Kesehatan

14 September 2021

Enak Disantap Bareng Ayam Bakar, Ini Kalori Sambal Terasi

Pedas, gurih, dan bikin ketagihan, ketahui kalori sambal terasi di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Nydia
Disunting oleh Karla Farhana

Bagi orang Indonesia, makan bisa terasa kurang lengkap tanpa kehadiran sambal. Salah satunya, sambal terasi. Namun, tahukah Moms berapa kalori sambal terasi?

Saat membeli pecel ayam, pecel lele, atau ayam bakar, sambal terasi biasanya tak pernah ketinggalan.

Rasa gurih dari terasi, pedas dari cabai, serta manis asam dari tomat, bisa membuat hidangan terasa lebih nikmat.

Aroma tajam dan menggugah dari terasi sebagai “bintang utama” dalam sambal ini juga bisa meningkatkan selera makan.

Jadi, bila Moms sedang merasa tidak nafsu makan, cobalah tambahkan sesendok sambal terasi dalam menu makan Moms, deh.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Berikut Jumlah Kalori Salak yang Perlu Moms Ketahui

Mengetahui Kalori Sambal Terasi

1 sambal terasi

Foto: Orami Photo Stock

Sambal terasi terbuat dari cabe merah, cabe rawit, tomat, gula, dan jeruk limau. Bahan-bahan tersebut membuat sambal terasi memiliki citarasa gurih, pedas, dan wangi.

Mengutip laman Fat Secret Indonesia, kalori sambal terasi cukup bervariasi berdasarkan mereknya.

Untuk sambal terasi merek ABC, terkandung 20 kalori, 1 gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan 1 gram protein per porsi (10 gram).

Untuk sambal terasi merek Kokita, terkandung 30 kalori, 1 gram lemak, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein per porsi (15 gram).

Sementara itu, untuk sambel terasi merek Uleg, per porsinya (8 gram) mengandung 15 kalori, 0,5 gram lemak, 2 gram karbohidrat, dan 0 gram protein.

Perbedaan jumlah kalori sambal terasi dari 3 merek tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan takaran saji per porsi.

Selain itu, takaran gula, garam, minyak, dan bahan-bahan lain dalam sambal terasi juga bisa memengaruhi jumlah kalorinya.

Jumlah kalori sambal terasi juga bisa berbeda jika Moms membuat sendiri sambal terasi di rumah. Bila ingin lebih rendah kalori, Moms bisa buat sambal terasi dengan sedikit atau tanpa menggunakan minyak.

Dengan begitu, bisa dipastikan jumlah kalorinya akan lebih sedikit dan cocok untuk diet.

Baca juga: Seringkali Dijadikan Menu Sarapan, Berikut Kalori Lontong

Nutrisi dari Bahan-Bahan Sambal Terasi

Setelah mengetahui kalori sambal terasi, rasanya tak lengkap jita tidak membedah satu persatu bahan di dalamnya ya, Moms.

Sebab, selain enak, sambal terasi juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, lho.

Berikut ini kandungan nutrisi sambal terasi dari bahan-bahannya:

1. Cabai Merah

cabai merah

Foto: Stok Foto Orami

Mengutip laman Healthline, cabai merah mengandung vitamin A, C, B6, dan K1, serta mineral penting seperti kalium dan tembaga.

Selain itu, cabai merah juga mengandung capsaicin, lutein, asam ferulat, dan banyak lagi.

Berbagai kandungan dalam cabai merah bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, mengobati beberapa penyakit rematik, dan juga mengandung antioksidan untuk menghambat penuaan.

2. Bawang Merah

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah bawang merah di ruangan.jpg

Foto: Stok Foto Orami

Bawang merah mengandung protein, folat, niasin, riboflavin, tiamin, serta vitamin A dan C.

Penyedap masakan ini kaya akan antioksidan, dan bermanfaat untuk mencegah kanker, mengatasi peradangan, serta mendukung kesehatan saraf dan otot.

3. Terasi Udang

terasi.jpg

Foto: Stok Foto Orami

Terasi terbuat dari hasil awetan udang rebon yang diolah melalui proses fermentasi.

Karena terbuat dari udang, terasi mengandung protein yang cukup tinggi, vitamin B12, dan banyak mineral penting seperti selenium, fosfor, seng, dan magnesium.

Selain itu, terasi udang juga mengandung antioksidan astaxanthin.

Menurut studi pada 2014 yang dipublikasikan di jurnal Marine Drugs, astaxanthin dapat melindungi tubuh dari peradangan, dengan mencegah radikal bebas merusak sel-sel.

4. Tomat

Masker Tomat untuk Wajah dengan Komedo

Foto: Stok Foto Orami

Tomat mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C dan K, protein, serat, kalium, magnesium, dan fosfor.

Mengonsumsi buah ini bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan, memperkuat tulang, menjaga kesehatan mata, dan menghambat penuaan kulit.

Baca juga: Kalori Bayam Rebus dan Bayam Goreng, Mana yang Lebih Sehat?

5. Jeruk Limau

kalori sambal terasi

Foto: freepik.com

Punya citarasa asam menyegarkan, jeruk limau mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Ini membuat jeruk limau bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan kanker.

Itulah pembahasan mengenai kalori sambal terasi, dan nutrisi yang tersembunyi di balik bahan bakunya.

Meski baik untuk kesehatan, Moms perlu tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jadi, konsumsilah sambal terasi secukupnya, dan imbangi dengan pola makan bergizi seimbang, ya.

Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga rutin dan istirahat yang cukup.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3917265/pdf/marinedrugs-12-00128.pdf

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/abc/sambal-terasi/1-porsi

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/kokita/sambal-terasi/1-porsi

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/uleg/sambal-terasi/1-takaran-saji

https://www.healthline.com/nutrition/foods/chili-peppers#plant-compounds

https://www.nutrition-and-you.com/shallots.html

https://www.healthline.com/nutrition/is-shrimp-healthy

https://www.verywellfit.com/tomatoes-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4119981

https://www.medicalnewstoday.com/articles/304448

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait