan lagi agar tanaman mencapai kematangan penuh.

Baca Juga: Bisa Dipakai Memasak, Ini 6 Langkah Cara Menanam Jahe

Setelah tanaman tumbuh, ia akan terus menghasilkan lebih banyak batang. Dalam kondisi pertumbuhan yang tepat, serai dapat tumbuh dengan subur dan kalian kan memiliki persediaan serai yang sangat sehat! Jadi, mau pilih metode cara menanam serai yang mana Moms dan Dads?

  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-719/lemongrass#:~:text=Lemongrass%20might%20help%20prevent%20the,flow%2C%20and%20have%20antioxidant%20properties.
  • https://www.webmd.com/diet/lemongrass-health-benefits#1
  • https://www.heighpubs.org/hjcee/acee-aid1022.php#:~:text=Lemongrass%20is%20an%20enriched%20source,function%20and%20fertility%20%5B6%5D%2C
  • https://www.heighpubs.org/hjcee/acee-aid1022.php#:~:text=Lemongrass%20is%20an%20enriched%20source,function%20and%20fertility%20%5B6%5D%2C
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9934050/
  • https://www.researchgate.net/publication/342196841_Therapeutic_benefits_of_lemongrass_and_tea_tree
  • https://bonnieplants.com/how-to-grow/growing-lemongrass/#:~:text=Plant%20lemongrass%20in%20spring%2C%20once,Space%20plants%2024%20inches%20apart.
  • https://gardenerspath.com/plants/herbs/grow-lemongrass/
  • https://www.thespruce.com/lemongrass-plant-profile-4686088
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait