Parenting Islami

30 Juli 2021

15 Jenis Jin Berdasarkan Hadits dan Tugasnya, Ada yang Bisa Menyebabkan Perceraian, Waspada!

Jin juga punya beragam tugas untuk menghasut manusia agar melanggar perintah Allah SWT
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selain manusia, Allah SWT juga telah menciptakan makhluk lain yang juga menghuni bumi, salah satunya adalah jin. Ada beberapa jenis jin beserta tugasnya di bumi yang harus diimani sebagai konsekuensi keyakinan kepada yang ghaib yang terdapat dalam Alquran.

Dalam studi yang dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, disimpulkan bahwa jin sama seperti manusia, yakni berakal dan juga mempunyai keinginan.

Yang membedakanya dengan manusia adalah jin tidak memiliki tubuh. Oleh karena itu jin tidak bisa dilihat dalam bentuk aslinya kecuali menjelma dalam bentuk lain, karena jin dapat mengubah dirinya dalam bentuk yang diinginkan.

Baca Juga: Sawan pada Bayi, Benarkah Disebabkan Makhluk Halus?

Jin dalam Pandangan Islam

Jenis Jin -1.jpg

Foto: Bbc.co.uk

Dikutip Dalam Islam , jin berasal dari kata ‘jannah’ yang berarti tersembunyi atau tidak terlihat. Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dari api yang sangat panas.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS Al-Hijr: 27)

Hal ini juga mendapat penjelasan dengan dalil dari Aisyah RA yang berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin dari api yang berkobar, dan Adam (manusia) dari tanah sebagaimana telah dijelaskan kepadamu.” (HR Ahmad, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Tugas penciptaan jin yang utama adalah membisikkan bisikan jahat ke dalam hati manusia. Allah SWT berfirman: “Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (QS An-Naas: 4-6)

Selain itu, ada beberapa jenis jin yang dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok. Hal ini didasarkan pada hadits dari Jabir Ibn Nafir, dari Abi Tsalabah Al Khuntsa RA bahwasa Rasulullah SAW bersabda:

“Jin terbagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama adalah jin yang mempunyai sayap dan dapat terbang di udara. Kelompok kedua terdiri dari jin yang berbentuk ular dan anjing, sedang kelompok ketiga adalah yang bisa berubah bentuk dirinya.” (HR Baihaqi)

Baca Juga: Anak Bermain dengan Teman Imajinasi, Bolehkah?

Jenis Jin Berdasarkan Hadits

Jenis Jin -2.jpg

Foto: Evie-bookish.blogspot.com

Ada beberapa jenis-jenis jin merujuk pada hadits di atas, beberapa di antaranya yakni:

  1. Jin bersayap ini mampu terbang dengan kecepatan sangat tinggi. Dalam kisah Nabi Sulaiman, jin inilah yang mampu memindahkan singgasana Ratu Balqis dari Yaman (Negeri Saba’) ke Baitulmaqdis.
  2. Jin berbentuk ular. Menurut sebuah riwayat, tidak sedikit ular yang sejatinya adalah jin dan tidak sedikit pula yang merupakan penjelmaan dari jin. Menurut hadits, ada dua jenis ular yang harus dibunuh karena tidak dapat mengubah bentuk dirinya ke dalam bentuk yang lain.
  3. Jin berbentuk anjing. Dikatakan bahwa Rasulullah SAW pernah memerintahkan para sahabat untuk membunuh anjing karena termasuk golongan jin atau duplikat jin. Namun, riwayat ini dihapus. Setelah itu, Rasulullah SAW melarang umat muslim membunuh anjing kecuali yang berwarna hitam legam dengan dua titik putih di atas matanya, sebab anjing ini adalah setan.
  4. Jin berbentuk kucing. Dan kucing jelmaan jin ini akan terlihat indah atau berwarna putih dan merupakan jin perempuan. Adapun kucing hitam biasanya adalah setan. Imam Ibnu Taimiyah mengatakan: “Jin bisa menampakkan diri dalam wujud ular, anjing, dan kucing hitam. Sebab warna hitam dapat menghimpun kekuatan setan dibanding warna lainnya, termasuk di dalamnya kekuatan panas.” (Majmu Fatawa Ibn Taimiyah)
  5. Jin yang dapat berubah bentuk. Perubahan bentuk ini memungkinkan jin menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Namun, tidak semua jenis jin dapat melakukan hal ini. Hanya beberapa jenis jin saja yang memiliki kemampun seperti ini yaitu jin ‘Ifrit, jin al-Marid, dan setan.

Baca Juga: Bukan Hantu, Ini 3 Alasan Bayi Suka Melambaikan Tangan ke Ruang Kosong

Jenis Jin Berdasarkan Tugasnya

Jenis Jin -3.jpg

Foto: Allthatsinteresting.com

Allah SWT telah menciptakan jin dan manusia di muka bumi ini. Keduanya saling hidup berdampingan. Jenis jin yang berada di sekitar manusia begitu beragam dan memiliki tugas masing-masing untuk menggangu manusia agar melanggar perintah Allah SWT. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Jin Wasnan. Jin ini ditugaskan untuk manusia membuat mengantuk. Ia memiliki kekuatan yang luar biasa untung menenangkan syaraf, terutama pada daerah mata. Orang yang menjadi target jin Wasnan yaitu orang-orang yang akan melakukan perbuatan baik seperti beribadah atau belajar.
  2. Jin Dasim. Tugasnya sangat disukai oleh raja jin, yakni membuat rumah tangga hancur dan akhirnya bercerai. Jin ini memiliki tugas lain, yaitu membuat manusia menyia-nyiakan makanan dan selalu ingin makan walaupun tidak merasa lapar.
  3. Jin Khonzab. Dalam pandangan Islam, jin ini diyakini dapat membuat umat muslim menunda sholat bahkan bisa sampai meninggalkan ibadahnya. Selain itu, jin Khonzab pun dapat membuat seseorang mempercepat tindakan buruk.
  4. Jin Wahlan. Jika seseorang diliputi rasa ragu dan was-was, maka ada kemungkinan orang tersebut sedang terkena kekuatan dari jin Wahlan. Jin ini biasanya suka membisikkan sesuatu yang menyebabkan rasa ragu.
  5. Jin Zalanbur. Tak sedikit manusia yang suka hidup boros. Hal tersebut membuat jin Zalabur berhasil menjalankan tugasnya. Jin Zalanbur adalah jin yang bertugas membuat manusia hidup boros, padalah boros adalah sesuatu yang tidak disukai Allah SWT.
  6. Jin Tibbir. Jin ini memiliki tugas untuk menghasut manusia menjadi mudah emosi. Seseorang yang terkena hasutan tersebut ditandai dengan mudah tersulut emosi dan amarahnya. Selain itu, jin Tibbir juga sering menghasut manusia untuk melakukan kemaksiatan dan membuat perpecahan antar manusia.
  7. Jin Awar. Jin ini memiliki kekuatan untuk menghasut seseorang mengikuti hawa nafsunya. Biasanya, jin ini menggoda para pemuda yang sedang jatuh cinta dengan meniupkan suasana meningkatkan nafsu.
  8. Jin Masauth. Di bangsa jin ada Masauth yang bertugas mengadu domba agar manusia saling curiga dan akhirnya saling membenci. Jin ini biasanya suka mengadu domba hal kecil maupun hal besar.
  9. Jin Abyad. Seseorang yang sudah memiliki iman kuat pun masih sering digoda agar keimanannya runtuh. Mereka digoda oleh jin Abyad yang memiliki kemampuan yang untuk mengganggu pemuka agama.
  10. Jin Syabru. Jin ini sangat dekat dan erat pada manusia. Ia menetap di saluran darah manusia. Jin ini bertugas menghasut manusia dari dalam dengan mempermudah syaraf manusia untuk melakukan maksiat dan menerima bisikan dan rangsangan dari jin luar.

Dengan mengetahui jenis jin beserta tugasnya, diharapkan akan meingkatkan keimanan dan juga menghindari hasutan dari makhluk halus tersebut

  • https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2245/6.%20sarafudin.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  • https://siapgrak.com/artikel/JROle3
  • https://dalamislam.com/info-islami/jenis-jenis-jin
  • https://umma.id/post/jenis-jenis-jin-yang-perlu-diketahui-941265?lang=id
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait