Rupa-rupa

7 September 2021

Simak, 8 Cara Mengetahui Ukuran Cincin Jari Wanita

Cara mengetahui ukuran cincin pasangan dapat dilakukan dengan berbagai metode ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kejutan berupa lamaran pernikahan merupakan impian setiap wanita ya Moms. Namun, hal ini bisa menjadi sebuah tantangan bagi para pria. Karena selain menyusun acara yang romantis, para pria harus mencari cara mengetahui ukuran cincin dari wanita yang ingin dipinangnya.

Cara Mengetahui Ukuran Cincin Pasangan

cara mengetahui ukuran cincin

Foto: Orami Photo Stock

Tanpa menanyakannya secara langsung, mungkin sulit untuk mengetahui ukuran cincin seseorang. Ada beberapa cara mengetahui ukuran cincin pasangan tanpa bertanya langsung lho.

Simak langkah-langkah yang perlu diikuti dalam artikel berikut ini yuk!

Baca juga: 3+ Resep Kue Cincin dari Berbagai Daerah di Indonesia, Yuk Coba Moms!

1. Minta Tolong Teman atau Keluarga Pasangan

Meminta tolong pada teman atau keluarga pasangan merupakan salag satu cara mengetahui ukuran cincin pasangan Dads. Selain preferensi pada gaya dan batu, teman dan keluarga mereka mungkin tahu ukuran cincin pasangan.

Mengobrol dengan orang tua pasangan untuk mengetahui apakah mereka pernah membeli cincin untuk pasangan di masa lalu dan mengetahui ukurannya.

Selain itu, teman dekat pasangan juga bisa membantu Dads lho. Apalagi jika mereka sering berbelanja asesoris bersama. Jadi jangan ragu untuk bergabung di lingkaran pertemanan pasangan, karena ini sangat membantu menyukseskan rencana lamaran Dads.

2. Ajak untuk Mengikuti Workshop Kerajinan

Cara mengetahui ukuran cincin pasangan lainnya adalah mengikuti workshop di studio kerajinan. Ahli perhiasan menyarankan pasangan untuk para pasangan untuk melakukan ini agar mendapat ukuran cinci salah satunya.

Dads dapat mengikuti kerajinan dengan tanah liat atau rotan agar dapat mengetahui ukuran cincin pasangan. Saat akan mengetahui, pastikan jangan terlalu kelihatan sehingga pasangan tidak akan curiga ya.

3. Lakukan saat Pasangan sedang Tidur

Cara mengetahui ukuran jari pasangan dapat dilakukan saat mereka sedang tidur. Ahli perhiasan menjelaskan, cara terbaik untuk mengetahui ukuran cincin pasangan adalah dengan melilitkan benang atau tali saat mereka tertidur. Kemudian tandai panjang tali dengan selotip atau spidol selanjutnya bawa ke toko perhiasan.

Saat melakukan cara ini, pastikan untuk tidak membangunkan pasangan ya Dads. Karena saat mereka bangun, semua rencana akan berantakan.

4. Beli Ukuran yang Lebih Besar

Melansir Insider, lebih mudah untuk memperkecil ukuran cincin dibanding membesarkannya. Jadi, tidak ada salahnya Dads membeli cincin yang lebih besar ya.

Hal ini dianggap jauh lebih romantis dibandingkan tidak bisa memasukan cincin yang tidak dapat masuk selama lamaran.

Baca juga: Review Essential Oil Belli To Baby Lavender, Bikin Anak Tidur Lebih Nyenyak!

Cara Mengetahui Ukuran Cincin Jari Wanita

Cara Mengetahui Ukuran Cincin Wanita

Foto: freepik.com

Berikut ini cara mengetahui ukuran cincin wanita yang bisa dicoba. Mudah banget lho!

5. Mengetahui Tinggi Badan

Ukuran cincin rata-rata wanita adalah antara 4 dan 6. Hal ini ditentukan dari tinggi badan rata-rata wanita di Indonesia adalah 159 cm.

Namun beberapa ahli perhiasan mengatakan, Dads tanyakan tinggi badan alih-alih mengajak mereka ke toko perhiasan. Karena hal ini tidak akan membuat Moms curiga dengan rencana lamaran yang akan dilakukan.

6. Bawa Cincin Pasangan ke Toko Perhiasan

Salah satu cara mudah untuk mengetahui ukuran cincin pasangan dengan diam-diam meminjam salah satu cincin milik pasangan.

Pastikan itu adalah cincin yang jarang Moms gunakan ya Dads. Karena jika itu adalah asesoris yang dipakai sehari-hari akan membuat mereka merasa curiga karena sudah hilangnya,

Saat menggunakan cara ini, pastikan memilih ukuran cincin yang sedikit lebih besar ya Dads. Karena jari tangan seseorang kemungkinan akan membesar setiap harinya. Jangan sampai salah memilih ukuran saat lamaran ya.

7. Mencoba Cincin secara Langsung

Beberapa ahli perhiasan berpikir cara paling akurat untuk menentukan ukuran cincin adalah dengan mencobanya sendiri. Untuk melakukan ini, Dads dapat mengajak teman atau adik wanita yang memiliki tinggi dan berat badan yang sama dengan pasangan Dads ya.

Hal ini dianggap lebih akurat dan juga mudah untuk dilakukan dan sangat akurat. Selain itu, cara ini juga tidak akan membuat pasangan Dads merasa curiga selama persiapan untuk melamar sang belahan jiwa.

8. Ajak ke Toko Aksesoris Saat Jalan Bersama

Minta pasangan mencoba beberapa cincin dalam suasana santai. Selalu ada kemungkinan pasangan tidak memakai cincin dan tidak bisa memberi tahu ukurannya bahkan jika bertanya.

Hal ini mungkin akan membuatnya sedikit curiga, tetapi Dads dapat berkelit dan mengatakan kalau akan membeli aksesoris untuk orangtua atau saudara. Berpura-puralah untuk memintanya mencoba dengan cara yang tidak terlalu mencolok.

Baca juga: 10 Keunikan Pakaian Adat Madura dan Aksesorisnya, Kenali Yuk!

Cara Mengubah Ukuran Cincin

Cara Mengubah Ukuran Cincin

Foto: freepik.com

Jika cincin yang dibeli tidak sesuai ukuran pasangan, Dads dapat mengubahnya ke toko perhiasana. Nantinya, mereka akan mengubah ukuran cincin dengan membuat potongan halus di bagian bawah cincin dan menambahkan atau menghapus sejumlah kecil logam ke cincin.

Saat melakukan ini, Dads harus menyediakan dana tambahan. Karena setiap toko perhiasan akan memberikan harga yang berbeda tergantung apa yang akan diubah, menaikkan ukuran (menambahkan logam) atau mengecilkan (menghapus logam) serta bahan yang dignunakan untuk membuat cincin tersebut.

Namum, perlu diingat tidak semua cincin dapat diubah ukurannya. Misalnya logam alternatif seperti Tungsten, cincin dengan milgrain atau pita hiasan, dan beberapa cincin perak tidak dapat diubah.

Jadi, perhatikan dengan baik bahan cincin yang akan dipilih saat melamar belahan jiwa ya Dads.

Baca juga: Ini 7 Tanda Pasangan Suami-Istri Butuh Konseling Pernikahan

Perbedaan Cincin Tunangan dan Pernikahan

Perbedaan cincin

Foto: freepik.com

Saat akan menikah, biasanya Dads akan membeli dua jenis cincin untuk tunangan dan pernikahan. Lalu, apakah ada perbedaan antara cincin tunagan dan pernikahan?

Cincin pertunangan biasanya memiliki satu batu dominan, yang berdiri sendiri atau dikelilingi oleh batu tambahan yang lebih kecil. Cincin pertunangan biasanya diberikan sebagai bagian dari lamaran atau saat selama acara pertunangan.

Sebaliknya, cincin pernikahan lebih sederhana dengan sedikit hiasan berlian di atasnya. Perbedaan lainnya adalah pada sisi harga. Cincin pernikahan lebih mahal dibandingkan dengan dengan cincin pertunangan.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Lamaran Sederhana di Rumah, Bisa Dicoba!

Demikian artikel tentang cara mengetahui ukuran cincin yang bisa dicoba ya Dads. Semoga artikelnya bermanfaat.

  • https://www.brides.com/story/wedding-ring-engagement-ring-etiquette
  • https://www.insider.com/how-to-get-ring-size-of-partner-2018-9
  • https://www.diamondbuyingschool.com/stealthy-ways-to-get-a-womans-ring-size
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait