Karier & Keuangan

9 Agustus 2021

9+ Cara Menghemat Listrik di Rumah, Bye Tagihan Bengkak!

Mengganti barang elektronik yang sudah tua dengan jenis baru menjadi cara menghemat listrik yang ampuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengetahui cara menghemat listrik dan menjadi Moms yang hemat energi, dapat menghemat uang dan juga membantu mengurangi emisi. Terlebih lagi, Moms juga akan menghemat uang untuk pembayaran tagihan listrik. Lumayan kan?

Rata-rata rumah menggunakan 2.900 kWh listrik per tahun, dilansir Office and Gas Electricity Markets. Jika bisa lebih berhemat, tentu uang yang seharusnya dibayarkan untuk listrik, bisa dialihkan untuk pengeluaran lain atau untuk ditabung.

Baca Juga: Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

Mengapa Efisiensi Energi di Rumah Penting?

shutterstock 1069914134

Foto: Orami Photo Stock

Menurut International Energy Agency (IEA), pembangkit listrik tenaga batu bara adalah kontributor paling signifikan terhadap pertumbuhan emisi pada tahun 2018.

Pembangkit listrik tenaga batu bara menyumbang 30 persen dari emisi CO2 global. Jadi, saat sebuah keluarga menghemat listrik, itu bukan hanya berbicara secara lokal saja. Moms dapat memainkan peran kecil namun berharga dalam membantu mengurangi kebutuhan pembangkit listrik.

Selain itu, energi dalam bentuk apapun membutuhkan uang. Baik untuk listrik, gas, minyak atau batu bara. Sebagian besar uang ini digunakan untuk penggunaan energi yang tidak perlu.

Semakin Moms mencoba membiasakan diri untuk menghemat energi, dan menyingkirkan praktik pemborosan, semakin banyak uang yang dapat dihemat untuk tagihan listrik.

Cara menghemat listrik juga efek langsung pada lingkungan. Semakin sedikit listrik yang dikonsumsi, semakin sedikit asap beracun yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik.

Menghemat energi akan membantu melestarikan sumber daya alam bumi dan melindungi tumbuhan dan hewan dari kehancuran. Hasilnya, dunia menjadi lebih sehat dan bahagia.

Baca Juga: Cara Gampang dan Hemat Uang Bersihkan Sendiri AC di Rumah

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Cara Menghemat Listrik -1

Foto: Orami Photo Stock

Tak bisa dipungkiri, salah satu pengeluaran rumah tangga yang paling besar datang dari listrik. Semakin besar pemakaian listrik bulanan, makin besar pula tagihan listrik.

Agar tagihan listrik tidak membengkak, Moms bisa mencobat cara menghemat listrik bulanan yang bisa dilakukan di rumah ini. Apa saja? Ini daftarnya!

1. Cabut Colokan Saat Tidak Dipakai

Sayangnya, sebagian besar dari kita membiarkan alat elektronik dicolokkan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari meski jarang digunakan.

Benda tersebut seperti TV, komputer, pemutar DVD, Playstation hingga AC. Ternyata, benda-benda tersebut menggunakan listrik bahkan ketika sedang tidak dinyalakan lho Moms.

Meskipun listrik yang dikonsumsi mungkin tampak kecil, semuanya bertambah dalam jangka waktu yang lebih lama pada tagihan listrik.

Menurut Energy Saving Trust, rata-rata rumah tangga Inggris menghabiskan £35 atau sekitar Rp680.000 setahun untuk peralatan yang dibiarkan dalam keadaan standby.

Cukup cabut semua benda tersebut saat Moms tidak akan menggunakannya selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari.

2. Singkirkan Barang Elektronik yang Sudah Tua

Tak jarang mungkin di rumah Moms ada beberapa benda elektronik yang sudah tua umurnya. Meski masih layak pakai, namun pada umumnya benda elektronik yang sudah tua memakan listrik yang lebih banyak.

Sekarang ini sudah sangat banyak peralatan elektronik yang hemat energi. Moms bisa mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Misalnya dengan membeli barang-barang berlabel smart home technology.

Ini dapat menjadi cara menghemat listrik dengan cerdas lho. Karena, ini dapat membantu mengurangi penggunaan listrik. Dengan menggunakan smart termostat misalnya, Moms dapat menjadwalkan penghangat ruangan atau AC hanya untuk bekerja saat dibutuhkan.

3. Gunakan AC Secara Efisien

Meski menyejukkan, namun AC juga akan menyedot banyak listrik jika tidak digunakan dengan bijak. Cara menghemat listrik dari AC bisa dengan menyetel temperatur ruangan secara stabil dan jangan menurunkannya.

Moms juga sebaiknya mematikan AC di malam hari dan di pagi hari. Semakin kecil perbedaan antara suhu luar dan dalam ruangan, maka akan semakin kecil tagihan listrik Moms.

4. Tanam Pohon Rindang di Sekitar Rumah

Selain membuat pemandangan yang asri, ini adalah cara menghemat listrik yang lebih permanen untuk mengurangi biaya listrik terutama saat musim panas.

Pohon-pohon yang rindang akan mengurangi biaya pendinginan untuk rumah. Karena rumah akan terasa sejuk dan teduh meski udara sedang panas sekalipun.

5. Gunakan Peralatan Besar Bersama-sama

Meski mesin cuci dan pengering modern ditandai hemat energi, namun peralatan tersebut nyatanya masih mengkonsumsi banyak listrik setiap kali digunakan.

Cara menghemat listrik selanjutnya, Moms bisa mengumpulkan cucian seluruh anggota keluarga dan cuci sekaligus dalam satu waktu. Dengan cara ini, Moms akan penggunaan mesin cuci dalam satu minggu.

Hal ini pun berlaku saat Moms ingin menyetrika. Sebab, hanya menyetrika saat hendak menggunakan baju dan hanya menyetrika satu stel baju akan membuat tagihan listrik membengkak.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Belanja Bulanan

6. Keringkan Pakaian dan Piring secara Alami

Jika memungkinkan, keringkan pakaian secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari tanpa menggunakan pengering. Jika tidak, Moms bisa memilih pengaturan pengeringan yang lebih rendah, meskipun membutuhkan waktu lebih lama.

Jika menggunakan mesin pencuci piring, hentikan siklus pengeringan yang dipanaskan dan ganti mengeringkan dengan serbet. Moms juga bisa membiarkan pintu mesin cuci piring terbuka dan membiarkan pengeringan udara untuk menghemat uang.

7. Sesuaikan Penggunaan Cahaya

Mematikan lampu yang tidak perlu saat tidak digunakan akan memberi hasil yang lebih baik dalam menghemat listrik di rumah.

Moms bisa menggunakan lampu dengan watt yang lebih tinggi dan kurangi jumlah lampu di setiap ruangan. Misalnya, Moms dapat mematikan 2-3 lampu 60 watt dengan memasang satu bohlam 100 watt hemat energi di sebuah ruangan.

Selain itu, cukup biarkan cahaya alami masuk dan hindari menyalakan lampu listrik sama sekali di siang hari.

8. Efisienkan Penggunaan Kulkas

Mungkin Moms tidak terlalu memperhatikan suhu kulkas. Biasanya karena kulkas dapat menyediakan minuman dingin dan sayuran tetap segar. Namun, menurunkan suhu beberapa derajat akan menghemat listrik.

Bersihkan kulkas secara rutin juga dapat menjadi trik cara menghemat listrik lho. Menyekanya hingga bersih dapat membuat perbedaan besar dalam meningkatkan efisiensi energi kulkas. Menurut Consumer Energy Center, ini dapat menurunkan penggunaan energi lemari es sebanyak 30 persen.

Menjaga agar kulkas tetap penuh setidaknya hingga tiga perempatnya, Moms dapat memastikan bahwa kulkas tidak membuang energi untuk memanaskan udara yang kosong. Tapi ingat, jangan menjejalkannya terlalu penuh.

Sebab, itu bisa menghentikan sirkulasi udara, yang juga akan menggunakan lebih banyak energi. Dengan sedikit penyesuaian pada termostatnya, kulkas akan tetap menjaga semuanya tetap dingin dan segar, serta perubahan kecil ini menghasilkan lebih sedikit penggunaan kulkas dan lebih hemat.

9. Lebih Hemat saat Memasak

Cara menghemat listrik juga bisa dilakukan saat berada di dapur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat berasada di dapur atau memasak. Misalnya dengan menggunakan lampu hemat energi saat memasak untuk makan malam.

Atau, gunakan tutup panci dan wajan agar air lebih cepat mendidih. Selain itu, jangan membuka pintu oven lebih dari yang dibutuhkan karena akan mengeluarkan panas yang tidak perlu. Jadi, Moms bisa memeriksa daging panggang melalui pintu kacanya.

10. Lebih Hemat di Kamar Mandi

Tidak ada yang lebih baik dari menghabiskan waktu mandi dengan santai, bahkan menggunakan air hangat.

Tetapi jika pancuran menggunakan listrik atau menggunakan water heater, ini dapat menambahkan beberapa tambahan serius pada tagihan listrik.

Coba kurangi waktu yang dihabiskan di sana atau hemat waktu mandi untuk mendapatkan camilan yang enak di akhir pekan. Jika memungkinkan, gunakan pencahayaan alami di dalam kamar mandi agar tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.

Melihat cara menghemat listrik ini, mana saja yang sudah Moms gunakan? Atau Moms memiliki trik tersendiri untuk menghemat energi? Share di kolom komentar ya!

  • https://www.trvst.world/renewable-energy/save-electricity-at-home/
  • https://www.iea.org/reports/global-energy-co2-status-report-2018
  • https://www.ecofriendlyhabits.com/how-to-conserve-energy/
  • https://www.ovoenergy.com/guides/energy-guides/how-to-save-electricity-at-home.html
  • https://www.ofgem.gov.uk/energy-policy-and-regulation/policy-and-regulatory-publications/licence-and-sectoral-publications-beta?keyword=TDCV&sort=publication_date
  • https://energysavingtrust.org.uk/advice/home-appliances/
  • https://www.consumerenergycenter.org/home/appliances/refrigerators.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait