Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
25 November 2022

10 Sifat Ekstrovert, Mudah Bosan Tapi Seru dan Bisa Dicurhati!

Yuk, kenali kerpibadian ekstrovert lebih dalam dengan mengetahui sifat-sifatnya
10 Sifat Ekstrovert, Mudah Bosan Tapi Seru dan Bisa Dicurhati!

Ekstrovert sering kali disebut sebagai titik kehidupan dari semua pesta.

Para ekstrovert biasanya menyukai hal-hal yang berbau outdoor dan akan bahagia ketika bertemu orang-orang di luar rumah.

Bisa dibilang para ekstrovert adalah kebalikannya introvert. Karena para introvert tidak terlalu tertarik dengan aktivitas sosial.

Meskipun mereka bisa keluar rumah dan bergaul, namun orang dengan kepribadian introvert butuh waktu lebih untuk kembali mendapatkan tenaganya.

Pada tahun 1960, seorang psikolog yang bernama Carl Jung mendeskribsikan intovert dan ekstrovert ketika mendisukasikan mengenai elemen personaliti.

Jung sendiri mengklasifikasikan 2 grup personality ini dari sumber energi yang mereka dapatkan. Jung berpendapat bahwa para ekstrovert akan mendapatkan energinya ketika berinteraksi dengan orang lain atau di tengah kerumunan.

Namun para introvert biasanya lebih suka dan membutuhkan waktu sendiri untuk mendapatkan energinya kembali. Para introvert biasanya pendiam dan tak bergitu ignin terlibat dengan orang lain.

Baca Juga: Mengenal Karakter Melankolis, Si Introvert yang Perfeksionis

Mengenal Ekstrovert Lebih Dalam

Ilustrasi Orang Sedang Berbincang

Foto: Ilustrasi Orang Sedang Berbincang (Orami Photo Stock)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ekstrovert memang seringkali disebut sebagai inti dari sebuah pesta karena sifat mereka yang sangat outgoing.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Personality Diversity: Extrovert and Introvert Temperaments penelitian ini menuliskan beberapa catatan mengenai kepribadian satu ini.

Dalam dunia kerja, ternyata ekstrovert memiliki keunggulannya sendiri lho, Moms! Mereka yang memiliki personaliti ini biasanya lebih cepat menyelesaikan tugas, dapat membuat keputusan dengan tepat dan bisa bekerja secara multitasking.

Pemilik jenis kepribadian ini pun lebih suka mengambil risiko dalam pekerjaannya.

Sementara itu dalam bersosialisasi, para ekstrovert biasanya lebih dominan dan menyukai keramaian. Mereka pun lebih familiar dengan konflik dan bisa menyelesaikannya dengan lebih tenang.

Baca Juga: Karakter ENTJ, Kepribadian Pemimpin yang Ambisius

Ciri-Ciri Orang dengan Kepribadian Ekstrovert

Penasaran dengan berbagai macam ciri-ciri ekstrovert? Yuk simak di sini!

1. Sangat Aktif Bersosial

Para Ibu Sedang Hangout

Foto: Para Ibu Sedang Hangout (Orami Photo Stock)

Ciri-ciri ektrovert yang pertama adalah sangat aktif bergaul.

Orang-orang dengan kepribadian ekstrovert memiliki tendensi untuk menjadi pusat perhatian. Hal tersebut dikarenakan mereka sangat menyukainya.

Para pemilik personaliti ini pun tidak takut untuk memperkenalkan diri mereka ke orang-orang baru. Mereka jarang menghindari situasi yang asing karena takut membuat canggung.

2. Tak Butuh Waktu Sendiri

Ciri-ciri ekstrovert yang kedua adalah tak butuh waktu sendirian. Ketika para introvert sangat membutuhkan waktu untuk sendiri demi mengembalikan energi, hal ini sangat bertolak belakang dengan para pemilik kepribadian ini.

Jika bisa, mereka ingin terus bersosialisasi dengan orang selama mungkin. Karena ketika mereka terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri, para pemilik kepribadian ini malah akan kehilangan energinya.

Jadi, jika Moms merasa tidak bersemangat karena tak memiliki banyak atau cukup waktu untuk ngobrol bersama dengan orang lain, Moms adalah seorang dengan kepribadian ekstrovert.

Baca Juga: Karakter Golongan Darah B, Mudah Bergaul dan Memiliki Empati yang Tinggi

3. Berkembang dengan Cara Bersosialisasi

Ciri-ciri selanjutnya adalah mereka bisa berkembang dengan cara berteman.

Percaya atau tidak, para ekstrovert malah bisa berkembang dengan berada di tengah banyak orang. Manusia dengan kerpibadian ini akan merasa sangat nyaman berada di kelompok dengan banyak orang.

Jadi, bukanlah sebuah hal yang mengherankan jika para pemilik kepribadian ini memiliki banyak teman dari berbagai jenis aktivitas ya, Moms.

Nah, karena mereka memiliki banyak sekali teman dari berbagai macam lingkungan, hal tersebut bisa membuat mereka belajar banyak hal dengan cara yang sangat mudah.

Orang-orang ini akan lebih mudah untuk masuk ke lingkungan satu dan lainnya dan menyesuaikan diri. Mudah menyesuaikan diri inilah yang membuat mereka bisa belajar banyak hal dari berbagai jenis kelompok yang jadi temannya.

Dilansir dari sebuah jurnal yang dirilis di American Psychologial Association, bersosialisasi bisa membuat orang dengan personaliti ini menjadi lebih cepat berkembang.

4. Berteman dengan Siapa Saja

Ekstrovert seakan membuat pertemanan terasa lebih mudah. Karena mereka sangat menikmati suasana di tengah keramaian, hal ini membuat mereka menjadi lebih menarik.

Mereka pun memiliki banyak sekali jaringan pertemanan dan juga kenalan dari berbagai macam kalangan.

Ketika memiliki ketertarikan baru, mereka pun bisa memperluas lingkaran pertemanan dengan mudahnya.

5. Lebih Mudah Bercerita tentang Permasalahan

Dua Wanita yang Sedang Curhat

Foto: Dua Wanita yang Sedang Curhat (Orami Photo Stock)

Para introvert cenderung lebih suka memendam masalahnya. Mereka pun terkadang sulit untuk memulai pembicaraan yang mendalam dengan orang yang belum dikenal secara baik.

Nah para ekstrovert melakukan sebaliknya. Mereka merasa tak masalah untuk membicarakan masalah yang ada dengan orang lain untuk berdiskusi dan mendapatkan jalan keluar.

Para pemilik kepribadian ini pun cenderung lebih mudah mengekspresikan diri mereka dan mengeluarkan pendapat soal pilihan.

Baca Juga: Kenali 10 Karakter Menantu Idaman yang Disayang Mertua

6. Optimis dan Seru

Biasanya para ekstrovert sering dideskripsikan sebagai pribadi yang bahagia, positf, ceria dan gampang bergaul.

Ketika mereka mengalami kesulitan atau masalah dalam hidup, mereka pun bisa dengan cepat bangkit dan juga menyelesaikan masalah yang ada.

7. Tidak Takut Ambil Risiko

Para ekstrovert biasanya malah suka untuk mengambil risiko dan juga menghadapi tantangan.

Beberapa teori mengatakan bahwa otak mereka akan merasa "lapar" dengan tantangan dan memberikan kebahagiaan yang lebih ketika bisa melewatinya dengan baik.

Sebuah studi yang berjudul Neurobiology of The Structure of Personality: Dopamine, Facilitation of Incentive Motivation, and Extraversion menemukan bahwa ekstrovert yang suka mengambil risiko dan sukses melewatinya akan mendapatkan dopamin dari otak. Dopamin adalah sebuah zat yang bisa membuat manusia merasa bahagia.

Ekstrovert sendiri mungkin suka untuk melewati tantangan karena ketika berhasil, otak mereka akan merilis dopamine yang membuat perasaan menjadi bahagia.

8. Fleksibel

Para ekstrovert lebih mudah beradaptasi di berbagai situasi dan sangatlah inovatif ketika permasalahan muncul.

Meski para ekstrovert biasanya mengatur segalanya dengan baik, namun tak semua pemilik kepribadian ini butuh rencana dalam segala aksinya atau ketika memulai proyek bau.

Ketika ingin berlibur, keputusan yang dibuat secara spontan pun bisa dilakukan.

9. Berjiwa Petualang

Orang dengan sifat ekstrovert memang memiliki kecenderungan untuk senang berkegiatan di luar rumah. Bahkan, mereka tidak masalah jika memiliki jadwal yang sangat padat, selama bisa menghabiskan waktu dengan banyak orang.

Orang dengan kepribadian extrovert memiliki jiwa petualang yang tinggi. Ia senang mencoba hal-hal baru yang belum diketahui sebelumnya.

10. Impulsif

Mereka dengan kepribadian ekstrovert memang cenderung memiliki sifat impulsif atau tidak membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan. Karenanya, tak jarang orang terkejut dengan keputusan yang diambilnya.

Meski begitu, sering kali mereka juga menyesali keputusan yang diambilnya. Hal ini dikarenankan membuat mereka tidak memikirkan secara hati-hati dan menyeluruh mengenai keputusan tersebut.

Bisa jadi, keputusan yang diambilnya hanyalah keinginan sesaat tanpa memikirkan dampak baik dan buruknya.

Baca Juga: 11 Ciri Introvert, Apakah Moms Termasuk?

Ekstrovert Mudah Merasa Bosan

Wanita di Pantai

Foto: Wanita di Pantai (Orami Photo Stock)

Sebuah catatan penting nih, Moms. Meski ekstrovert tidak terlalu suka untuk melakukan segala halnya sendiri, namun bukan berarti mereka tidak bisa sendirian ya.

Meski ekstrovert sangat mudah merasa bosan ketika harus menghabiskan waktunya seorang diri, namun hal tersebut bukan berarti ia harus bersama dengan orang lain setiap waktu.

Ternyata para ekstrovert pun butuh untuk meluangkan waktunya sendiri dan mengisi ulang semangat, motivasi dan menata isi hatinya, Moms.

Para ekstrovert biasanya sering mengisi waktu sendiri dengan bepergian ke tempat ramai atau liburan dan mencari hal-hal baru serta pertemanan baru yang bisa membuatnya lebih baik dan menata mood.

Nah, itu dia Moms sifat dan karakter ekstrovert. Kira-kira, apa Moms sendiri masuk di dalamnya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11301519/
  • https://psycnet.apa.org/record/1926-07832-001
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/1541-4329.12091