Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Apr 2, 2018

Jalan Kaki, Aktivitas Sederhana yang Punya 7 Manfaat Luar Biasa

Bagikan


jalan kaki

Kebanyakan masyarakat perkotaan beranggapan untuk bisa berolahraga mereka harus datang ke pusat kebugaran dan membayarkan biaya member yang bisa dibilang cukup menguras budget bulanan.

Tapi Moms, sebenarnya ada kebiasaan murah meriah bahkan gratis yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki. Berikut manfaat jalan kaki yang bisa Mama rasakan kalau melakukannya secara rutin.

  1. Meningkatkan Mood

Apa yang terlintas dalam benak Moms saat sedang dilanda stress?

Rasanya pasti ingin mengkonsumsi sebatang coklat atau mencicipi makanan manis yang bisa memperbaiki mood. Tapi, kebiasaan ini bisa menumpuk kalori dalam tubuh. Bagaimana kalau kebiasaan tersebut digantikan dengan berjalan kaki di pagi atau sore hari? Moms akan mendapatkan efek yang sama dengan 0 kalori.

Baca Juga : Benjol di Lutut, Hati-Hati Terkena Kista Baker

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit penurunan daya ingat yang kebanyakan kasusnya dialami pada usia 50 tahun an. Kabar buruknya wanita jauh lebih berisiko dari pada pria.

Untuk menghindari terkena Alzheimer dikemudian hari, harus aktif dalam aktivitas fisik dan pikiran. Seperti berjalan kaki setiap pagi, bermain game, atau menonton tayangan yang bisa mengasah logika.

  1. Mengobati Gangguan Tidur

Kalau sering sulit tidur di malam hari, pasti ini sangat mengganggu aktivitas di siang harinya. Minum obat tidur atau sejenis penenang juga sangat tidak dianjurkan. Karena bisa membahayakan sistem syaraf.

Manfaatkan berjalan kaki sebagai terapi untuk mengatasi gangguan tidur. Setidaknya 30 menit setiap hari sudah cukup.

  1. Menurunkan Berat Badan

Wanita mana yang tidak mau selalu langsing dan bugar? Pasti Moms juga sangat ingin tampil cantik di hadapan suami dong.

Nah! Kalau Moms sedang merencanakan program penurunan berat badan, dan masih bingung olahraga jenis apa yang bisa dipilih, berjalan kaki saja! 

Selain gratis ternyata 30 menit berjalan kaki bisa membakar sampai 200 kalori. Semakin lama, maka kalori yang terbakar juga semakin banyak.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Saat berjalan kaki detak jantung akan lebih cepat dari biasanya. Proses pemompaan darah di dalam jantung lebih maksimal. Sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

Seperti diketahui, jika peredaran darah terganggu atau terjadi penggumpalan darah akan ada banyak penyakit yang bisa muncul seperti hipertensi, gagal jantung, sampai penyakit jantung koroner.

Baca Juga : Kaki Sering Sakit Saat Traveling? Coba 5 Tips Berikut Ini

  1. Menguatkan Tulang

Seiring bertambahnya usia biasanya kemampuan tulang akan menurun sehingga tidak jarang terserang penyakit yang berhubungan dengan sistem kerja tulang seperti osteoporosis. Dengan berjalan kaki,  tulang akan menjadi kuat dan bisa memperbaiki postur tubuh.

  1. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Saat berjalan, Moms akan menghirup oksigen lebih banyak dibandingkan saat duduk di meja kerja setiap hari. Pertukaran oksigen dan karbondioksida lebih cepat dan lebih besar.

Ini akan meningkatkan kapasitas udara sehat di paru-paru sehingga tidak mudah lelah saat berolahraga, dan bisa menambah stamina lebih bugar. Tidak perlu berlari, berjalan kaki 1 jam setiap hari secara rutin sangat bagus untuk membiasakan mulai saat ini.

Nah, banyak sekali, kan, manfaat jalan kaki.

Daripada kemana-mana terus mengandalkan kendaraan, membiasakan diri berjalan kaki bisa jadi alternatif pencegahan penyakit juga, bukan? Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.