Rupa-rupa

30 Juni 2021

9 Kado untuk Ibu yang Mudah Dibuat Anak, Yuk Ajari dan Dampingi Si Kecil!

Kado sederhana yang dibuat dengan sepenuh hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Hari Ibu identik dengan memberikan kado untuk ibu. Namun sebenarnya seorang ibu lebih menyukai hadiah buatan tangan di Hari Ibu. Moms pasti akan suka mainan yang dibuat oleh anaknya.

Sayangnya, mungkin umur anak Moms masih terlalu kecil untuk membuat kado ini, jadi masih harus didampingi. Nah, Moms bisa lho membantu anak-anak untuk membuat hadiah kreatif yang istimewa.

Jadi, usia bukan halangan bagi Si Kecil dalam membuat kado untuk ibu.

Baca Juga: 6 Ide Tukar Kado Akhir Tahun Untuk Pasangan

Kado untuk Ibu yang Bisa Dibuat Anak

Kado ini bisa terbuat dari bahan-bahan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah Moms beli di berbagai toko. Apa saja kado Hari Ibu tersebut? Yuk kita lihat Moms.

1. Kotak Penyimpanan yang Manis

kado hari ibu

Foto: Orami Photo Stock

Kotak penyimpanan merupakan kado Hari Ibu yang berguna, apalagi untuk seorang ibu. Kotak ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai pernak-pernik kecil seperti peniti, benar, atau peralatan menjahit lainnya.

Cara membuatnya cukup mudah, belilah sebuah kotak kardus ataupun kotak kayu bulat dari toko kerajinan tangan. Kemudian cat bagian atasnya dan biarkan mengering. Buatlah simpul dari tali untuk membuka kotak. Agar lebih lucu, simpul tersebut bisa diwarnai juga.

Terakhir, lem simpul dengan menggunakan lem yang kuat, biarkan mengering, dan kotak penyimpanan serbaguna pun siap digunakan.

2. Bunga Kertas

kado hari ibu

Foto: Orami Photo Stock

Perempuan mana yang tidak suka jika diberikan bunga? Meskipun itu hanya bunga kertas, tetap saja bermakna lho.

Moms bisa membantu anak membuat kado Hari Ibu ini dengan menggambar bentuk bunga pada kertas warna warni, lalu bantu anak untuk mengguntingnya. Sebagai tangkainya, gunakan besi kecil, yang tentunya sudah Si Kecil balut dengan kain flanel agar aman.

Jika sudah dibalut, tinggal tempelkan bunganya saja. Jangan lupa gunakan kancing baju sebagai bagian tengah bunga ya. Bunga kertas pun siap dipajang di rumah atau ruangan mana pun favorit Moms.

Baca Juga: 7 Cara Merayakan Hari Ibu Bersama Si Kecil

3. Hiasan Indah dari Batu

kado hari ibu

Foto: Orami Photo Stock

Siapa bilang membuat kado Hari Ibu harus berasal dari semua bahan-bahan yang baru? Kita juga bisa membuatnya dari bahan-bahan tidak terpakai seperti batu lho. PR-nya, Moms harus memilih batu mulus yang tidak melukai anak.

Jika sudah menemukan batu yang dimaksud, minta anak untuk membungkus batu dengan kertas warna-warni yang cantik. Jika sudah, potonglah huruf membentuk nama kita, dari kertas atau kain flanel. Di sini Moms bisa membentuk hurufnya dan meminta Si Kecil untuk memotong.

Bila sudah siap, tinggal tempel saja huruf-huruf tersebut dibatu yang sudah terbungkus. Hiasan ini bisa Moms letakkan di meja kantor.

Baca Juga: DIY Hiasan Rumah Berbahan Dasar Kertas

4. Kartu Ucapan

kado hari ibu

Foto: Orami Photo Stock

Barang satu ini mungkin menjadi barang yang paling sederhana untuk kado Hari Ibu. Namun menerima kartu ucapan yang berasal dari tulisan tangan Si Kecil langsung, pasti rasanya akan berbeda.

Moms bisa bantu anak untuk membuat kartu ucapan. Jika anak sudah menulis kata-kata yang diinginkan, sekarang tugas Moms yang membantu menghias kartu tersebut. Kartu ini bisa dihias dari berbagai barang yang ada di rumah ya.

5. Tempat Perhiasan dari Tanah Liat

tempat perhiasan dari tanah liat.jpg

Foto: mycreativedays.porch.com

Kado untuk ibu selanjutnya yang bisa dibuat oleh Si Kecil, yakni tempat perhiasan yang terbuat dari tanah liat.

Moms bisa membeli tanah liat dalam kemasan terlebih dahulu, dan ukur tangan anak Moms di atasnya. Setelah itu, buat pola tangan anak menggunakan pisau plastik. Lalu lepaskan tangan anak dan potong tanah liat berdasarkan pola tangan yang telah dibuat.

Jika cetakan tangan telah selesai dipotong, bantulah ibu jari anak-anak untuk membuat hati di tengah telapak tangan. Selanjutnya, semprotkan mangkuk tahan oven dengan semprotan anti lengket dan letakkan cetakan tangan di dalam mangkuk sehingga jari-jari berada di sisi mangkuk.

Panggang tanah liat berdasarkan instruksi pada kemasan. Setelah kering dan dingin, arahkan anak untuk menghiasnya menggunakan cat lukis sesuka hati mereka.

Baca Juga: Anak Ikut Kursus Seni, Ini 8 Manfaat yang Akan Didapat

6. Piring Lukis Penuh Kreasi

piring lukis sebagai kado untuk ibu.JPG

Foto: mrsgoffskinders.blogspot.com

Moms bisa juga mengajari dan mendampingi anak membuat kado untuk ibu lainnya, seperti piring lukis berikut ini.

Pertama, siapkan piring datar dari keramik berwarna putih polos. Lalu, biarkan anak menggambar sesuai kreasi mereka menggunakan spidol warna-warni permanen.

Setelah melukis, masukkan piring ke dalam oven dingin dan atur suhunya hingga mencapai 350 derajat. Setelah sekitar 40 menit, matikan oven dan membiarkan piring dingin di dalam oven.

Beberapa warna mungkin akan sedikit berubah, seperti menjadi lebih terang atau gelap. Namun, desainnya tampak permanen dan ini merupakan ide kado untuk ibu yang manis sekaligus bermakna.

7. Bunga dari Kardus Penyimpanan Telur

bunga dari karton penyimpanan telur.jpg

Foto: iheartartsncrafts.com

Bunga sebagai kado untuk ibu juga dapat dibuat menggunakan barang bekas yang layak pakai, lho. Salah satunya dari kardus bekas penyimpanan telur.

Alat yang perlu Moms siapkan, yakni kardus atau karton penyimpanan telur, pom-pom, sedotan kertas, gunting, lem, dan kuas cat.

Lalu, bantu anak untuk memotong empat wadah dari kardus penyimpanan telur. Pangkas di sekitar tepinya sehingga memberikan bentuk yang lebih bulat untuk kelopak bunga.

Semprotkan beberapa warna cat akrilik ke piring kertas dan minta anak-anak melukis bunga mereka.

Setelah cat mengering, Moms bisa membantu anak untuk menempelkan tangkai bunga dengan menempelkan sedotan kertas di bagian belakang. Selanjutnya, pilih pom pom berwarna dan rekatkan ke bagian tengah karton telur yang dicat.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Mudah untuk Memasak Bersama Anak di Akhir Pekan

8. Jejak Kupu-Kupu yang Cantik

jejak kupu-kupu cantik sebagai kado untuk ibu.jpg

Foto: yellowtennessee.com

Kado untuk ibu ini sangat cantik, tetapi sangat mudah untuk dibuat. Moms hanya perlu menyiapkan kanvas dan cat air dengan berbagai warna. Ingat ya, Moms, pilih cat air yang terbuat dari bahan aman untuk anak-anak.

Caranya, oleskan beberapa warna cat air di telapak kaki Si Kecil yang sudah dibersihkan. Lalu, letakkan jejak kaki anak Moms di kanvas sehingga mereka berlawanan arah untuk membuat sayap kupu-kupu.

Setelah kupu-kupu mulai terbentuk di atas kanvas, mintalah anak untuk menggambar atau melukis pada tubuh kupu-kupu mereka sendiri.

Jejak kupu-kupu yang menarik pun telah selesai dibuat. Moms bisa meletakkannya sebagai pajangan atau dekorasi di sudut rumah sehingga ruangan terlihat lebih cantik.

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Kreativitas Balita, Penting Diikuti!

9. Penanda Buku dari Kertas

penanda buku untuk kado hari ibu.jpg

Foto: makeandtakes.com

Tidak hanya cocok dijadikan kado untuk ibu, penanda buku dari kertas ini juga dapat membuat anak-anak lebih tertarik untuk membaca, lho.

Moms bisa membantu Si Kecil membuat penanda buku ini dengan cara menyiapkan foto keluarga berbentuk persegi panjang yang telah dicetak. Lalu, potong selembar kertas karton sedikit lebih besar dari garis foto. Rekatkan foto ke atas kertas karton.

Jika sudah menempel dengan baik, arahkan anak Moms untuk menghias bagian belakang penanda buku. Misalnya, dengan menuliskan ucapan "Selamat Hari Ibu" atau yang lainnya.

Bisa juga bantu anak untuk menempelkan beberapa lembar stiker dan menambahkan hiasan pita agar lebih menarik.

Itu dia Moms beberapa ide kado Hari Ibu sederhana yang bisa di bual oleh anak. Lucu dan menggemaskan bukan?

  • http://plainvanillamom.com/2012/05/mothers-day-gifts-butterfly-footprints-made-with-love-linky.html
  • http://yellowtennessee.com/2012/diy-footprint-butterflies/
  • https://mycreativedays.porch.com/homemade-mothers-day-gift/
  • http://mrsgoffskinders.blogspot.com/2014/05/another-cute-mothers-day-idea.html?ref=pcrorganicgglunkwn&prid=pcseogglunkwn
  • https://www.makeandtakes.com/mothers-day-craft
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait