Keluarga

KELUARGA
25 April 2020

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan

Simak penjelasannya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, berat badan berlebih atau biasa disebut obesitas pada anak dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan, keterbatasan gerak serta kesulitan saat beraktivitas.

Akibatnya, hal ini dapat mengganggu kegiatannya di sekolah ataupun saat bermain bersama teman-temannya.

Tanda Anak Kelebihan Berat Badan

Dilansir dari NHS Digital, banyak faktor yang menyebabkan anak-anak mengalami kelebihan berat badan, salah satunya adalah faktor keturunan.

Anak yang memiliki orang tua yang kelebihan berat badan berpotensi lebih besar dibanding anak yang orang tuanya berbadan ideal.

Selain itu, kelebihan berat badan pun sangat dipengaruhi gaya hidup Si Kecil. Lantas, apa saja tanda-tanda anak kelebihan berat badan yang harus Moms dan Dads perhatikan?

1. Berat Badan Melebihi Normal

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan 1.jpg

Foto: freepik.com

Tanda anak kelebihan berat badan yang paling jelas adalah ia terlihat lebih besar dan gemuk. Ukuran tubuh mereka tidak sesuai dengan usia sebayanya.

Apabila Moms merasa Si Kecil memiliki tubuh yang lebih terlalu gemuk dan besar, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah ia mengalami obesitas atau bukan.

Baca Juga: 3 Cara Bijak Mendorong Anak Menurunkan Berat Badan Tanpa Body Shaming

2. Makan Berlebihan

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan 2.jpg

Foto: freepik.com

Jika anak cenderung makan terus-menerus, ini bisa saja menjadi tanda obesitas. Nafsu makan berlebih akan mendorongnya untuk terus memasukan makanan ke dalam perutnya.

Jika hal ini dibiarkan dan berlangsung secara berulang-ulang, akan semakin memperburuk kondisi berat badannnya.

3. Mudah Lelah

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan 3.jpg

Foto: freepik.com

Semakin besar ukuran tubuh Si Kecil akan semakin membatasi geraknya dalam semua kegiatan. Misalnya seperti melakukan aktivitas di sekolah ataupun saat bermain bersama teman-temannya.

Keterbatasan gerak inilah yang dapat memicu rasa malas untuk melakukan aktivitas fisik, sedangkan kegiatan fisik pada anak-anak sangat bagus untuk proses perkembangannya.

Baca Juga: Anak Gemuk Belum Tentu Sehat, Ketahui Tips Menjaga Berat Badan Anak

4. Gangguan pada Pernapasan

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan 4.jpg

Foto: freepik.com

Saat ukuran tubuh Si Kecil gemuk dan besar, itu bisa sangat mengganggu alat pernapasannya. Lemak yang berlebih di tempat-tempat yang tidak tepat dapat mengganggu organ dalam Si Kecil untuk bekerja.

Hal inilah yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, atau bahkan menyebabkan Si Kecil sering mendengkur saat ia tidur.

5. Mudah Berkeringat

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anak Kelebihan Berat Badan 5.jpg

Foto: freepik.com

Banyaknya lipatan lemak Si Kecil dapat menyebabkan tubuhnya mudah berkeringat, hal ini dapat terjadi karena kelebihan berat badan.

Mengapa demikian? Karena berat badan berlebih atau obesitas dapat mempengaruhi banyaknya kelenjar keringat di permukaan tubuh Si Kecil. Inilah yang membedakannya dengan anak yang kurus.

Baca Juga: Si Kecil Kelebihan Berat Badan? Ini 6 Aturan Diet untuk Anak Obesitas

Moms, itulah tanda-tanda anak kelebihan berat badan. Apakah Si Kecil mengalami hal yang serupa seperti tanda-tanda di atas?

Jika iya, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau jaga pola hidup sehatnya sejak sekarang Moms, agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait