2-3 tahun

2-3 TAHUN
10 Maret 2020

Cegah Asbestosis, Begini Cara Melindungi Balita dari Paparan Serat Asbes

Coba lakukan ini untuk mencegah balita terkena paparan serat asbes
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang tua perlu tahu cara mencegah asbetosis pada balita sejak sedini mungkin, untuk melindungi kesehatan dan kualitas hidup Si Kecil di masa depan.

Asbestosis adalah penyakit paru-paru kronis akibat paparan asbestos atau serat asbes dalam jangka panjang.

Namun, gejala asbestosis sendiri biasanya baru muncul dalam kurun waktu 10-40 tahun setelah serat asbes masuk ke dalam paru-paru.

Stasiun berita BBC sempat meliput laporan lembaga pemerintah Inggris bahwa balita yang terpapar serat asbes memiliki risiko 5 kali lebih besar terkena kanker mesothelioma di masa depan.

Karena itulah, usia balita menjadi waktu terbaik untuk mulai melindungi Si Kecil dari paparan serat asbes yang berbahaya.

Baca Juga: Bahaya Asbestosis Pada Balita, Cari Tahu Faktanya di Sini!

Mencegah Asbestosis pada Anak

Yuk Moms, simak dulu berbagai hal yang bisa dilakukan untuk melindungi Si Kecil dari bahaya asbestosis di masa depan.

1. Bersihkan Rumah dari Asbes

Cegah Asbestosis, Begini Cara Melindungi Balita Dari Paparan Serat Asbes 1.jpg

Foto: freepik.com

Dalam keadaan utuh asbes memang tidak berbahaya, tapi setelah rusak atau aus bisa melepaskan serat asbes yang bersifat karsinogenik ke udara sehingga terhirup dan masuk ke dalam paru-paru.

Cara mencegah asbestosis pada balita bisa dimulai dengan memastikan rumah yang balita tinggali bebas dari asbes.

Jika di rumah masih menggunakan atap asbes, segera ganti dengan bahan lain yang lebih aman dan ramah anak seperti aluminium atau baja ringan.

Selain itu, cek secara berkala kondisi produk rumah tangga yang kemungkinan mengandung asbes seperti pipa, pemanas air, panel listrik, lantai vinyl, juga kampas rem dan kampas kopling. Segera ganti bila sudah mulai terlihat usang ya, Moms.

2. Teliti Membeli Produk Balita

Cegah Asbestosis, Begini Cara Melindungi Balita Dari Paparan Serat Asbes 2.jpg

Foto: freepik.com

Seperti dikutip dari asbestos.com, beberapa tahun silam U.S. Food and Drugs Administration menemukan adanya kontaminasi asbestos pada beberapa produk yang ditujukan untuk anak dan balita seperti krayon dan makeup mainan.

Meski kandungannya terbilang sangat sedikit, pastikan produk yang akan digunakan oleh buah hati bebas dari asbestos atau pilih produk yang ramah lingkungan.

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik untuk Balita Penderita Pneumonia

3. Jauhkan dari Bangunan Lama

Cegah Asbestosis, Begini Cara Melindungi Balita Dari Paparan Serat Asbes 3.jpg

Foto: freepik.com

Cara mencegah asbestosis pada balita juga bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas di sekitar bangunan lama yang sedang direnovasi atau tampak masih menggunakan atap asbes usang.

Selain itu, Moms juga bisa berkunjung ke preschool atau taman bermain yang akan didatangi balita untuk memastikan lingkungannya sudah bebas asbes.

4. Hindari Paparan Tidak Langsung

Cegah Asbestosis, Begini Cara Melindungi Balita Dari Paparan Serat Asbes 4.jpg

Foto: freepik.com

Dari sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health diketahui kalau balita juga bisa terkena paparan asbestos secara tidak langsung, terutama dari interaksi dengan pekerja dari industri yang mengunakan asbes sebagai salah satu bahannya.

Jadi jika Moms dan Dads bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan asbestos, pastikan untuk mandi, ganti baju, dan membersihkan diri sebelum pulang ke rumah dan bertemu dengan buah hati kesayangan.

Baca Juga: 4 Tipe ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) pada Anak Yang Wajib Moms Tahu

Selain berbagai cara di atas, cara mencegah asbestosis pada balita yang tidak kalah penting adalah aktif mengedukasi buah hati dan orang terdekat tentang bahaya penggunaan produk asbes.

Dengan begitu, diharapkan tumbuh kesadaran untuk tidak lagi menggunakan asbes sehingga lingkungan balita pun jadi lebih sehat.

Bagaimana Moms, apakah rumah dan lingkungan balita sudah bebas asbes?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait