Scroll untuk melanjutkan membaca

10 Cara Menjaga Berat Badan Ideal saat Lebaran, Tanpa Takut Gemuk!

Mengawali dengan air putih dapat membantu mengurangi porsi makan
10 Cara Menjaga Berat Badan Ideal saat Lebaran, Tanpa Takut Gemuk!

Cara menjaga berat badan ideal menjadi salah satu hal yang banyak dicari bagi Moms yang tak mau angka timbangan naik tetapi ingin menyantap hidangan lebaran.

Berpuasa di bulan Ramadan memang akan memberikan efek yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Banyak yang akan mengalami penururan berat badan, berat badan stabil namun ada juga yang mengalami kenaikan berat badan.

Hal yang paling dihindari tentunya adalah kenaikan berat badan bukan?

Terlebih bila sudah menyantap sejumlah makanan saat lebaran yang penuh dengan lemak.

Tak usah khawatir, berikut ada beberapa cara menjaga berat badan ideal saat Lebaran.

Baca Juga: Obat Mucosta untuk Atasi Masalah Lambung, Ketahui Dosis, Manfaat, serta Efek Sampingnya

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Pada momen lebaran, biasanya akan tersaji berbagai macam makanan lezat yang tentunya siap untuk Moms santap. 

Di samping itu, Moms akan menemukan permasalahan sendiri apabila sedang diet. 

Oleh karena itu, Moms pun perlu selektif dalam memilih makanan saat lebaran dan bahkan tak jadi menyantapnya.

Nah, jangan bimbang lagi ya Moms. Berikut cara menjaga berat badan ideal saat lebaran:

1. Awali dengan Air Mineral

cara menjaga berat badan ideal

Foto: cara menjaga berat badan ideal (shutterstock)

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjaga berat badan ideal yang pertama adalah awali dengan air mineral yang cukup.

Keinginan untuk tetap kurus yang bertolak belakang dengan kegemaran menyantap makanan lebaran ternyata perlu diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup.

Guna mencegah Moms makan secara berlebihan, maka awalilah dengan konsumsi air mineral sebelum makan.

Cukup satu atau dua gelas air saja sebelum makan, karena dengan demikian perut sudah terisi sebagian dengan asupan air dan pastinya Moms tidak akan makan secara berlebihan.

2. Detoksifikasi

Cara menjaga berat badan ideal saat lebaran lainnya adalah dengan detoksifikasi.

Detoksifikasi atau detoks merupakan proses membersihkan tubuh dari racun.

Racun yang menumpuk bisa memicu penyakit dan menaikkan berat badan. Terdapat sejumlah tips detoks agar tubuh tetap sehat dan berat badan seimbang.

Racun-racun ini dapat dihilangkan dengan mengonsumsi buah-buahan salah satunya apel.

Selain buah, jangan lupa pula untuk makan sayur-sayuran untuk menjaga metabolisme.

Baca juga: Penting, Ini 15 Persiapan Puasa Ramadan dari Segi Spiritual dan Kesehatan

3. Olahraga

olahraga

Foto: olahraga (everypixel.com)

Foto: everypixel.com

Rutin berolahraga menjadi salah satu cara menjaga berat badan ideal saat lebaran.

Setelah mengonsumsi banyak asupan makanan terutama yang berlemak saat Lebaran, tubuh harus diimbangi dengan gerakan fisik yang seimbang agar proses pembakarannya berlangsung dengan baik.

Melansir Korean Journal of Family Medicine, usahakan untuk berolahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam satu minggu untuk mempertahankan berat badan.

Tak perlu olahraga berat bila Moms memang bukan pecinta olahraga atau tak terbiasa, sederet jenis olahraga intensitas sedang yang bisa mulai dicoba antara lain:

  • berjalan cepat
  • bersih-bersih rumah (menyapu, mengepel atau berkebun)
  • aktif bermain dengan anak
  • bersepeda

4. Makanlah Sesering Mungkin dalam Porsi Kecil

Banyak orang mengira diet yang efektif adalah dengan memangkas jatah makan.

Misalnya, jika orang tersebut makan tiga kali sehari, ketika diet mereka hanya makan satu kali sehari saja.

Pemahaman bahwa semakin sedikit orang makan maka akan kurus ini ternyata salah.

Karena pada faktanya ketika tiba saatnya makan kita dapat makan dengan porsi besar.

Apalagi saat lebaran kita merasa tidak mau melewatkan momen menyantap hidangannya.

Karena itu Moms justru disarankan lebih sering makan.

Kalau biasanya hanya makan tiga kali sehari, saat diet tambahlah menjadi lima kali sehari.

Namun perlu diingat bahwa porsi tiap kali makan harus lebih sedikit.

Makan lebih sering akan membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, serta menjaga metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga.

5. Makan pada Waktunya

Ketupat-Hero.jpg

Foto: Ketupat-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tak jarang saat Lebaran Moms dapat makan berkali-kali dalam satu hari.

Hal tersebut biasanya dikarenakan berkunjung ke rumah beberapa sanak saudara.

Kebiasaan sebaiknya dihindari ya, tetaplah makan pada waktu yang tepat.

Jangan memperbanyak waktu makan Moms karena hanya akan membuat berat badan akan semakin mudah bertambah.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Tengah Bulan dengan Pahala Setara Setahun Puasa

6. Kunyah Makanan sampai Halus

Cara menjaga berat badan ideal yang satu ini memang sering terlewatkan.

Sebab, saat kita menyantap hidangan lebaran terkadang suka 'kalap' sehingga makan dengan terburu-buru.

Akibatnya sistem pencernaan harus bekerja keras dan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Lebih jauh makanan yang tidak dikunyah secara sempurna dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Saat Moms tidak mengunyah makanan secara baik ada lebih banyak kandungan kalori yang tak terserap tubuh di mana sisanya akan menumpuk jadi lemak.

Selain itu mengunyah makanan perlahan dapat membantu otak menerima informasi saat perut sudah merasa kenyang.

Kesempatan otak untuk menerima informasi itu tidak akan terpenuhi jika Moms makan terlalu cepat.

7. Jangan Lupa Sarapan

cara menjaga berat badan ideal

Foto: cara menjaga berat badan ideal

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjaga berat badan ideal adalah jangan malas dan lupa untuk sarapan.

Saat lebaran, tak sedikit orang yang terlewat sarapan karena sibuk mempersiapkan untuk salat Ied.

Padahal, ketika tidak sarapan biasanya saat makan siang Moms cenderung lebih rakus.

Pentingnya sarapan untuk menjaga berat ideal badan didukung oleh penelitian dari International Journal of Obesity yang menyebutkan orang yang sarapan rata-rata hanya bertambah bobotnya sebesar 0,85 kg.

Sementara bagi Moms yang tidak sarapan berat badannya justru naik sekitar 1,5 kg.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarapan justru membantu Moms menjaga berat badan.

8. Jadwalkan Waktu Ngemil

Kue kering seperti nastar, putri salju, dan kastangel memang menggoda ya Moms.

Moms tetap boleh ngemil sesuka hati, asalkan menjadwalkan waktu ngemil.

Karena dengan membuat jadwal ngemil bisa membantu untuk mencegah makan secara berlebihan terutama di waktu makan berat.

Untuk itu, jadwalkan waktu ngemil diantara waktu makan berat yang akan membantu mengurangi asupan makanan berat, sehingga berat badan lebih terjaga.

Namun jika ingin lebih sehat, Moms bisa mengganti camilan, seperti buah atau kacang-kacangan misalnya almond.

9. Hindari Tidur setelah Makan

tidur

Foto: tidur (freepik.com)

Foto: freepik.com

Cara menjaga berat badan ideal saat lebaran selanjutnya, yaitu jangan tidur setelah makan.

Tidur di kala perut terasa kenyang memang sangat enak, seperti tidak ada beban hidup.

Jika kebiasaan ini tidak segera diubah, yang ada perut Moms akan bertambah buncit.

Sebab, makanan tidak dapat turun secara sempurna jika berada dalam posisi tidur.

Sebaiknya hindari kebiasaan ini agar bentuk tubuh menjadi ideal dan perut tetap rata, atau malah six pack seperti yang didambakan.

10. Jangan Memikirkan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan apapun yang konsumsi, sebaiknya jangan dipikirkan.

Sebab apa yang dipikirkan akan tersugesti ke seluruh tubuh.

Misalnya, karena takut gemuk, Moms melewatkan jam makan malam karena makanan yang tersaji terbuat dari kacang-kacangan atau daging merah.

Moms tidak seharusnya melewatkan makan malam agar asupan gizi dalam tubuh tetap terpenuhi.

Selagi makanan itu sehat atau dikonsumsi tidak berlebihan, bobot tubuh tidak akan membengkak.

Baca Juga: Hb Tinggi, Apa Sebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Ya?

Itu dia Moms cara menjaga berat badan ideal saat lebaran. Sekarang, jadi bisa menyantap hidangan lebaran tanpa takut gemuk deh.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6766424/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6536904/
  • ookpad.com/id/resep/15781565-spiral-macaroni-cheese
  • https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-causes/sleep-and-obesity/
  • https://www.nia.nih.gov/health/maintaining-healthy-weight
  • https://hub.jhu.edu/at-work/2020/01/15/focus-on-wellness-drinking-more-water/
  • https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000330.htm