Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Ini 12 Hal yang Harus Dipersiapkan Calon Ibu, Bahkan Sejak Sebelum Hamil!

Bagikan


Mom sedang mempertimbangkan untuk mencoba hamil? Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan sekarang untuk persiapan calon ibu.

1. Diskusi tentang anak

Sebagian besar pakar dan para ibu berpengalaman sepakat bahwa penting untuk mengobrol dengan pasangan tentang beberapa masalah pengasuhan anak-anak sebelum mulai mencoba hamil. Mulailah membicarakan prioritas, harapan, dan ketakutan Moms dan Dads selama seluruh proses persiapan menjadi ibu.

2. Hentikan kebiasaan buruk

Menurut Jennifer Wider, MD, penulis The New Mom's Survival Guide  dan penasihat medis untuk Society for Women's Health Research, kelebihan asupan alkohol telah terbukti mengganggu kesuburan wanita dan juga bisa menurunkan jumlah sperma pada pria.

Merokok juga dapat mempengaruhi kualitas telur dan sperma serta meningkatkan risiko cacat lahir, keguguran, persalinan prematur, dan kondisi lain setelah Moms hamil. Secara psikologis, jika Moms merasa bahwa kehamilan membuat Moms harus ‘melepaskan’ semua kebiasaan ini, mulailah dari sekarang.

3. Berat badan ideal

berat badan ideal, persiapan menjadi calon ibu

Lakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga, pilates dan sebagainya beberapa kali dalam seminggu. Berat badan ideal akan membantu Moms memiliki kehamilan dan persalinan yang lebih sehat dengan risiko dan komplikasi yang lebih sedikit.

4. Lebih banyak tidur

Perbanyak waktu tidur di akhir pekan, tidur siang kapan pun bisa, yang mungkin bahkan bisa membantu Moms lebih cepat hamil.

Baca: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

5. Makan sehat

Sekarang, fokuslah pada makanan yang sehat. Moms memerlukan banyak protein, zat besi, kalsium, dan asam folat. Sediakan lebih banyak buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

6. Suplemen prenatal

Menurut Dr. Jennifer Wider, setiap wanita yang sedang dalam persiapan menjadi ibu pada tiga sampai enam bulan berikutnya harus mulai mengkonsumsi multivitamin harian dengan 400 mikrogram asam folat.

7. Pemeriksaan kesehatan

pemeriksaan kesehatan perempuan, persiapan sebelum menjadi ibu

Mulailah berkonsultasi dengan dokter yang akan mendiskusikan hal berikut:

a. Tes atau vaksin yang dibutuhkan

Obat-obatan yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi selama kehamilan

Bagaimana mengatasi atau mengendalikan kondisi kesehatan, faktor genetika dan masalah reproduksi yang memengaruhi kesuburan

b. Kesehatan gigi

Kehamilan meningkatkan risiko penyakit gusi dan gigi, masalah kesehatan yang bisa juga menyebabkan persalinan prematur. Jadi jaga kesehatan gigi setiap hari dan rajin memeriksakan diri ke dokter gigi.

c. Kurangi kafein

Beberapa ahli menyarankan agar Moms tidak mengkonsumsi lebih dari 200 miligram kafein setiap hari saat sedang persiapan hamil dan selama kehamilan.

d. Temukan obat stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat menunda kemampuan untuk hamil. Lakukan cek kesehatan emosional, pastikan Moms merasa tenang dan siap menghadapi fase persiapan menjadi ibu berikutnya, dan cari tahu apa saja yang bisa membantu Moms lebih rileks.

8. Anggaran khusus untuk bayi

Hamil membutuhkan banyak persiapan. Buat daftar persediaan dan pengeluaran yang juga mencakup kunjungan dokter.

9. Tempat baru

Apakah Moms perlu pindah ke tempat yang lebih luas, lokasi yang lebih baik, atau alasan lainnya? Rencanakan segera selama persiapan menjadi ibu sehingga Moms bisa hamil dengan merasa lebih nyaman.

Baca: 8 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Hamil

10. Pertimbangan pekerjaan

persiapan sebelum menjadi calon ibu

Jika Moms seorang wanita karier, sekaranglah waktu yang lebih baik untuk mempertimbangkan cuti hamil atau mulai memikirkan pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah saat persiapan calon ibu.

11. Rencanakan 'Babymoon'

Sekarang waktunya memikirkan liburan bersama pasangan sebelum kehamilan memperlambat aktivitas.

12. Bertanya pada yang berpengalaman

Mintalah dukungan dari teman, saudara perempuan, bibi, dan nenek agar berbagi informasi yang relevan dengan dokter sehingga Moms akan lebih siap untuk menghadapinya nanti.

Bagaimanakah Moms melakukan persiapan menjadi ibu?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.