Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING ISLAMI
22 Juli 2022

11 Hadis dan Ayat Alquran tentang Cinta, Masya Allah Indah dan Menyejukkan!

Ayat dan hadis ini membahas cinta kepada Allah SWT tapi juga pada sesama manusia
11 Hadis dan Ayat Alquran tentang Cinta, Masya Allah Indah dan Menyejukkan!

Islam memandang cinta sebagai sebuah fitrah manusia, sehingga terdapat ayat Alquran tentang cinta yang menjelaskan hal tersebut.

Repository UIN Banten mencatat, dengan berbagai bentuknya Alquran telah menyebut kata cinta hingga 93 kali. Kata tersebut ditulis baik dalam bentuk kata kerja masa lampau, kata kerja masa kini dan akan datang.

Kesemua bentuk tersebut memiliki tujuan, dan memberikan pelajaran kepada manusia bahwa perasaan cinta adalah bagian dari fitrah manusia. Penjelasan ini bahkan juga disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW.

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Cinta dalam Pernikahan

Ayat Alquran tentang Cinta

Keutamaan Surat Al Kahfi -2.jpg

Foto: Keutamaan Surat Al Kahfi -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Islam, cinta tidak hanya dimaknai sebagai fitrah dalam bentuk global. Akan tetapi juga hablumminallah atau cinta kepada Allah dan hablumminan naas atau cinta kepada sesama manusia.

Agar lebih memahami tentang cinta menurut islam yang sesungguhnya, ada baiknya untuk mengetahui ayat Alquran tentang cinta, seperti:

1. Ayat Alquran tentang Cinta pada Pasangan

وَمِن كُلِّ شَيۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ٤٩

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah,” (QS Adz-Dzaariyat: 49)

وَمَن يَعۡصِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُۥ يُدۡخِلۡهُ نَارًا خَٰلِدٗا فِيهَا وَلَهُۥ عَذَابٞ مُّهِينٞ

Artinya: “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik,” (QS Ali Imran: 14)

2. Ayat Alquran tentang Cinta kepada Allah SWT

قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ

Artiya: Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (Q.S. Ali-Imran : 31)

3. Ayat Alquran tentang Cinta Allah kepada HambaNya

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِي وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran,” (QS Al-Baqarah: 186)

4. Ayat Alquran tentang Cinta kepada Rasul

ٱلنَّبِيُّ أَوۡلَىٰ بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ مِنۡ أَنفُسِهِمۡۖ وَأَزۡوَٰجُهُۥٓ أُمَّهَٰتُهُمۡۗ وَأُوْلُواْ ٱلۡأَرۡحَامِ بَعۡضُهُمۡ أَوۡلَىٰ بِبَعۡضٖ فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُهَٰجِرِينَ إِلَّآ أَن تَفۡعَلُوٓاْ إِلَىٰٓ أَوۡلِيَآئِكُم مَّعۡرُوفٗاۚ كَانَ ذَٰلِكَ فِي ٱلۡكِتَٰبِ مَسۡطُورٗا

Artinya: “Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik kepada saudara-saudaramu (seagama). Adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Allah),” (QS Al-Ahzaab: 6)

5. Ayat Alquran tentang Cinta Lingkungan

وَلَا تُفۡسِدُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ بَعۡدَ إِصۡلَٰحِهَا وَٱدۡعُوهُ خَوۡفٗا وَطَمَعًاۚ إِنَّ رَحۡمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٞ مِّنَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik,” (QS Al-A’raaf: 56)

Baca Juga: 31+ Kata Mutiara buat Suami, Bentuk Ungkapan Cinta dan Sayang pada Pasangan

Hadis Tentang Cinta

Membuat origami love tiga dimensi

Foto: Membuat origami love tiga dimensi

Foto ilustrasi cinta (Sumber: Orami Photo Stock)

Nabi Muhammad SAW telah memberikan teladan kepada umatnya untuk menebarkan cinta dan kasih sayang yang didasarkan karena Allah SWT, dan di dalamnya terdapat ketakwaan serta ketaatan.

Setelah mengetahui ayat Alquran tentang cinta, berikut ini adalah beberapa hadis dari Nabi Muhammad tentang cinta dan mencintai.

6. Nabi Dianugrahi Cinta

عن عائشة رضي الله عنها قالت: ما غرت على نساء النبي صلى الله عليه وسلم إلا على خديجة وإني لم أدركها قالت: وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا ذبح الشاة فيقول: أرسلوا بها إلى أصدقاء خديجة قالت: فأغضبته يوماً فقلت: خَديجة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إِنِّي قَدْ رُزِقْتُ حُبَّهَا

Artinya: “Dari ‘Aisyah dia berkata: Saya tidak pernah merasa cemburu kepada para istri Rasulullah SAW yang lain kecuali kepada Siti Khadijah, meskipun ia tidak hidup semasa dengan saya. Pernah, pada suatu hari, ketika Rasulullah SAW menyembelih seekor kambing, beliau berkata: ‘Berikanlah sebagian daging kambing kepada teman-teman Khadijah! ‘ maka saya marah kepada Rasulullah sambil berkata: Khadijah?” Lalu beliau menjawab: “Sesungguhnya aku benar-benar telah dianugerahi cinta Khadijah,” (HR Muslim)

7. Mencintai Saudara

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Artinya: “Tidak beriman salah seorang dari kalian sampai mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri,” (HR Bukhari dan Muslim)

8. Tidak Disebut Beriman Kecuali Saling Mencintai

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا

Artinya: "Demi Dzat yang jiwaku dalam genggamannya. Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan (sempurna) beriman sampai kalian saling mencintai,” (HR Muslim)

Baca Juga: 75 Kata-kata Cinta Buat Pasangan yang Bikin Hubungan Jadi Lebih Romantis

9. Cinta dalam Pernikahan

مَا رَأَيتُ لِلمتَحَابّينَ مِثْلَ النِّكَاحِ

Artinya: "Tidak pernah kulihat bagi dua orang yang saling mencintai semisal (cinta dalam) pernikahan,” (HR Baihaqi)

10. Bersama Orang Dicintai

الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ وَأَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

Artinya: “Seseorang akan bersama dengan orang yang ia cintai. Dan engkau akan bersama orang yang engkau cintai.” (HR Tirmidzi)

11. Dicintai Allah

Rasulullah SAW bersabda kepada salah seorang sahabatnya:

إِنَّ فِيْكَ خَصْلَتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللَّهُ الْحِلْمُ وَالأَنَاةُ

Artinya: “Sesungguhnya kamu mempunyai dua akhlak yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, yaitu sifat al-hilm (mampu menahan emosi) dan al-anah (sikap tenang dan tidak tergesa-gesa).” (HR.Muslim)

Sebenarnya, ada lebih banyak lagi ayat Alquran tentang cinta beserta hadisnya yang dapat diketahui. Namun dengan beberapa yang telah disebutkan ini, semoga bisa membuat umat Islam lebih bisa memahami cinta dalam aturan syari’at.

  • https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/ayat-alquran-tentang-cinta-kepada-lawan-jenis
  • https://www.santripedia.com/2020/07/hadits-nabi-tentang-cinta-mencintai.html
  • http://repository.uinbanten.ac.id/4594/