Parenting Islami

16 Juni 2021

5 Doa setelah Adzan dan Maknanya, Insya Allah Dilimpahkan Berkah dan Pahala, Yuk Amalkan!

Membaca doa setelah adzan merupakan hal yang disunnahkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Doa setelah adzan adalah salah satu bentu bakti umat Muslim kepada Allah SWT. Adzan sendiri adalah sebuah pertanda telah masuknya waktu solat sekaligus menjadi panggilan untuk melakukan solat berjamaah.

Sebelum membahas doa setelah adzan, tahukah Moms kalau ternyata ada banyak sekali pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT terkait dengan adzan.

Pahala tersebut bisa hadir bagi mereka yang melafalkannya ataupun yang mendengarkannya. Seperti ketika muadzin melafalkan adzan, yang mendengar pun disunnahkan untuk menjawab adzan yang tengah dikumandangkan.

Hal yang menjadi sunnah terkait adzan dan iqamah sendiri adalah beberapa amalan serta doa setelah adzan. Jadi, apa saja yang perlu diketahui mengenai amalan dan doa setelah adzan? Ini dia!

Baca Juga: Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa dan Maknanya pada Si Kecil, Intip di Sini!

1. Doa setelah Adzan

doa setelah azan

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Islam NU, dalam kitab Asna Al-Mathalib karya Imam Zakaria Al-Anshari, Juz II hal. 456 disebutkan bahwa setelah adzan selesai, disunnahkan bagi muadzin dan yang mendengar untuk membaca shalawat. Doa setelah adzan yang paling pertama adalah membaca shalawat Ibrahimmiyah.

Bunyi shalawat Ibrahimiyyah adalah;

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaiman Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”

Nah setelah membaca shalawat Ibrahimiyya, Moms dan Dads juga bisa membaca doa setelah adzan yang ini;

Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.”

Baca Juga: Ini Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan

2. Doa setelah Adzan Maghrib

doa setelah azan

Foto: Orami Photo Stock

Sunnahnya tidak sampai sana, Moms. Doa setelah adzan pun bisa disambung dengan doa lainnya. Namun kali ini adalah doa yang dikhususkan setelah adzan maghrib.

Doa setelah adzan maghrib bisa dilantunkan untuk menambah pahala dengan menjalankan sunnah. Disebutkan dalam kita Jamiul Ahadits juz IV, hal. 250, disebutkan doa setelah adzan maghrib adalah;

Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah dosaku”

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Pengantin dan Maknanya, Hadiah Terindah untuk Mempelai

3. Doa setelah Adzan Subuh

doa setelah adzan

Foto: Orami Photo Stock

Berbeda dengan doa setelah adzan maghrib, doa setelah adzan subuh pun hadir secara khusus, Moms.

Doa setelah adzan subuh sendiri hadir dalam kirab Fathul Muin di halaman 280 yang berbunyi;

llahumma hadza iqbâlu nahârika wa idbâru lailika wa ashwâtu du’âika faghfir lî

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah dosaku”
Baca Juga: 5 Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Amalkan Yuk Moms!

4. Doa di Antara Adzan dan Iqamah

doa setelah adzan

Foto: Orami Photo Stock

Dengan membaca doa di antara adzan dan juga iqamah, Moms pun bisa menunaikan pahala.

Berikut doa yang bisa Moms lantunkan di antara adzan dan juga iqamah;

Allahumma innî as-alukal-‘âfiyah fid-dunya wal-âkhirah

Artinya: “Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat”

Nah setelah membaca doa setelah adzan dan juga iqamah, Moms bisa menyambungkan dengan membacakan ayat kursi agar bisa menunaikan sunnah terasa lebih lengkap atau afdal.

Bacaan ayat Kursi adalah;

Allâhu lâ Ilâha illa Huwal hayyul qayyumu. Lâ ta'khudzuhû sinatuw wa lâ naûm. laHû mâ fissamâwâti wa mâ fil ardhi. man dzal ladzii yasfa'u 'indahû illâ bi idznihi. ya'lamu mâ baina aidiihim wa mâ khalfahum. wa lâ yuhithûna bi syai-in min 'ilmihii illâ bi mâsyâ-a. wasi'a kursiyyuhussamâwâti wal ardha. wa lâ ya-udhû hifzhuhumâ wahuwal 'aliyyul azhiim.

Artinya: “Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

5. Menjawab Adzan

doa setelah adzan

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui nih, Moms. Usai memahami doa setelah adzan, Moms juga perlu mengetahui bahwa kita disunnahkan untuk menjawab adzan ketika sedang dikumandangkan.

Dilansir dari laman Islam NU lainnya, jumhur ulama berpendapat bahwa menjawab adzan hukumnya sunnah berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Sayyidina Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi;

Rasulullah shallallahu a’aihi wa sallam bersabda: ‘Jika muadzin mengucapkan, 'Allâhu akbar Allâhu akbar’ lalu ada orang yang  menjawab ‘Allâhu akbar Allâhu akbar’,  kemudian muadzin mengucapkan, ‘Asyhadu allâ ilâha illallâh’, lalu orang itu menjawab, ‘Asyhadu allâ ilâha illallâh’, kemudian muadzin mengucapkan,  ‘Asyhadu anna Muhammadan rasûlullâh’, lalu orang itu menjawab, ‘Asyhadu anna Muhammadan rasûlullâh’.

Kemudian muadzin mengucapkan, ‘Hayya 'alash shalâh’, lalu orang itu menjawab,  ‘Lâ haula walâ quwwata illâ billâhi’, kemudian muadzin mengucapkan, ‘Hayya 'alal falâh’. Lalu orang itu menjawab: ‘Lâ haula walâ quwwata illâ billâhi’, kemudian muadzin mengucapkan, ‘Allâhu akbar Allâhu akbar’, lalu ada orang yang  menjawab, ‘Allâhu akbar Allâhu akbar’, kemudian muadzin mengucapkan, ‘Lâ ilâha illallâh’, lalu orang itu menjawab, ‘Lâ ilâha illallâh’ dari lubuk hatinya, maka orang tersebut akan masuk surga.” 

Nah, itu dia Moms mengenai sunnah doa setelah adzan dan juga bacaan yang perlu kita lantunkan ketika adzan berkumandang. Semoga ini bisa menjadi ilmu yang berguna untuk meningkatkan iman dan takwa kita terhadap Allah SWT. Aamiin.

  • https://islam.nu.or.id/post/read/81558/rangkaian-amalan-dan-doa-sesudah-adzan-dan-iqamah
  • https://islam.nu.or.id/post/read/121323/yang-umat-islam-ucapkan-ketika-mendengar-adzan
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait