Parenting Islami

23 Maret 2021

Panjatkan Doa Menyambut Ramadan Ini Sebagai Persiapan Diri

Intip doa menyambut ramadhan agar dapat menjalaninya dengan cara terbaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Memasuki bulan Ramadan, yuk Moms panjatkan doa menyambut Ramadan berikut ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, penuh berkah dan menjadi bulan yang mendidik diri untuk mencapai derajat yang paling mulia yakni ketakwaan.

Sebelum mendapatkan beragam pahala yang menanti, ada baiknya bagi umat Muslim membacakan doa menyambut Ramadhan.

Sebab, salah satu rukun Islam ini termasuk kepada amalan yang wajib dilakukan. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS Al-Baqarah: 183).

Ayat tersebut menerangkan bahwa target ibadah puasa adalah meningkatkan kualitas ketakwaan. Umat Islam dituntut tidak hanya meninggalkan makan dan minum saja, tetapi juga dapat mengendalikan nafsu dan juga meningkatkan keimanan.

Baca Juga: Mengantuk Saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya

Persiapan Menyambut Ramadan

doa menyambut Ramadan-1

Foto: Orami Photo Stock

Meski banyak amalan yang akan diganjar dengan pahala yang berlipat, predikat takwa tidak mudah diperoleh. Ketakwaan baru akan diperoleh jika dilaksanakan sesuai dengan apa yang sudah disyariatkan dalam Alquran dan hadis.

Untuk itu, diperlukan persiapan yang baik saat menyambut bulan Ramadhan, seperti:

1. Persiapan Ilmu

Menurut Persatuan Islam (Persis) persiapan ilmu ini meliputi dua hal, yaitu:

  • Mempunyai pemahaman yang utuh tentang Ramadhan dan keutamaan bulan Ramadhan.
  • Memanfaatkan dan mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang secara logis dan konkrit mengantarkan seseorang mencapai ketakwaan yang diharapkan.

2. Menjaga Hati

Mengkondisikan hati agar senantiasa ada dalam keimanan dan keikhlasan untuk mencapai keridaan Allah SWT akan membuat nuansa Ramadhan lebih kondusif untuk beribadah.

Menjaga hati dari hal-hal yang akan merusak nilai puasa tentunya akan lebih membuat pahala puasa berkualitas.

Mengenai kondisi hati ini sesuai dengan sebuah hadis.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang shaum Ramadan atas dorongan iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu,” (HR Bukhari).

3. Menjaga Lisan

Berusaha untuk menjaga lisan dari ucapan dusta dan ucapan yang tidak berguna juga dibutuhkan. Hal ini karena kemabruran puasa salah satunya akan terjadi jika seseorang menjaga perkataannya.

Selain itu, terjaganya lisan bisa dianggap sebagai sebagai cerminan hatinya.

Penjelasan tentang hal ini juga datar berdasarkan sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta dan mengerjakannya, maka Allah tidak membutuhkan, meninggalkan makanan dan minuman darinya,” (HR Muslim).

4. Kepekaan Sosial

Menumbuhkan perasaan empati untuk senantiasa merasakan kondisi orang lain dan juga dapat berbagi kepada sesama seperti berupa infak dan sedekah bisa menjadi langkah awal yang baik salam menyambut bulan Ramadhan.

Membiasakan diri melakukan amalan shalih diharapkan berlanjut selama dan setelah Ramadhan.

Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya,” (QS Ali Imran: 92)

Baca Juga: Tepatkah Mendidik Anak Berpuasa dengan Memberikan Hadiah?

Doa Menyambut Ramadan

Doa Menyambut Ramadhan -2

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu tanda keimanan dari seorang mukmin adalah bergembira akan datangnya bulan Ramadhan, seperti menyambut tamu agung yang telah dinantikan. Mempersiapkan segalanya dengan baik tentu akan membahagiakan tamu tersebut.

Ini juga bisa menutupi kekhawatiran jika seseorang tidak dapat lagi bertemu dengan bulan Ramadhan selanjutnya dengan melakukan banyak amalan shaleh sejak menyambut, selama dan hingga selesai Ramadhan tersebut.

Jika seseorang merasa biasa-biasa saja dan tidak merasa ada yang istimewa, bisa jadi ia luput dari kebaikan sebab tidak merasa bergembira dengan karunia Allah.

Kegembiraan tersebut karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadhan. Sehingga, ketika menjalani ibadah dan berdoa akan terasa lebih khusyuk.

“Bagaimana tidak gembira? Seorang mukmin diberi kabar dengan terbukanya pintu-pintu surga, tertutupnya pintu pintu neraka, syetan dibelenggu. Dari sisi manakah ada yang menyamai waktu Ramadhan ini?” (Latha’if Al-Maarif Hal. 148).

Setelah menjalankan beberapa persiapan, doa menyambut Ramadan akan memperkuat segala hal yang telah dilakukan tersebut. Meski begitu, masih ada beberapa perbedaan terkait dengan doa menyambut Ramadan karena alasan tertentu.

Sebenarnya, tidak ada doa menyambut Ramadan yang khusus diajarkan oleh Rasulullah SAW maupun para sahabat. Hanya saja, para sahabat dan para ulama generasi setelahnya, menyambut bulan ramadhan ini dengan penuh kegembiraan dan suka cita.

Mereka ungkapkan kegembiraan ini dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan. Dan hal ini yang menjadi landasan dari doa menyambut Ramadhan yang hingga kini dilakukan oleh umat muslim.

Satu harapan yang luar biasa. Karena mereka menilai, Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa sehingga mereka tidak akan menjadikannya kesempatan yang sia-sia. Doa menyambut Ramadan tersebut di antaranya:

Doa Menyambut Ramadan Pertama

Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat para sahabat dan ulama dalam menyambut ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl, seorang ulama tabi’ tabiin yang mengatakan:

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Doa Menyambut Ramadan Kedua

Al-Hafidz Ibnu Rajab kembali menyebutkan salah satu contoh doa menyambut Ramadan yang pernah dipanjatkan.

Salah satu doa dan harapan ini seperti yang pernah diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir, seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan:

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Doa Menyambut Ramadan Ketiga

Ada juga doa lain yang bukan hanya sebagai doa menyambut Ramadhan tapi berlaku tiap melihat awal bulan. Sebab, doa ini diucapkan ketika seseorang melihat. Doa tersebut yakni: “Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam,

dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah,” (HR Ahmad no 888, Ad-Darimi no 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171)..

Doa Menyambut Ramadan Keempat

Doa menyambut Ramadan ini dapat kita terapkan pula. Sebagai hamba Allah yang mengharap keberkahan, dilakukan sungguh sungguh, serta apapun hasilnya diterima dengan ikhlas.

Sebab keutamaan ikhlas dalam Islam akan mendapatkan ridho dari Allah.

Doa ini terdapat pada hadist tersebut juga merupakan doa menyambut bulan ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat, yakni:

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan” (HR Ahmad No 2346).

Baca Juga: Bingung Memberi Nama Bayi Laki-Laki yang Lahir di Bulan Ramadan? Berikut Pilihannya!

Doa Menyambut Ramadan Kelima

Inti dari doa menyambut Ramadhan yang dilakukan pada jaman dahulu oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya ialah doa memohon keimanan yang kuat.

Sebagai manusia yang lemah, Allah SWT-lah yang maha membolak balikkan hati manusia.

“Ya Allah, berilah aku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit, dan kebolehan untuk menunaikan shalat, puasa, menghidupkan malamnya dam membaca Al Qur’an. Ya Allah, berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa dosa ku,”.

Doa Menyambut Ramadan Keenam

Doa menyambut Ramadan ini juga bisa Moms panjatkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kebaikan yang telah dirasakan.

“Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata yang sudah membuat daku dan engkau, dan sudah menetapkan kedudukanmu juga sudah menjadikanmu (bulan Ramadhan) juga sebagai di saat manusia untuk beramal.

Ya Allah, anugrahkanlah padaku sebuah anugrah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, bantuan, dan kesuksesan memperoleh apa-apa yang Kau cintai dan ridhoi,” (HR Muslim).

Doa Menyambut Ramadan Ketujuh

Doa menyambut Ramadan selanjutnya adalah dari Surat Yunus sebagai berikut:

“Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, bersama karunia Allah dan rahmat Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan Rahmat Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan dari harta benda,” (QS Yunus: 58).

Penjelasan dari firman Allah SWT tersebut ialah pada bulan Ramadhan rahmat dan karunia Allah bertebaran untuk setiap hamba-Nya, umat Islam sudah selayaknya menyambut dengan memperbanyak doa kepada Allah agar dapat bertemu bulan yang paling mulia tersebut.

Doa Menyambut Ramadan Kedelapan

Saat memasuki bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan tentang kewajiban untuk berpuasa. Allah SWT berfirman tentang kewajiban tersebut agar manusia memiliki persiapan. Allah SWT berfirman:

“Barang siapa diantara kamu hadir di bulan Ramadhan itu, wajib baginya puasa” (Al Baqarah: 7).

Doa menyambut Ramadan dengan membaca firman Allah SWT tersebut mengingatkan setiap umat musli agar melakukan persiapan dengan meningkatkan kualitas diri serta memperbanyak doa.

Doa mewujudkan kerinduan akan datangnya bulan Ramadhan, permohonan dan bentuk ketawakkalan kepada-Nya.

Baca Juga: Yuk Moms Bersihkan Rumah Sebelum Berpuasa, Bikin Ibadah Jadi Lebih Nyaman

Manfaat Doa Menyambut Bulan Ramadhan

doa menyambut Ramadan-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui ragam doa menyambut Ramadan. Tahukah Moms bahwa ada juga manfaat dari puasa? Salah satu manfaat puasa ini dicatat oleh Journal of Community Medicine and Health Education.

Dalam penelitian itu, salah satu keuntungan terbesar dari puasa adalah bahwa ketaatannya yang sejati menanamkan dalam diri seseorang kebiasaan untuk mengatakan kebenaran.

Hal itu adalah satu dari sekian banyak amalan shaleh yang bisa dilakukan selama Ramadhan.

Membacakan doa menyambut Ramadan pun merupakan bagian dari amalan shaleh, dan Allah SWT akan membuka hati dan menerima amal kebaikan seseorang pada bulan puasa bergantung pada hati orang tersebut.

Orang yang merasa biasa saja dalam menyambut Ramadhan dan tidak melakukan persiapan apapun bahkan merasa bulan Ramadhan sama seperti bulan-bulan lainnya dapat termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sombong.

Sebab, tidak ada orang yang bisa memastikan sampai kapan umurnya akan habis.

Oleh karena itu, jika orang tersebut tidak memanfaatkan waktunya dengan mempersipkan Ramadhan yang akan datang, maka dia tidak bisa dipastikan akan kembali merasakan Ramadhan kembali.

Manfaat lain yaitu seseorang akan lebih menjadi sadar untuk memperbaiki diri, sehingga pada bulan Ramadhan dapat menjalani ibadah dengan seikhlas mungkin dan menjadi orang yang lebih baik lagi dari sisi akhlak setelah bulan Ramadhan berakhir.

Dengan memanjatkan doa menyambut Ramadan dengan segenap persiapannya, diharapkan menjadi salah satu langkah awal yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam meraih berbagai keutamaan di dalamnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait