2-3 tahun

2-3 TAHUN
5 Februari 2021

Gigi Berlubang pada Anak, Seperti Apa Pencegahannya?

Penting agar selalu menjaga gigi anak sehat dan bebas dari gigi berlubang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu sangat menjaga asupan nutrisi Si Kecil, serta memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal. Tetapi, apakah Moms juga turut memerhatikan kesehatan gigi dan mulutnya?

Pertumbuhan gigi sulung anak bahkan dimulai saat bayi berada di dalam kandungan lho, Moms! Pada usia kehamilan sekitar lima minggu, tunas pertama gigi sulung muncul di rahang bayi.

Selama masa hidupnya, Si Kecil juga tentunya telah banyak mengonsumsi makanan, termasuk makanan yang bisa mengganggu kesehatan giginya, dan menyebabkan gigi berlubang pada anak.

Karena itu, penting agar Moms turut menjaga kesehatan gigi Si Kecil, sebagai bentuk pencegahan gigi berlubang pada anak.

Kali ini, Dokter Spesialis Gigi Anak OMNI Hospitals Alam Sutera, drg. Evrita Ramli, Sp.KGA, memberikan penjelasan seputar kondisi gigi berlubang, mulai dari penanganannya, serta pencegahan yang bisa dilakukan.

Yuk, simak di artikel berikut ini, Moms.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

1. Gigi Bawah Berlubang, Haruskah Dicabut atau Ditambal?

Gigi Berlubang Pada Anak

Foto: Orami Photo Stock

Menurut drg. Evrita, untuk mengetahui apakah gigi berlubang pada anak lebih baik dicabut atau ditambal, harus melihat apakah gigi tersebut merupakan gigi depan, atau gigi geraham.

"Ini karena kalau gigi geraham berlubang, maka harus segera dirawat karena gigi permanennya masih lama untuk tumbuh," terangnya.

"Prinsipnya, semua gigi berlubang sebaiknya dirawat atau ditambal, agar fungsi pengunyahan anak tidak terganggu dan tidak mengalami sakit gigi, karena ada gigi yang berlubang," lanjut drg. Evrita.

Namun, kecuali pada kasus gigi depan bawah yang berlubang dan tidak ada rasa sakit dan anak sudah berusia 5 -6 tahun, maka bisa dilakukan observasi. Hal ini karena anak usia 6-7 tahun, giginya akan diganti dengan gigi baru.

Baca Juga: 5+ Cara Cepat Meredakan Sakit Gigi pada Orang Dewasa dan Anak

2. Penambalan Gigi Anak

penambalan gigi anak

Foto: Orami Photo Stock

Ketika gigi anak berlubang, pikiran pertama Moms mungkin langsung ingin untuk menambal gigi anak. Tetapi, sebenarnya di usia berapa sebaiknya bisa dilakukan penambalan gigi pada anak?

"Penambalan gigi bisa dilakukan di usia sedini mungkin, saat gigi mulai berlubang dan ada keluhan. Tetapi, sebaiknya anak tidak minum susu lewat botol lagi atau ASI jadi kurang lebih 2 tahun ke atas," jelas drg. Evrita.

Selain itu, jika Moms belum sempat ke dokter gigi karena kondisi di tengah pandemi, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

"Untuk anak usia 3 tahun, yang giginya sudah berlubang sebaiknya ditambal. Tetapi, kalau masih belum bisa ke dokter gigi sebaiknya rajin dibersihkan dan kurangi konsumsi makanan dan minuman manis," jelas drg. Evrita.

Selain itu, ia juga menyarankan agar Si Kecil berhenti minum susu sebelum tidur.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

3. Pencegahan Gigi Berlubang pada Anak Usia Balita

anak sikat gigi

Foto: Orami Photo Stock

Dalam menjaga kesehatan gigi anak, Moms mungkin merasa khawatir dan ingin mencari tahu seperti apa pencegahan gigi berlubang pada anak, terutama di usia balita.

drg. Evrita menjelaskan, bahwa karies gigi atau gigi berlubang bisa terjadi pada anak usia 2 tahun, tergantung dari cara perawatan giginya.

"Karena sejak anak tumbuh gigi pertama, gigi sudah harus dibersihkan. Bila tidak pernah dibersihkan, sering kali saat anak sudah berusia 2-3 thn sdh memiliki karies gigi yang banyak," terang drg. Evrita.

Lebih lanjut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan gigi berlubang pada anak:

  • Ajarkan anak rutin sikat gigi
  • Pakai pasta gigi dengan flouride
  • Pilih sikat gigi yang nyaman dan menarik
  • Hindari minum susu sebelum tidur
  • Lakukan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Itu dia Moms, penjelasan mengenai serba-serbi gigi berlubang pada Si Kecil. Bila Moms memiliki pertanyaan lain, dapat langsung berkonsultasi ke dokter gigi, ya.

Semoga berguna!


Artikel ini merupakan kerjasama dengan OMNI Hospitals.

drg. Evrita Ramli, Sp.KGA adalah Dokter Spesialis Gigi Anak yang berpraktek di OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Jadwal Praktek:

  • Sabtu: 13.30 - 16.00 WIB

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait