Program Hamil

8 Juli 2021

9+ Rahasia Cara Menyuburkan Kandungan, Cocok untuk Moms yang Sedang Promil!

Moms harus mulai dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebuah penelitian menunjukan bahwa masalah kesuburan memengaruhi hingga 15 persen pasangan. Untungnya, menyuburkan kandungan bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan oleh siapa saja yang ingin hamil.

Jika Moms sedang berusaha memiliki bayi dan tidak terlalu beruntung, jangan putus asa. Dikutip dari Good to Know, sekitar 84 persen pasangan yang melakukan hubungan seks secara teratur akan hamil dalam setahun. Namun, kami memahami satu tahun bisa terasa seperti waktu yang sangat lama.

Begitulah kehidupan sebagian pasangan, jalan menuju menjadi orang tua terkadang bisa menjadi tantangan besar. Akan tetapi, ketahuilah bahwa Moms tidak sendirian dalam tantangan tersebut.

Bagaimana menyuburkan kandungan baik pada pria dan wanita adalah pertanyaan dengan banyak jawaban. Untungnya, banyak cara untuk memaksimalkan peluang Moms untuk hamil dengan cepat.

Moms bisa mulai mencoba berbagai cara menyuburkan kandungan dari yang paling sederhana dan bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai perubahan harus dilakukan seperti misalnya, perubahan pada gaya hidup dan pilihan makanan sebagai salah satu bagian dari proses menyuburkan kandungan.

Untungnya, ada beberapa cara alami dan berbagai pilihan makanan dalam membantu menyuburkan kandungan. Berbagai hal yang mudah dilakukan bisa membantu mendongkrak kesuburan.

Baca Juga: Makanan Sehat Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan

Cara Menyuburkan Kandungan Dengan Superfood

Cara menyuburkan kandungan secara natural.webp

Foto: verywellfamily.com

Cara menyuburkan kandungan secara natural bisa dilakukan dengan pilihan makanan yang sesuai. Menyuburkan kandungan dan diet adalah topik hangat, terlebih apabila makanan yang berhubungan dengan kesuburan adalah bagian dari yang kita sukai.

Akan tetapi, bisakah makan makanan tertentu benar-benar menyuburkan kandungan Moms? Meskipun tidak ada makanan khusus atau diet kesuburan yang secara ajaib akan meningkatkan peluang Moms untuk hamil, diet bergizi dan seimbang pasti dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Dengan mengingat hal itu, di bawah ini adalah 5 makanan sehat yang utuh untuk menyuburkan kandungan serta mungkin bermanfaat bagi mereka yang ingin mengoptimalkan pola makannya.

Baca Juga: Amankah Pewarna Makanan Selama Merencanakan Kehamilan?

1. Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari

Foto: healthline.com

Biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang terbukti meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma pada beberapa orang. Selain itu, biji bunga matahari dikemas dengan folat dan selenium, yang penting untuk kesuburan pria dan wanita sehingga mampu menyuburkan kandungan.

Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang baik dan mengandung sedikit asam lemak omega-3.

Bagaimana cara konsumsinya:

Biji bunga matahari dapat menjadi camilan yang enak dimakan meskipun tanpa bahan tambahan lainnya. Akan tetapi, Moms juga dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam makanan favorit Moms.

Coba taburkan biji bunga matahari di menu salad Moms. Moms nda juga bisa menambahkan beberapa sendok makan biji bunga matahari ke dalam smoothie, atau diaduk menjadi yogurt, untuk menambah rasa dan nutrisi.

2. Jeruk

Buah jeruk dan grapefruits merupakan sumber terbaik untuk vitamin C. Grapefruit dan jeruk mengandung polyamine putrescine, yang oleh beberapa penelitian hewan dikaitkan dengan potensi untuk meningkatkan kesehatan telur dan sperma.

Bagaimana cara memakannya:

Nikmati irisan jeruk atau coba masukkan jus jeruk ke dalam smoothie yang Moms buat. Jeruk bali yang diiris juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk salad segar lho Moms.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Ternyata Dapat Meningkatkan Jumlah Sperma

3. Keju Matang

kehamilan

Foto: exportersindia.com

Keju matang, seperti cheddar, parmesan, dan manchego, dapat meningkatkan kesehatan sperma karena keju matang mengandung poliamina tinggi.  Poliamina adalah protein yang ditemukan dalam produk nabati dan hewani.

Penelitian telah menemukan bahwa poliamina mungkin memainkan peran penting dalam sistem reproduksi. Keju matang secara khusus tinggi putresin poliamina, yang mungkin berperan dalam kesehatan sperma.

Putresin juga diduga dapat meningkatkan kesehatan telur, terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas sehingga membantu menyuburkan kandungan.

Bagaimana cara memakannya:

Taburkan keju pada apa saja atau ambil beberapa potong keju bersama kacang-kacangan atau buah-buahan sebagai camilan sore hari. Berhati-hatilah dengan ukuran porsi saat menambahkan keju ke dalam makanan Moms, karena keju dalam jumlah berlebih mengandung banyak kalori dan lemak jenuh. Nikmati keju untuk menyuburkan kandungan dengan secukupnya.

4. Produk Susu Full Fat (Full Fat Dairy)

Produk susu pastured adalah pilihan tepat untuk menyuburkan kandungan dan kehamilan bagi mereka yang bisa mentolerirnya. Produk susu kaya akan lemak jenuh, yang sangat bermanfaat bagi kesuburan. Tidak hanya itu, produk susu juga merupakan sumber vitamin larut lemak yang baik, termasuk vitamin A, E, D, K, dan K2.

Sebuah studi Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu berlemak, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah ovulasi dibandingkan dengan wanita yang terutama mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak.

Dalam sebuah study berjudul A Prospective Study of Dairy Foods Intake and Anovulatory Infertility, terdapat beberapa produk susu rendah lemak yaitu susu skim atau rendah lemak, yogurt, dan keju cottage. Produk lemak penuh atau full fat dairy yaitu termasuk susu murni, es krim, keju krim, dan keju lainnya

Bagaimana cara memakannya:

Jika Moms sudah terbiasa mengonsumsi produk susu, cara termudah untuk memasukkan produk susu full gat dairy ke dalam makanan Moms adalah dengan beralih ke produk full fat. Moms harus mengganti susu skim dengan susu murni dan yoghurt rendah lemak dengan yoghurt full fat. 

Menyajikan es krim full fat sesekali juga bisa menjadi camilan yang enak. Pastikan untuk memperhitungkan kalori ekstra atau jika Moms ingin makan es krim, batasi diri dengan satu hingga dua porsi per minggu.

Baca Juga: Benarkah Susu Persiapan Kehamilan Bikin Cepat Hamil?

5. Tiram

tiram

Foto: olivemagazine.com

Tiram muncul di hampir setiap daftar makanan yang bertujuan menyuburkan kandungan. Tiram dikemas dengan nutrisi penambah kesuburan., dimana nilai konsumsi satu porsi berisi tiram mentah hanya mengandung 139 kalori, tetapi semua vitamin dan mineral penting untuk reproduksi seperti:

  • 408 persen dari nolai kebutuhan vitamin B12 harian yang direkomendasikan
  • 188 persen dari nilai kebutuhan vitamin harian yang direkomendasikan
  • 187 persen dari nilai keburuhan selenium harian yang direkomendasikan
  • 43 persen dari nilai kebutuhan zat besi harian yang direkomendasikan.

Bagaimana cara memakannya:

Banyak orang merasa terintimidasi oleh persiapan tiram, tetapi Moms tidak perlu melakukannya terlalu jauh. Moms bisa menyiapkan dan menyajikan hidangan ini di rumah. Pilihan paling sehat adalah mentah, tetapi jangan khawatir karena Moms juga bisa menikmatinya dengan dipanggang.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 3 Jenis Makanan yang Dapat Mengancam Kesuburan

Cara Menyuburkan Kandungan Dengan Merubah Gaya Hidup

kehamilan

Foto: parenting.firstcry.com

Selain makanan, gaya hidup juga harus mulai diubah agar proses menyuburkan kandungan secara natural bisa tetap dilakukan. Jangan heran, karena cara menyuburkan kandungan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor yang berbeda, termasuk usia, gaya hidup, dan biologi. 

6. Pijat Refleksi

Stres dapat berdampak besar pada kesuburan, jadi teknik relaksasi apa pun, seperti pijat refleksi, dapat membantu menenangkan Moms dan meningkatkan peluang pembuahan. Pijat refleksi didasarkan pada gagasan bahwa area tertentu di tangan dan kaki Moms terhubung ke berbagai organ di tubuh dan dengan memberi tekanan pada titik-titik ini, maka hal tersebut merangsang aliran energi ke organ-organ terkait atau secara tidak langsung membantu menyuburkan kandungan.

Praktisi pijat refleksi, Jane Holt, mengatakan bahwa memijat area tertentu di kaki seseorang dapat membantu mengatur siklus menstruasi. “Tidak hanya itu, pijat refleksi juga meningkatkan ovulasi, dan meningkatkan relaksasi,” ujarnya seperti dikutip dari Good to Know.

7. Hindari Alkohol

stop alkohol

Foto: recoveringchampions.com

Ini mungkin membosankan, tetapi jika Moms serius ingin memiliki bayi, inilah saatnya untuk menghentikan konsumsi alkohol yang biasa Moms lakukan demi menyuburkan kandungan. Untuk memberi diri Moms kesempatan terbaik agar hamil, maka Moms harus memiliki tubuh kondisi terbaik, yang berarti tanpa alkohol.

Moms harus melakukannya saat hamil, jadi mulai sekarang adalah latihan yang baik! Mengurangi asupan alkohol hingga kurang dari empat minuman seminggu dapat meningkatkan peluang kehamilan hingga hampir seperlima, menurut penelitian oleh klinik kesuburan online Apricity.

Selain itu, ada bukti bagus bahwa benar-brnar menghentikan alkohol akan meningkatkan peluang Hamil yang lebih besar. Perlu Moms ingat bahwa bahkan sedikit asupan alkohol juga memengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pria.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Alkohol Turunkan Kualitas Sperma!

8. Atur Berat Badan

Periksa berat badan Moms sebelum mencoba hamil. Wanita yang kekurangan berat badan mengalami kesulitan untuk hamil karena menstruasi mereka mungkin macet

Namun, hal yang sama berlaku untuk wanita yang kelebihan berat badan, karena hal ini dapat mencegah ovulasi. Bicaralah dengan dokter untuk mendapatkan nasihat tentang cara-cara sehat untuk menurunkan atau menambah berat badan sehingga Moms bisa mulai berbagai cara dalam menyuburkan kandungan.

9. Olahraga

olahraga kehamilan

Foto: parents.com

Stres dapat memengaruhi kesuburan dan upaya untuk hamil bisa sangat membuat stres. Cobalah untuk mengurangi kecemasan dengan berolahraga, atau mencoba meditasi atau yoga. Ini juga baik untuk menyuburkan kandungan Moms.

Olahraga membantu meningkatkan endorfin untuk membuat Moms merasa bahagia, mengurangi berat badan berlebih, meningkatkan fungsi jantung, dan menurunkan kolesterol. Usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari, selama lima hari seminggu.

Sebuah studi four hours vigorous exercise a week baru baru-baru ini mengemukakan bahwa olahraga berat empat jam seminggu dapat meningkatkan peluang Moms untuk hamil.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

10. Ganti Putih Jadi Coklat

Ganti sebanyak mungkin makanan olahan putih menjadi makanan utuh berwarna cokelat. Artinya ganti nasi putih dan roti biasa menjadi nasi merah, roti gandum, dan pasta gandum.

Tidak hanya lebih baik dalam menjaga kadar gula darah stabil, makanan dari gandum biasanya mengandung lebih banyak serat dan seng. Kekurangan seng telah terbukti memengaruhi kualitas sperma, ini penting untuk dietnya dan juga untuk Moms jika ingin membantu meningkatkan peluang pembuahan.

Jadi itulah beberapa cara menyuburkan kandungan agar peluang hamil dapat meningkat sesuai harapan Moms dan pasangan. Pastikan menjaga asupan makanan dan juga ubah gaya hidup dari hal-hal paling sederhana setiap harinya. 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait