Rupa-rupa

14 Juni 2021

Ketahui Lebih Dalam Sifat yang Dikenal Positif, Idealis Adalah...

Menjadi idealis adalah hal sebuah hal yang tidak mudah. Jadi, apakah idealis itu dan apa kelebihan dan kekurangannya?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Idealis adalah suatu hal yang bisa dianggap baik dan juga bisa dianggap sebagai hal yang agak menyulitkan.

Menurut Henry Ford, seseorang yang idealis adalah orang yang membantu orang lain untuk menjadi makmur. Sementara itu, idealis adalah orang yang melakukan sebuah tindakan berdasarkan pengalaman empiris yang unik, pikiran dan cita-cita tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Seseorang yang idealis adalah orang yang memiliki suatu pengaruh positif. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan orang idealis adalah memperlihatkan sesuatu yang antusias dan berkeyakinan penuh melalui keterlibatan secara emosional atau visi yang dituju sering kali mendorong orang lain untuk mencapai visi tersebut dengan cara bersama-sama.

Nah, untuk membuktikan orang yang idealis adalah orang yang baik dalam bekerja, ini cirinya!

Baca Juga: 6 Zodiak Paling Tegas, Pantang Goyah!

Menjadi Idealis Adalah Kekuatan

idealis adalah

Foto: Orami Photo Stock

Orang yang idealis sudah pasti orang yang memiliki idealisme.

Idealisme adalah sebuah keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh seseorang dan bersangkutan dengan sumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan.

Nah, sumber tersebut pun bersatu dan akhirnya idealisme tumbuh secara perlahan di dalam diri dan pikiran orang tersebut.

Ketika seseorang memiliki idealisme, hal tersebut akan memengaruhi ide, cara berpikir, sikap, perilaku dan lain sebagainya. Maka orang yang idealis adalah mereka yang teguh dengan idealismenya tersebut.

Lalu, apa yang membuat idealis menjadi sesuatu yang positif? Ini dia!

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Membuat Anak Tumbuh Jadi Pribadi Disiplin Tanpa Menggunakan Kekerasan

1. Mereka Mencari Hal Terbaik di Diri Orang Lain

Dilansir dari ThoughtCatalog, orang yang idealis adalah mereka yang mencari hal terbaik yang dimiliki oleh orang lain.

Hal tersebut dikarenakan orang yang idealis secara langsung melihat orang lain dengan cara yang manusiawi. Hal tersebut membuat orang yang idealis mencintai orang lain tanpa syarat. Mereka pun lebih sering dan mudah memaafkan kesalahan orang lain dan berpikiran terbuka.

Baca Juga: 4 Kegiatan Harian yang Melatih Balita Jadi Lebih Mandiri

2. Selalu Berusaha untuk Memperbaiki Diri

idealis adalah

Foto: Orami Photo Stock

Orang yang idealis adalah mereka yang melihat diri mereka sebagai seseorang yang mereka harapkan. Hal tersebut membuat orang dengan idealsme tinggi sangat ingin mengembangkan diri dari waktu ke waktu.

Para idealis menganggap hal-hal yang berada di dunia sedang dalam proses menjadi yang terbaik. Hal tersebutlah yang membuat mereka selalu ingin mengembangkan diri dan terus belajar menjadi versi terbaik dirinya sendiri.

Baca Juga: Tetap Mandiri Tanpa Suami, Ketahui 5 Tips Atur Keuangan Pasca Perceraian

3. Kegagalan Adalah Hal yang Biasa

Bagi para orang yang idealis, kegagalan adalah hal yang biasa dan juga merupakan proses menuju keberhasilan atau hal yang lebih baik.

Kekecewaan karena tidak mendapatkan sesuatu yang sempurna malah membawa mereka untuk bisa mengontrol diri dengan lebih baik.

Ya, kekecewaan yang terus menerus dirasakan malah membuat mereka bisa mengendalikan emosi dengan baik. Sisi negatif dari orang lain adalah rasa gagal dan merasakan mimpi yang mereka mimpi seakan pupus di tengah jalan.

Namun, kelebihan lain yang dimiliki para idealis adalah mimpi yan pupus tersebut malah mengarahkan mereka pada pemahaman mengenai hal yang mereka bisa kendalikan dan mana yang tidak bisa.

Baca Juga: Melatih Anak Mandiri dengan Pekerjaan Rumah Tangga, Ini Caranya!

4. Pemecah Masalah yang Efektif

idealis adalah

Foto: Orami Photo Stock

Kelebihan lain yang dimiliki para idealis adalah mereka efektif dalam memecahkan masalah. Biasanya para idealis mampu untuk mengimajinasikan hasil yang lebih baik dari mereka yang tak teguh pada idealismenya.

Hal ini tak selalu terjadi dalam hal-hal yang praktikal, namun kemampuan untuk memahami langkah dalam pemecahan masalah yang dimiliki para idealis sangatlah luar biasa.

5. Orang yang Idealis adalah Orang yang Paling Romantis

Hal yang romantis adalah kemampuan untuk melihat kesempurnaan dalam diri orang-orang yang tidak sempurna. Seseorang yang idealis adalah mereka yang bisa melakukan hal tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan, mereka yang idealis biasanya melihat suatu ketidaksempurnaan sebagai hal yang perlu diasah atau hal yang masih dalam proses berkembang.

Jadi, tak salah ketika menyebutkan mereka yang idealis adalah mereka yang sangat romantis dalam melihat ketidaksempurnaan.

6. Melihat Dunia Seperti yang Seharusnya

idealis adalah

Foto: Orami Photo Stock

Mereka yang idealis adalah orang-orang yang melihat dunia apa adanya dan masih berharap dunia akan berubah demi kebaikan bersama.

Seperti yang sudah kita sadar, perubahan bukanlah sebuah sesuatu yang diberikan, namun sesuatu yang perlu diraih dengan usaha yang sangat keras.

Orang-orang yang idealis tak lantas menjadi takut hidup di dunia yang tidak ideal baginya. Mereka malah melihat dunia yang tidak sempurna ini dengan penuh pengertian dan kasih sanyang yang mendalam.

Hal yang unik dari para idealis adalah ketika mereka menyadari bahwa dunia yang mereka tinggali saat ini sangat jauh dari kata ideal, mereka malah menyadari bahwa ada hal yang patut untuk dicita-citakan.

7. Orang Idealis Adalah Mereka yang Memiliki dan Ingin Mewujudkan Mimpi

Para idealis adalah mereka yang memiliki keinginan dan kesempatan untuk mewujudkan mimpi yang ada di dalam mereka.

Semua orang bisa bekerja dengan keras. Namun orang yang idealis ingin membuat dunia yang tidak sempurna ini memiliki idealitas seperti yang ada di benak mereka.

Ya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memproyeksikan hal yang ingin mereka wujudkan. Meski demikian, orang idealis bisa dengan detail memproyeksikan hal yang ideal dan percaya bahwa mereka bisa mewujudkannya.

Para idealis takkan menyerah hingga hal yang mereka cita-citakan berhasil terwujud.

8. Orang Idealis Tak Pernah Hilang Harapan

Mereka yang idealis adalah mereka yang tak pernah hilang harapan. Orang-orang ini akan terus berusaha untuk mewujudkan impian.

Hal ini tak berarti dunia akan memberikan mereka kemudahan. Namun, orang idealis hanya tahu cara bekerja keras untuk mewujudukan hal-hal yang mereka inginkan.

Dasar dari hidup mereka adalah harapan. Sikap itulah yang membuat mereka selalu bisa melewati fase terburuk dalam hidup. Kegagalan tak membuat mereka kalah namun malah mendorong mereka maju ke tempat yang lebih baik.

Idealis vs Realistis

idealisme adalah

Foto: freepik.com

Sikap idealis seringkali disangkutpautkan dengan realistis. Mereka yang realistis sendiri disebut lebih fleksibel karena bisa menyesuaikan segala permasalahan dengan keadaan yang terjadi.

Para realistis pun seringkali disebut lebih baik karena mereka cenderung memperkecil kemungkinan untuk merasa kecewa.

Jika orang idealis percaya dengan prinsip dan standar idealnya, maka orang yang realistis adalah mereka yang bertindak sesuai kenyataan yang ada.

Orang yang realistis pun biasanya mengetahui bahwa ada banyak hal dan juga faktor yang bisa memengaruhi usaha dan hasil. Jika orang yang realistis biasanya tak memaksa harapan yang tinggi terhadap suatu hal atau hasil untuk meminimalisir kekecewaan yang bisa hadir dalam diri.

Realistis dan idealis adalah kedua hal yang bertentangan namun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Moms.

  • https://thoughtcatalog.com/brianna-wiest/2015/12/8-reasons-why-being-an-idealist-is-a-strength-not-a-weakness/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait