27 Desember 2023

40+ Macam Jurusan di ITB dan Prospek Kerjanya, Cari Tahu!

Cari informasinya di sini, yuk Moms!

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan jurusan di ITB mencakup dari berbagai disiplin ilmu.

Dikenal dengan reputasi akademiknya yang kuat dan kontribusinya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, ITB menjadi pilihan utama bagi banyak calon mahasiswa.

Jurusan-jurusan di ITB menawarkan berbagai pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi di berbagai bidang ilmu.

Dari sains dan teknik hingga seni, ITB memiliki beragam jurusan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengejar minat dan ambisi individu masing-masing.

Penasaran apa saja jurusan di ITB? Simak informasinya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 17 Peluang Karier Jurusan Ilmu Komunikasi, Ada Copywriter

Daftar Jurusan di ITB

ITB
Foto: ITB (Itb.ac.id)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ITB memiliki ragam studi dari berbagai disiplin ilmu.

Namun, sesuai dengan namanya Institut Teknologi Bandung, kebanyakan jurusan di ITB berkutat dengan teknik, Moms.

Jurusan-jurusan di ITB terbagi ke dalam beberapa fakultas di antaranya:

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB adalah salah satu fakultas yang menawarkan beberapa jurusan di ITB, seperti:

1. Program Studi Meteorologi

Jurusan di ITB yang pertama adalah Meteorologi yang bercikus pada studi tentang gejala-gejala alam yang terkait dengan atmosfer bumi, termasuk perubahan cuaca dan iklim.

Mahasiswa program ini akan belajar mengapa cuaca dapat berubah drastis, dari panas menjadi hujan, serta fenomena alam seperti puting beliung dan angin topan.

Meteorologi memungkinkan pemahaman ilmiah tentang perubahan cuaca dan iklim yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pertanian dan perencanaan arsitektur.

Lulusan program ini memiliki peluang karier di instansi pemerintah, akademisi, penelitian, pertanian, industri, dan sebagai ahli atau konsultan dalam pengembangan alat terkait meteorologi.

2. Program Studi Oseanografi

Program Studi Oseanografi di ITB merupakan salah satu yang pertama di Indonesia dan berfokus pada ilmu kelautan, termasuk dinamika lautan, arus laut, dan dampak perubahan iklim terhadap lingkungan laut.

Lulusan program ini memiliki peluang di berbagai sektor, termasuk riset, industri perikanan, dan pengelolaan sumber daya laut.

3. Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika

Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika adlaah jurusan di ITB yang mempelajari pengukuran dan perepresentasian bentuk dan ukuran bumi serta pengelolaan data geospasial.

Program ini mencakup berbagai bidang seperti geodesi, surveying, kadaster, penginderaan jauh, dan sains informasi geografis.

Lulusan dapat bekerja di berbagai sektor termasuk industri, riset, dan layanan masyarakat.

4. Program Studi Teknik Geologi

Program Studi Teknik Geologi di ITB mempelajari ilmu tentang bumi, termasuk batuan, mineral, minyak dan gas bumi, serta struktur geologi.

Lulusan program ini dapat bekerja di industri perminyakan, pertambangan, konsultan geologi, lembaga penelitian, dan instansi pemerintah terkait sumber daya alam.

Baca Juga: 23+ Pilihan Jurusan Kuliah IPS dan Prospek Kerjanya, Menarik!

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Fakultas di ITB selanjutnya adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sama seperti fakultas sebelumnya, fakultas ini beberapa jurusan, seperti:

5. Program Studi Aktuaria

Jurusan di ITB selanjutnya adalah Aktuaria.

Jurusan ini merupakan program yang memanfaatkan matematika dan statistika untuk menganalisis dan mengelola risiko, terutama dalam industri asuransi, dana pensiun, investasi, dan perbankan.

Lulusan program ini memiliki prospek karier yang luas, termasuk sebagai aktuaris, konsultan risiko, manajer risiko, analis keuangan, dan peran lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan risiko di berbagai sektor.

6. Program Studi Astronomi

Program Studi Astronomi menjadi jurusan di ITB yang memfokuskan pada studi alam semesta dengan menggunakan matematika, fisika, dan analisis statistik.

Program ini terbagi menjadi tiga bidang keahlian: Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Lulusan dapat mengejar karier dalam penelitian, pengajaran, media, dan berbagai bidang lainnya yang memerlukan pemahaman tentang astronomi.

7. Program Studi Fisika

Program Studi Fisika di ITB adalah program yang memungkinkan mahasiswa memahami fenomena alam dengan pendekatan ilmiah.

Terdapat beragam kelompok keahlian yang terkait dengan fisika, termasuk Fisika Bumi, Instrumentasi, Magnetik, dan lainnya.

Lulusan memiliki prospek karier di berbagai industri seperti perminyakan, manufaktur, industri keuangan, teknologi informasi, serta lembaga penelitian dan pendidikan.

8. Program Studi Kimia

Program Studi Kimia di ITB adalah program yang mempelajari materi dan perubahan kimia dalam berbagai konteks, seperti pengobatan, kosmetik, energi, dan manufaktur.

Lulusan program ini memiliki kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan berkolaborasi dalam berbagai sektor industri, pendidikan, penelitian, dan perdagangan.

9. Program Studi Matematika

Program Studi Matematika di ITB memberikan pembelajaran dalam matematika dan bidang terkait. Program ini telah mendapatkan akreditasi nasional dan pengakuan internasional.

Lulusan memiliki prospek karier yang beragam, termasuk di industri, manufaktur, keuangan, teknologi informasi, dan bidang lainnya.

Baca Juga: Kumpulan Link Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Simpan, ya!

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Beberapa jurusan di ITB yang tersedia di Fakultas Seni Rupa dan Desain di antaranya:

10. Program Studi Desain Interior

Program Studi Desain Interior di ITB merupakan program yang telah ada sejak tahun 1959.

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan keterampilan multidisiplin yang mencakup kreativitas, keahlian teknis, dan pemahaman mendalam tentang perilaku manusia dalam mengubah ruang menjadi lingkungan yang fungsional, estetis, berkelanjutan, dan bermakna.

Lulusan program ini memiliki prospek karier yang beragam, termasuk sebagai interior designer, konsultan arsitektur dan desain interior, dan berbagai peran lain yang berkaitan dengan desain interior.

11. Program Studi Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual di ITB bertujuan menghasilkan desainer dan peneliti dalam bidang komunikasi visual.

Jurusan di ITB yang satu ini juga memfokuskan pada keterampilan kreatif, kemampuan berpikir kritis, dan kepekaan dalam mengembangkan solusi untuk masalah komunikasi visual.

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih jalur peminatan dalam Desain Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Visual Multimedia, atau Naras Visual Digital.

Lulusan memiliki prospek karier di industri kreatif, termasuk dalam desain grafis, periklanan, animasi, dan berbagai peran lain yang membutuhkan pemahaman tentang komunikasi visual.

12. Program Studi Desain Produk

Program Studi Desain Produk di ITB adalah program yang mempelajari inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Mahasiswa dapat memilih peminatan seperti Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen, Desain Sarana/Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, Desain Digital, dan Desain Kerajinan.

Lulusan memiliki peluang karier sebagai desainer industri, wirausahawan desain, atau peneliti desain produk industri di berbagai sektor.

13. Program Studi Kriya

Program Studi Kriya di ITB adalah program yang fokus pada pemanfaatan berbagai teknik kriya Indonesia.

Program ini mencakup peminatan dalam Kriya Tekstil dan Kriya Keramik, di mana mahasiswa belajar tentang berbagai konsep, teknik, dan material dalam kriya tekstil dan kriya keramik.

Lulusan memiliki peluang karier sebagai desainer tekstil, seniman kriya, konsultan desain, dan berbagai peran lain dalam industri kriya.

14. Program Studi Seni Rupa

Program Studi Seni Rupa di ITB telah menjadi bagian penting dalam pendidikan seni rupa di Indonesia.

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih jalur minat dalam Seni Rupa 2 Dimensi, Seni Rupa 3 Dimensi, Seni Rupa Intermedia, atau Kajian Seni Rupa.

Baca Juga: 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia, Kampus Impian!

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara memiliki beberapa jurusan, seperti:

15. Program Studi Teknik Dirgantara

Program Studi Teknik Dirgantara di ITB, yang sebelumnya dikenal sebagai Teknik Penerbangan, adalah program yang fokus pada bidang kedirgantaraan.termasuk perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa.

Program ini mencakup ilmu-ilmu dasar keteknikan yang luas.

Lulusan dari program ini memungkinkan untuk berkarir dalam berbagai bidang teknik, termasuk industri kedirgantaraan, lembaga penerbangan, dan lembaga penelitian.

16. Program Studi Teknik Material

Program Studi Teknik Material di ITB mempelajari semua aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik materi serta interaksinya.

Lulusan program ini memiliki kemampuan untuk merancang dan merekayasa material yang unggul dan berdaya guna tinggi.

Mereka dapat bekerja di berbagai sektor, seperti industri manufaktur, energi, pendidikan, dan lainnya, tergantung pada minat dan keahlian mereka.

17. Program Studi Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin di ITB merupakan program yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang Teknik Mesin.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek, termasuk konversi energi, perancangan mesin, teknik produksi, ilmu material, dan teknologi informasi.

Lulusan memiliki peluang karier di berbagai sektor, termasuk operasi dan perawatan, pembangkitan energi, manufaktur, minyak dan gas, otomotif, dan banyak lagi.

Baca Juga: Serba-serbi Jurusan Psikologi hingga Prospek Kerjanya

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Berikut ini adalah daftar jurusan di ITB yang masuk ke dalam FTTM, seperti:

18. Program Studi Teknik Geofisika

Program Studi Teknik Geofisika merupakan jurusan di ITB yang mempelajari aspek fisik dan dinamik bumi serta teknik pengukuran dan pemrosesan data geofisika.

Mahasiswa dalam program ini akan memahami gejala-gejala alam seperti pergerakan lempeng tektonik, gempa bumi, dan lainnya.

Mereka juga akan belajar tentang mitigasi bencana alam dan pemanfaatan sumber daya alam.

Program ini mencakup empat kelompok studi utama: eksplorasi sumber daya bumi, reservoar, imaging dan pengolahan data, serta teknik dan lingkungan.

Lulusan program ini memiliki peluang karier di instansi pemerintah, perusahaan swasta, dan lembaga penelitian di bidang geofisika.

19. Program Studi Teknik Metalurgi

Program Studi Teknik Metalurgi menjadi jurusan di ITB membahas berbagai aspek dalam pengolahan material, termasuk pemisahan mineral berharga dari mineral pengotor, pembentukan paduan logam, perlakuan panas, dan pengembangan material untuk berbagai aplikasi.

Mahasiswa akan belajar bagaimana mengoptimalkan proses pengolahan material untuk mendapatkan sifat-sifat yang diinginkan.

Lulusan Teknik Metalurgi dapat bekerja di berbagai industri, termasuk pertambangan, manufaktur, dan sektor energi.

Program Studi Teknik Perminyakan adalah jurusan di ITB membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb