Fashion & Beauty

28 Juni 2021

5 Cara Mengecilkan Pinggul yang Aman dan Efektif untuk Dilakukan

Bagaimana cara mengecilkan pinggul yang efektif untuk dilakukan? Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Cara mengecilkan pinggul bagi wanita memang menjadi hal yang cukup menantang. Sebab, sebelum memasuki masa menopause, banyak wanita yang menyimpan kelebihan lemak pada bagian pinggul dan paha.

Namun, perlu dipahami bahwa wanita yang mudah menyimpan lemak di pinggul dan paha cenderung lebih mudah menjalani persalinan secara normal. Hal yang perlu dipahami juga bahwa faktor genetik sangat berpengaruh dalam hal ini.

Sebagian besar wanita menyimpan lemak di bagian pinggul atau paha, sebagian yang lain dapat menyimpan di bagian perut.

Cara mengecilkan pinggul cenderung lebih sulit daripada mengecilkan perut. Berikut ini penjelasan yang bisa dipahami.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Kembali Langsing Usai Melahirkan

Ketahui Cara Mengecilkan Pinggul

Meski menantang, Moms harus tahu cara mengecilkan pinggul secara efektif. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu di antaranya:

1. Menerapkan Kalori Defisit

Menerapkan Kalori Defisit

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan pinggul tidak bisa dilakukan secara spesifik. Artinya, Moms tidak dapat menghilangkan lemak berlebih di pinggul begitu saja.

Hal yang harus Moms lakukan, yaitu menghilangkan kelebihan lemak dari seluruh tubuh, yang kemudian mencari langkah untuk membentuk pinggul lebih langsing.

Pola diet yang paling aman dan efektif untuk dilakukan, yaitu menerapkan kalori defisit. Kalori adalah unit energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Jika Moms ingin menurunkan berat badan, maka hal yang dilakukan adalah membatasi asupan kalori masuk ke dalam tubuh.

Jika Moms memberikan tubuh lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan untuk mendukung ketiga komponen pengeluaran kalori ini, maka akan membuat tubuh kita mengalami defisit kalori. Nah, melakukannya secara konsisten untuk waktu yang lama menghasilkan penurunan berat badan.

Dilansir dari Dietary Guideline for Americans, cara untuk memastikan penurunan berat badan yang sehat, wanita tidak boleh mengonsumsi kurang dari 1.200 kalori per hari, dan pria tidak kurang dari 1.500 kalori.

Jadi, hindari melakukan diet ketat yang ekstrem, ya, Moms. Meski bisa mencapai berat badan ideal dalam waktu instan, tapi risikonya juga dapat mengalami kenaikan berat badan yang jauh lebih tinggi.

Dilansir dari Journal of The Academy of Nutrition and Dietitics, bagi kebanyakan orang, defisit kalori 500 kalori per hari sudah cukup menurunkan berat badan dan tidak memengaruhi rasa lapar atau tingkat energi.

Jika Moms benar-benar malas untuk menghitung kalori harian, cukup hindari makanan manis dan tinggi sodium, makanan yang digoreng, makanan olahan, saus tomat atau saus sambal, dan jus buah kemasan.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

2. Menjaga Hidrasi Tubuh

Menjaga Hidrasi Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui, tubuh secara alami akan membuang racun dan meningkatkan metabolisme.

Hal ini dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat. Salah satu cara menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik, yaitu rutin minum air putih.

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik akan memberikan pengaruh pada berat badan, kulit, hingga fungsi otak, Moms, lho.

Jika bosan dengan air mineral, Moms dapat mengonsumsi infused water untuk menambah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Melansir dari PVAMU: College of Agriculture and Human Sciences, infused water memiliki manfaat seperti mengendalikan nafsu makan, memenuhi kebutuhan cairan, memperkuat kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, membantu mengelola berat badan, dan lain-lain.

Faktanya, langkah sederhana ini dapat menjadi cara mengecilkan pinggul. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, jus kemasan, atau minuman yang mengandung asupan gula buatan untuk menjaga berat badan tetap ideal, ya.

3. Minum Teh Hijau

Minum Teh Hijau.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ingin tahu cara mengecilkan pinggul yang mudah dilakukan? Cobalah rutin minum teh hijau setiap pagi!

Dikutip dari jurnal Molecular Nutrition & Food Research, teh hijau adalah minuman yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Di antaranya adalah membantu membuang racun dan menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat rasa kenyang bertahan lama, dan membuat Moms tetap energik sepanjang hari.

Selain itu, antioksidan dapat membantu melindungi dari kerusakan oksidatif. Teh hijau adalah sumber antioksidan kuat yang sangat baik sehingga juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

4. Latihan Penguatan Tubuh

Latihan Penguatan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah tahu cara mengecilkan pinggul yang juga efektif, yaitu rutin berolahraga. Namun, hal yang sering jadi pertanyaan adalah jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan. Nah, tidak perlu bingung lagi, ya.

Latihan penguatan (core) tubuh adalah cara mengecilkan pinggul yang bisa dilakukan secara rutin, dan dapat dimulai dengan gerakan-gerakan sederhana. Pertama, coba lakukan gerakan plank secara rutin selama 2 menit setiap harinya.

Plank adalah latihan sederhana yang mampu menciptakan stabilitas dan kekuatan tubuh. Gerakan ini melibatkan seluruh bagian tubuh dan memperkuat otot secara keseluruhan,” ungkap Alex Silver-Fagan, pelatih utama Nike.

Nah, latihan penguatan tubuh lainnya yang dapat Moms lakukan, yaitu reverse crunch atau glute bridge.

Reverse crunch mampu meningkatkan kekuatan di area perut bagian bawah, membantu fokus pada area yang satu ini jika Moms menginginkan latihan yang lebih terarah.

Cara melakukannya cukup mudah. Berbaring telentang dengan lutut ditekuk ke dada. Lalu, turunkan kaki ke tanah secara perlahan, usahakan agar kaki Moms sedikit terangkat dari tanah sebelum mengangkat lutut kembali ke dada.

Baca Juga: 9 Gerakan Senam Lantai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sementara itu, glute bridges juga menjadi latihan penguatan tubuh yang baik dan menjadi cara mengecilkan pinggul yang efektif.

Cara melakukannya adalah berbaring telentang dengan tangan di lantai dan kaki rata. Ketika mengangkat pinggul dari tanah, tekan glutes secara terfokus.

Beberapa latihan di atas dapat memberikan kekuatan pada otot dan dapat menjadi cara mengecilkan pinggul yang bisa Moms lakukan. Cobalah rutin berolahraga setiap 30 menit sebanyak 3-4 kali per minggu.

Alternatif lainnya untuk menjadi latihan penguatan tubuh, yaitu lakukan HIIT atau High Intensity Interval Training. HIIT adalah latihan dengan intensitas tinggi bergantian dengan latihan intensitas rendah yang biasanya lebih lama namun dalam waktu yang singkat.

5. Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas Tidur yang Baik.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Begadang kadang sudah menjadi kebiasaan yang dianggap normal. Padahal, setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya, untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, lho.

Dikutip dari BMJ Open Sport & Exercise Medicine, kurang tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh dan membuat Moms menyimpan kelebihan lemak di tubuh bagian bawah, termasuk bagian pinggul.

Untuk itu, coba terapkan pola tidur yang cukup setiap malamnya. Pastikan Moms tidur minimal selama 7-8 jam setiap malamnya. Hindari mengonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur.

Selain itu, hindari menggunakan gadget saat mau tidur. Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang di kamar agar kualitas tidur terjaga dengan baik.

Jika dilakukan secara rutin, hal ini akan mendukung beberapa cara mengecilkan pinggul lainnya yang sudah diterapkan.

Baca Juga: 6 Manfaat Push Up Tiap Hari, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Nah, itulah penjelasan tentang cara mengecilkan pinggul yang akan mendatangkan banyak manfaat. Selamat mencoba, ya, Moms!

  • https://www.eatthis.com/lose-weight-in-hips/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3679539/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6196958/
  • https://jandonline.org/article/S2212-2672(15)01636-6/pdf
  • https://www.stylecraze.com/articles/lose-weight-from-hips/
  • https://www.brioleisure.org/blog/5-core-exercises-for-beginners
  • https://www.self.com/gallery/core-exercises-top-trainers-swear-by
  • https://www.pvamu.edu/cahs/2016/05/24/health-benefits-of-infused-water/
  • https://health.gov/sites/default/files/2019-09/2015-2020_Dietary_Guidelines.pdf
  • https://www.prevention.com/fitness/workouts/a20468052/exercise-tips-for-slim-hips-and-thighs/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait