Scroll untuk melanjutkan membaca

PROGRAM HAMIL
24 Maret 2022

Catat! Ini 9 Makanan untuk Kesuburan yang Dapat Dikonsumsi Selama Promil

Makanan sehat tidak hanya membuat fit, tapi juga meningkatkan kesuburan
Catat! Ini 9 Makanan untuk Kesuburan yang Dapat Dikonsumsi Selama Promil

Memiliki momongan adalah dambaan setiap pasangan muda yang baru saja menikah. Upaya program hamil pasti dilakukan, salah satunya mengonsumsi makanan untuk kesuburan.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa makanan untuk kesuburan yang dapat meningkatkan peluang kehamilan, lho Moms.

Ini karena makanan sehat tidak hanya mampu menjaga tubuh tetap fit, tetapi juga dapat meningkatkan kesuburan.

dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah menjelaskan beberapa jenis makanan untuk kesuburan.

Sehingga bagi Moms yang tengah menjalankan program kehamilan mungkin dapat mengonsumsi beberapa makanan ini untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Yuk, Moms simak beberapa makanan untuk kesuburan yang baik untuk program kehamilan!

Baca Juga: 13 Cara KB Alami untuk Cegah Kehamilan

Rekomendasi Makanan untuk Kesuburan Selama Program Hamil

zat besi untuk program hamil.jpg

Foto: zat besi untuk program hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meksipun tidak ada aturan dan pantangan terhadap makanan yang dikonsumsi selama program kehamilan, Moms perlu memperhatikan jenis makanannya, lho.

dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER mengatakan bahwa jenis makanan untuk kesuburan adalah makanan sehat yang penuh akan nutrisi.

"Jenis makanan yang baik untuk kesuburan, Makanan yang mengandung vitamin, karbohidrat kompleks, protein, mineral, dan kaya antioksidan," jelas dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER.

Meskipun tidak ada makanan khusus atau diet kesuburan yang dapat meningkatkan peluang untuk hamil, beberapa makanan dinyatakan bermanfaat untuk kesuburan.

Tetapi selama menjalankan program kehamilan, Moms tetap perlu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, ya.

Ini karena terdapat beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama program kehamilan.

"Jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang tinggi lemak trans, dan mengandung glukosa tinggi," tambah dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER.

Baca Juga: Moms Hamil 3 Bulan? Cari Tahu Gejala hingga Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi

Yuk, Moms simak makanan untuk kesuburan, seperti:

1. Biji Bunga Matahari

sunflower-seeds-1200x628-facebook-1200x628.jpg

Foto: sunflower-seeds-1200x628-facebook-1200x628.jpg (healthline.com)

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai informasi ternyata biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan vitamin E.

Nutrisi ini cukup penting yang terbukti meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma pada beberapa orang.

Selain itu, biji bunga matahari penuh dengan folat dan selenium, yang penting untuk kesuburan pria dan wanita.

1 Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang baik dan mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3.2

Untuk cara memakannya, Moms dapat menjadikan biji bunga matahari sebagai camilan atau memasukkannya ke dalam makanan favorit, seperti salad.

2. Buah Citrus

jeruk.jpg

Foto: jeruk.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Deretan buah citrus seperti buah jeruk dan jeruk bali merupakan beberapa sumber vitamin C terbaik.

Kemudian, jeruk bali dan jeruk mengandung poliamina putresin, yang kerap dikaitkan dengan potensi untuk meningkatkan kesehatan telur dan air mani

Moms dapat menikmati irisan jeruk atau coba masukkan jus jeruk ke dalam smoothie.

3. Susu Tinggi Lemak

5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak, Tinggi Kalsium tapi Rendah Kalori!

Foto: 5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak, Tinggi Kalsium tapi Rendah Kalori!

Foto: Orami Photo Stock

Susu tinggi lemak adalah pilihan tepat untuk kesuburan dan kehamilan bagi Moms yang ingin menjalankan program hamil.

Ini karena susu yang kaya akan lemak jenuh, sangat bermanfaat untuk kesuburan. Selain itu, susu ini merupakan sumber vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, E, D, K, dan K2.

Mungkin Moms bisa memilih susu murni, yogurt tinggi lemak atau es krim sebagai suguhan camilan saat menjalankan program kehamilan.

4. Kacang-kacangan

kacang

Foto: kacang

Foto: Orami Photo Stock

Kacang-kacangan adalah sumber serat dan folat yang sangat baik.

Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat.

Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi lebih sehat.

Baca Juga: Adakah Makanan untuk Cegah Mual Muntah Saat Hamil?

5. Kerang Tiram

Resep Kerang Saus Tiram-2.jpg

Foto: Resep Kerang Saus Tiram-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kerang tiram merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, lho Moms.

Ini karena kerang tiram memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan. Beberapa vitamin dan mineral penting yang dimiliki kerang tiram, mulai dari:

6. Kacang Kenari

7 Manfaat Kacang Kenari -3.jpg

Foto: 7 Manfaat Kacang Kenari -3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Kadningan ini adalah kandungan yang kini dipertimbangkan dapat membantu meningkatkan kesuburan selama program kehamilan.

Moms dapat mengonsumsi segenggam kecil kacang kenari sebagai camilan sore yang enak.

Atau Moms juga bisa mencoba menambahkan kenari ke salad ayam, oatmeal, atau bahkan sedikit es krim untuk mendapatkan rasa renyah yang bergizi.

7. Kuning Telur

olahan-telur-rebus.jpg

Foto: olahan-telur-rebus.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kuning telur memasok hampir semua zat besi, kalsium, zinc, vitamin B6, folat, dan vitamin B12.

Selain itu, kuning telur juga mengandung 100% vitamin A telur yang membuat kuning telur dapat meningkatkan kesuburan.

Kemudian, kuning telur juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang murah, yang juga terbukti baik untuk kesuburan pria dan wanita.

Moms dapat menikmati kuning telur dengan berbagai cara misalnya, orak-arik, rebus, atau goreng.

Baca Juga: 11 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Catat!

8. Salmon

Salmon

Foto: Salmon (Theroastedroot.net)

Foto: Orami Photo Stock

Salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pria dan wanita.

Selain itu, daging salmon juga merupakan sumber selenium dan vitamin D.

Selenium adalah vitamin penting untuk sperma yang sehat, dan kadar vitamin D juga sangat berhubungan dengan kesuburan pada pria dan wanita.

Faktanya, salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk nilai vitamin D yang direkomendasikan setiap hari.

Tetapi, Moms perlu berhati-hati dengan kadar merkuri pada ikan saat program hamil dan selama kehamilan.

9. Asparagus

Grill Asparagus

Foto: Grill Asparagus (cookpad/clay_rine)

Foto: Orami Photo Stock

Asparagus adalah makanan super yang kaya nutrisi. Mereka terkenal rendah kalori, tetapi berhasil membuat kenyang dan memberi nutrisi penting untuk kesuburan.

Dalam 1 porsi cangkir, Moms akan mendapatkan nilai harian penuh vitamin K dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Moms dapat menikmati asparagus sebagai sayuran atau ditambahkan ke resep seperti tumisan.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan untuk kesuburan yang bisa Moms konsumsi selama program hamil.

Moms bisa memilih sesuai selera dan mengonsumsinya secara teratur, atau mengonsumsi ragam makanan tersebut secara bergantian.

Tetapi, Moms disarankan untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, agar dapat meningkatkan kesuburan Moms.

  • https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
  • https://www.laurelfertility.com/foods-to-eat-increase-fertility/