Bayi

2 Maret 2020

4 Cara Mudah Memberikan Obat pada Bayi, Intip Yuk!

Ikuti cara memberikan obat pada bayi ini, mudah kok!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat bayi sakit dan mulai rewel, Moms pasti akan merasa kewalahan. Karena merasakan ketidaknyamanan pada badannya, Si Kecil pasti akan menolak makan, menyusui, bahkan menolak obat yang akan diberikan.

Bayi yang menangis yang terus menerus mungkin akan membuat Moms stres, tetapi Moms juga tahu bahwa Si Kecil tidak enak badan dan ingin dia juga segera lebih baik secepat mungkin.

Bayi mungkin akan menolak pemberian obat dari Moms atau memuntahkannya, dan Moms bertanya-tanya bagaimana cara memberikan obat pada bayi tanpa drama.

Menurut sebuah survei oleh American Academy of Pediatrics (AAP), sekitar 25 persen dokter anak melaporkan bahwa pasien mereka sering gagal minum obat sesuai resep. Alasan utama adalah ketidakpatuhan, termasuk terlalu banyak dosis dan rasa tidak enak.

Baca Juga: Cara Sukses Meminumkan Obat pada Bayi

Cara Memberikan Obat kepada Bayi

Jika begitu, Moms dapat mencoba mengikuti cara memberikan obat pada bayi ini agar Si Kecil dapat dapat meminum obatnya dengan baik dan segera sembuh.

1. Ikuti Instruksi dengan Benar

Intip Ini Cara Mudah Memberikan Obat pada Bayi -1.jpg

Foto: Shutterstock.com

Sebelum memberikan obat apa pun, penting untuk mengetahui semua hal terkait dengan obat yang akan diberikan. Seperti frekuensi pemberian, waktu pemberian, dosis, bentuk obat, dan lain sebagainya.

Ini dibutuhkan agar Moms mendapat informasi lengkap dan tidak bingung saat memberikan obat.

Bagaimanapun, obat-obatan adalah bahan kimia yang mungkin memiliki efek samping. Bicaralah dengan dokter dan tetap waspada untuk efek samping yang bisa menjadi serius. Jika demikian, mintalah obat alternatif lain kepada dokter.

Penyimpanan obat juga penting. Pastikan Moms menyimpannya di kotak khusus yang terletak di tempat yang sejuk dan kering. Menurut Familydoctor.org, hal tersebut bertujuan untuk mencegah khasiat obat berubah menjadi kurang efektif sebelum tanggal kedaluwarsa. Juga, agar bayi tidak memainkannya.

2. Menyemprotkan Obat

Intip Ini Cara Mudah Memberikan Obat pada Bayi -2.jpg

Foto: Istockphoto.com

Biasanya, obat yang diberikan untuk bayi berbentuk sirup agar memudahkan pemberiannya. Namun ternyata itu saja tidak cukup, karena biasanya bayi belum terbiasa dengan sendok obat.

Cara mudah memberikan obat untuk bayi dengan menggunakan jarum suntik oral. Dengan menggunakannya, Moms memiliki lebih banyak kontrol daripada obat yang diteteskan menggunakan pipet.

"Arahkan jarum suntik ke bagian dalam pipi, bukan bagian belakang mulut karena dapat menyebabkan tersedak dan batuk. Anda tidak perlu memberikan seluruh dosis dalam satu suntikan. Cobalah setengah pada satu dahulu, berikan sisanya kemudian,” ujar kata John B. Roth, MD, seorang profesor klinis pediatri di University of Louisville di Kentucky.

Baca Juga: 8 Obat Diare Alami untuk Bayi, Mudah Ditemukan!

3. Gunakan Pipet

Intip Ini Cara Mudah Memberikan Obat pada Bayi -3.jpg

Foto: Gettyimages.com

Cara memberikan obat untuk bayi selanjutnya adalah dengan mengisi pipet dengan dosis yang ditentukan dan minta bayi mengisapnya seperti dot, kemudian berikan air setelah bayi menghabiskan obatnya.

Saat memberikan obat, jangan lupa untuk membuatnya duduk tegak seperti meletakannya di kursi tinggi atau kursi makannya.

Jika masi ada penolakan dari Si Kecil, cobalah untuk membedongnya menggunakan selimut tipis untuk menjaga agar tangannya tidak memukul obat. Cobalah untuk meniup wajahnya setelah memberinya obat, karena akan yang mendorong Si Kecil untuk menelan obatnya karena refleks.

4. Sembunyikan dalam Makanan atau Minuman

Intip Ini Cara Mudah Memberikan Obat pada Bayi -4.jpg

Foto: Shutterstock.com

Berikan obat pada bayi dengan cara mencampurkannya dengan makanan lain. Ini bisa membuatnya tidak merasa sedang meminum obat, dan obat akan bereaksi dengan seharusnya.

Namun, jangan gunakan trik ini untuk bayi di bawah 6 bulan dan hindari madu karena dapat menyebabkan keracunan botulisme pada anak-anak di bawah usia 1.

Jangan lupa untuk menanyakan kepada dokter atau apoteker tentang mencampurkan obat dengan makanan. Jika boleh, Moms bisa mencampurkannya dengan saus apel, puding, gelatin, jus, dan susu.

“Kunci dari cara ini adalah dengan hanya menggunakan sejumlah kecil makanan, misalnya sesendok makanan karena bayi harus makan atau minum semua obatnya,” jelas Jhon.

Baca Juga: 4 Tips Mengobati Tifus pada Bayi

Nah, itulah beberapa cara memberikan obat kepada bayi. Bayi akan memberikan respons berbeda saat Moms memberikan obat pada bayi. Jadi, bersiplah untuk segala kemungkinan, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait