24 October 2023

10+ Cara Menghilangkan Pikiran Negatif agar Lebih Bahagia

Sering merasa cemas dan overthinking? Coba lakukan beragam cara ini untuk mengatasinya
10+ Cara Menghilangkan Pikiran Negatif agar Lebih Bahagia

5. Fokus pada Kekuatan Diri Sendiri

Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif.

Yuk, berlatih untuk fokus pada kekuatan diri dan tidak memikirkan kesalahan yang dibuat

Cara ini akan semakin mudah untuk merasa positif tentang diri sendiri dan arah yang akan diambil dalam hidup.

Hindari diri sendiri berpikir keras tentang karakter atau tindakan sesuatu.

Sebaliknya, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan pikirkan sesuatu yang disukai tentang diri masing-masing.

Belajar untuk fokus pada minat atau tujuan kita, maka ini salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

Cobalah lakukan aktivitas atau membuat gambaran hidup.

Tak perlu memikirkan kesulitan atau tantangan yang akan dihadapi, fokus pada apa yang disuka dan percaya dapat meraihnya.

Baca Juga: 10+ Wisata Bangka Belitung yang Menjadi Ikon Syuting Laskar Pelangi!

6. Jangan Khawatir Berlebihan

Rasa Khawatir
Foto: Rasa Khawatir (Orami Photo Stocks)

Memikirkan perasaan orang lain atau mengira tindakan kita salah, adalah salah satu pemicu pikiran negatif itu muncul.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, bukan fakta atau informasi yang dapat membuat kira berpikiran negatif.

Namun, kita terlalu khawatir berlebihan dan menganggap itu serius.

Cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain adalah mulai untuk berpikiran santai.

Anggaplah bahwa pikiran atau ide-ide yang muncul terlintas adalah tidak begitu penting.

Pikiran hanyalah pikiran semata dan itu bukanlah fakta. Isi pikiran negatif kita tidak penting dan tidak benar, lho.

Hal terpenting adalah bagaimana kita memperlakukan pikiran dengan matang dan positif.

Tidak terlalu mempercayai pikiran negatif yang muncul dan menyebabkan gangguan kecemasan.

7. Meditasi dan Relaksasi

Jika meluahkan perasaan dan pikiran adalah cara menghilangkan pikiran negatif yang tidak cocok untuk Moms, cobalah untuk meditasi.

Menurut Help Guide International, meditasi adalah salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.

Caranya adalah dengan mengalihkan fokus pada peristiwa yang terjadi saat ini.

Dengan terlibatnya fokus pada diri sendiri, maka pikiran negatif akan berangsur pergi.

Coba untuk duduk sila dan menyalakan lilin aroma terapi. Pilih aroma lavender untuk lebih menghasilkan ketenangan dan aroma lembut.

Lakukan ini di tempat yang hening dan sepi, tentunya bisa diiringi lagu-lagu relaksasi.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

8. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Olahraga Sehat
Foto: Olahraga Sehat (Orami Photo Stocks)

Menurut Mayo Clinic, pikiran negatif berasal dari gaya hidup tidak sehat yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Seperti berpikiran negatif terhadap orang lain, larut dalam kesedihan dalam waktu lama, serta tidak dapat mengontrol emosi.

Cara menghilangkan pikiran negatif dapat dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat tak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga untuk emosional.

Olahraga salah satu aktivitas fisik yang dapat memengaruhi mood seseorang, lho.

Baca Juga: Hubungan Antara Depresi dan Gangguan Makan, Ketahui Gejalanya

Dengan berolahraga pikiran akan lebih rileks dan positif. Serta cara ini dapat mengurangi tingkat stres.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat menambahkan imunitas tubuh.

Pastikan nutrisi selalu tercukupi dengan varian sumber makanan seperti sayur, buah, daging, kacang-kacangan dan susu.

9. Menyibukkan Diri

Sibukkan diri Moms dengan pekerjaan atau aktivitas yang produktif dan positif. Ini dapat membantu Moms menjauh dari pikiran negatif dan memberikan rasa puas akan pencapaian.

10. Pikirkan tentang Hal-Hal yang Bisa Disyukuri

Setiap hari, cobalah untuk merenungkan tentang hal-hal yang Moms syukuri dalam hidup.

Ini membantu Moms jadi lebih damai dalam memandang sesuatu. Bahkan bisa jadi Moms juga tidak sempat berpikiran negatif.

11. Jalani Hobi yang Menyenangkan

Mengejar hobi atau kegiatan yang Moms nikmati, seperti melukis, memasak, atau berkebun, membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif.

Ini membuat waktu yang Moms jalani terisi dengan kegiatan yang membuat hati dan pikiran gembira.

Baca Juga: Kepribadian ENTP, Pemikir Karimastik yang Gemar Berargumen

Pikiran-pikiran negatif adalah sesuatu yang selalu dihadapi oleh semua orang.

Ketimbang marah, lebih baik terimalah pikiran negatif tersebut. Namun, jangan sampai pikiran negatif sampai mengendalikan diri Moms, ya.

Moms harus menerima, agar nantinya bisa mencoba untuk menyelesaikannya. Memang, cara menghilangkan pikiran negatif tidak mudah, ya, Moms.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil meski telah dicoba berkali-kali, Moms sebaiknya segera berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Jangan tinggal diam, agar pikiran negatif tidak semakin menguasai dan mengendalikan diri Moms!

  • https://www.uofmhealth.org/health-library/uf9897
  • https://www.researchgate.net/publication/6453738_Mental_Habits_Metacognitive_Reflection_on_Negative_Self-Thinking
  • https://share.baptisthealth.com/negative-thinking-patterns/
  • https://www.rethink.org/advice-and-information/about-mental-illness/learn-more-about-symptoms/negative-thinking/
  • https://adaa.org/learn-from-us/from-the-experts/blog-posts/consumer/thoughts-are-just-thoughts
  • https://www.helpguide.org/articles/anxiety/how-to-stop-worrying.htm
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb