Rupa-rupa

8 Juli 2021

50+ Kata-kata Rindu kepada Pacar, Sahabat dan Orang Tua yang Menyentuh Hati

Ungkapan kata-kata rindu untuk mengobati kerinduan di hati
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Perasaan rindu biasanya dirasakan ketika berjauhan atau sudah tidak lama berjumpa dengan seseorang. Selain menelepon, mengajak bertemu, tidak sedikit orang yang menyampaikan rasa rindunya dengan mengirim pesan lewat kata-kata rindu.

Selain terdengar lebih estetik, mengutip Psycofacts, mengirim kata-kata rindu yang puitis dirasa lebih efektif dan bisa membantu mengobati rasa rindu yang tengah dirasakan.

Kata-kata rindu tidak hanya bisa ditujukan kepada pacar ataupun suami saja, namun juga kepada sahabat, ayah dan ibu, adik atau kakak, orang-orang terdekat atau mereka yang telah tiada. Tentunya, pilihan kata-kata rindu harus disesuaikan dengan penerima pesan ya.

Ada banyak kata-kata rindu menyentuh hati yang tersedia di luar sana, tinggal pilih kira-kira mana yang sesuai.

Kata-ata Rindu kepada Pacar atau Suami yang Romantis

Kata-kata Cinta untuk Pacar (pexels.com Van Tang).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Kata-kata seperti "Aku rindu kamu", mungkin sudah sangat sering diungkapkan kepada pasangan. Oleh karenanya, cobalah sesekali memberikan kejutan dengan menyampaikan rindu dengan cara tak biasa. Salah satunya lewat kata-kata rindu romantis dan menyentuh hati. Bisa disampaikan lewat chat ataupun berupa kode di media sosial.

Kalau mau lebih romantis lagi, kirimkan bunga atau benda favoritnya bersama kartu yang dibubuhi kutipan-kutipan rindu. Dijamin dia akan tersenyum simpul saat menerimanya, dan menambah keharmonisan dalam hubungan.

Nah, berikut kata-kita rindu romantis yang bisa diungkapkan kepada pacar atau suami.

Baca Juga: 31+ Kata Mutiara buat Suami, Bentuk Ungkapan Cinta dan Sayang pada Pasangan

1. Aku bilang, selamat tinggal, kau bilang, sampai jumpa. Kau belum benar-benar pergi, tapi aku sudah rindu. (Alvi Syahrin)

2. Tiada yang lebih indah. Tiada yang lebih rindu. Selain hatiku. Andai engkau tahu. (Dewi Lestari)

3. Denting hujan melagu di atas genting. Rindu-rindu menari di dalam hati. Memohon temu tak henti-henti. (Agus Sugiantoro)

4. Rindu itu berat biar aku saja yang menanggungnya. (Pidi Baiq)

5. Tapi kalau tidak ada kamu, aku suka rindu. (Pidi Baiq)

6. Kalau suatu saat nanti kau rindu padaku, maukah kau memberitahuku? Agar aku bisa langsung berlari menemuimu. (Pidi Baiq)

7. Kalau sampai rindu, aku tidak akan bilang-bilang, aku akan datang. Tidak ada yang berat, selama hati kita masih erat. (Fiersa Besari)

8. Jika saatnya tiba, sedih akan menjadi tawa, perih akan menjadi cerita, kenangan akan menjadi guru, rindu akan menjadi temu, kau dan aku akan menjadi kita. (Fiersa Besari)

9. Beberapa rindu memang harus sembunyi-sembunyi. Bukan untuk disampaikan, hanya untuk dikirimkan lewat doa. (Fiersa Besari)

10. Rindu itu seperti gerimis yang muram, awet. (Raditya Dika)

11. Bolehkah kupesan hatimu? Untuk menghangatkan hatiku yang nyaris beku bila tanpamu. Atau, bolehkah kupesan senyummu saja? Senyummu yang seperti candu, membuatku sulit memejamkan mata karena selalu rindu melihat garis lengkungan manis di bibirmu itu (Aditia Yudis)

12. Rasa hangat ketika kedua tubuh bertemu, rasa lengkap ketika dua jiwa mendekat, rasa rindu yang tuntas ketika kedua pasang mata menatap. (Dewi Lestari)

13. Aku semaput dalam perasaan rindu. Aku ingin menghambakan diri dalam pelukannya. (Tere Liye)

14. Karena rindu hanya mungkin terjadi pada hati yang sedang jatuh cinta. (Christian Simamora)

15. Hujan dan kamu adalah rindu.Kita akan menikmatinya dalam senja-senja beranjak pulang. Dalam rasa sayang yang tak akan pernah hilang. Bahkan saat hujan telah berhenti. (Boy Candra)

16. Saat lantunan rindu adalah alasan setiap pertemuan. (Wira Nagara)

17. Biarlah "Apa kabar?" menjadi pengganti "Aku rindu"; "Jaga dirimu baik-baik"menjadi pengganti "Aku sayang kamu". (Fiersa Besari)

18. Tak pernah ada yang salah dengan cinta. Ia mengisi sesuatu yang tidak kosong. Tapi yang terjadi di sini adalah asmara, yang mengosongkan sesuatu yang semula ceper. Dengan rindu. Belum tentu nafsu. (Ayu Utami, Saman)

Kata-kata Rindu kepada Sahabat yang Penuh Haru

5 hal yang bisa dilakukan untuk menghibur sahabat yang habis keguguran hero

Foto: Orami Photo Stock

Ketika merindukan sahabat yang tinggal jauh dan sudah lama tidak bertemu, jangan sungkan untuk mengungkapkannya. Dengan mengirim kata-kata rindu tentang persahabatan untuknya, akan membuat kalian tetap dekat dan selalu ada satu sama lain.

Berikut kumpulan kata-kata rindu yang sesuai untuk disampaikan kepada sahabat.

Baca Juga: Ternyata, Punya Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental

19. Jarak itu sebenarnya tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan. (Joko Pinurbo)

20. Kangen itu buat orang yang kita sayang, tapi kalau rindu buat orang yang bener-bener kita sayang. (Al Dhimas)

21. Apakah sahabat itu? Satu jiwa yang berada dalam dua tubuh yang berbeda. (Aristoteles)

22. Kata-kata itu mudah dibuat, seperti angin; Sahabat yang setia sulit untuk ditemukan. (William Shakespeare)

23. Banyak orang keluar masuk dalam kehidupan, namun hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak kaki di sanubari. (Eleanor Roosevelt)

24. Mungkin suatu hari nanti kita akan bertemu lagi sebagai karakter dalam cerita yang berbeda, semoga kita bisa berbagi seumur hidup." (Pavana)

25. Ke mana pun kamu pergi, kamu akan selalu ada di hatiku. (Anthony T. Hincks)

26. Apalah artinya jarak jika dibandingkan dengan jempol yang saling mengetik, suara yang saling menyapa, langit yang saling tertatap, dan doa yang saling terhatur? (Fiersa Besari)

27. Apa yang terjejak dalam jarak? Rindu. (Sefryana Khairil)

Kata-kata Rindu untuk Ayah dan Ibu yang Tinggal Jauh

Cara Menjaga Orang Tua yang Lansia di Rumah saat Pandemi Covid.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika tinggal jauh dari orang tua, ada momen-momen tertentu yang membuat kita merindukan mereka. Tidak hanya rindu dengan kehadiran ayah dan ibu, tetapi juga dengan kenangan bahagia masa kecil di kampung halaman.

Jangan hanya dipendam, coba ungkapkan rasa rindu kepada mereka melalu kata-kata rindu untuk ayah dan ibu. Selain dikirim lewat pesan, kata-kata rindu juga bisa disampaikan melalui kartu ucapan ketika memperingat Hari Ibu, Hari Ayah ataupun hari-hari spesial keluarga lainnya.

Berikut pilihan kata-kata rindu untuk orang tua yang tinggal jauh di sana.

Baca Juga: 3 Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta, Yuk Panjatkan!

28. Terkadang senja mengingatkan pada rumah, pada orang-orang yang membuat hati kita rindu untuk pulang. (Iwok Abqary)

29. Sebenarnya, aku ingin kembali, Ayah. Pulang ke teduh matamu. Berenang di kolam yang kau beri nama rindu. (Pramoedya Ananta Toer)

30. Seterhibur-hiburnya di penjara, tidak ada yang bisa meringankan hati yang rindu kepada ibu. (Valiant Budi)

31. Rumah itu adalah sebuah tempat di mana sejauh-jauhnya kita pergi, kita akan selalu rindu pulang padanya. Sebab hanya di sana, keletihan kita terobati. (Ifa Avianty)

32. Kekasih yang kita cintai adalah rumah, meski kaki kita melangkah, hati kita tetap tertinggal. (Oliver Wendell Holmes)

33. Rumah. Sejauh manapun aku melangkah dan berlari, kepadanya juga aku kembali. Karena disanalah hati begitu nyaman berdiam. Ada rindu yang terus bernyawa. Membawa inginku selalu kembali kepadanya. Rumah itu kamu. (Moammar Emka)

34. Ayah bunda, kucintai kau berdua seperti aku mencintai surga. (Abdurrahman Faiz)

35. Tak lama lagi aku akan pulang, ke pelukan paling lapang, tempat dimana hati luluh, pada tangisan jiwa yang tak pernah pamrih. (Andra Dobing)

36. Cinta adalah rantai untuk mengikat seorang anak dengan orang tuanya. (Abraham Lincoln)

37. Keluarga adalah tempat kita berpulang, tempat kita bisa menemukan rumah dan merasakan kenyamanan. (Haqi Achmad)

38. Nikmati nyanyian pagi sendu ini. Mari kembali ke masa yang hanya bisa kita kenang itu dengan menumpang rindu.” (Rohmatikal Maskur)

Kata-kata Rindu kepada Seseorang yang Telah Tiada

cara mengobati kesedihan mendalam setelah suami meninggal dunia 01

Foto: Orami Photo Stock

Kehilangan orang yang disayangi untuk selama-lamanya akan menorehkan kesedihan mendalam. Baik kehilangan ayah, ibu, sahabat, pacar atau suami dan orang-orang terdekat lainnya.

Rasa rindu yang dirasakan untuk mereka sudah pasti berat, karena mustahil untuk bisa berjumpa kembali di dunia. Sementara yang bisa dilakukan hanyalah mengenang mereka di dalam hati.

Selain kata-kata duka, mengenang orang-orang tersayang yang telah berpulang juga bisa diungkapkan lewat kata-kata rindu yang menyentuh hati.

Berikut sejumlah kata-kata rindu untuk orang-orang terdekat yang sudah meninggal.

Baca Juga: 9+ Ciri-ciri Orang Mau Meninggal, Wajib Diperhatikan, Jangan sampai Menyesal!

39. Hal paling menyedihkan ketika ditinggal ibu adalah saat menyadari bahwa mulai saat itu tak ada lagi doa ibu yang menemani. (Indah Esjepe)

40. Kematian yang merenggut pasangan hidup yang sangat kita cintai sama halnya dengan mencabut sebagian jiwa, membiarkannya tak lagi utuh dan harus bertahan dengan separuh kekuatan yang tersisa. Dan tak semua orang bisa melewati perjalanann hidup selanjutnya dengan mudah, dengan hanya mengandalkan sisa kekuatan itu di saat belahan jiwanya yang lain telah berpulang ke pangkuan-Nya. (Riawani Elyta)

41. Ketika kita telah kehilangan semuanya, kita baru merasa, betapa hal itu sangat berguna bagi kita. Betapa kita merindukan semuanya. Dan kenangan selalu saja memberi ruang yang sangat lebar dan luas untuk sebuah kerinduan. (Guntur Alam)

42. Kematian adalah puncak. Tuntasnya kerinduan seorang hamba kepada Rabb-nya. (Asma Nadia)

43. Ada yang bilang, kita masih bisa melihat orang-orang yang kita cintai bahkan setelah mereka mati. Mereka bilang jiwa orang yang kita cintai akan mendatangi kita di malam hari atau setidaknya dalam mimpi, kerinduan kita akan memanggil mereka kembali, meskipun hanya sesaat. (Cornelia Funke)

44. Ketika sesuatu menjadi kenangan, semua terasa indah dan mendatangkan kerinduan. (Tasaro G K)

45. Menunggumu pulang dengan kerinduan berkelindan. (Muna Masyari)

46. Mengapa ketiadaan seseorang justru meningkatkan kerinduan? (Dyah Rinni)

47. Beberapa orang tinggal dalam hidupmu agar kau menghargai kenangan. Beberapa orang tinggal dalam kenangan agar kau menghargai hidupmu. (Fiersa Besari)

48. Kita tidak pernah berhitung. Berapa air mata yang jatuh dalam kehidupan? Hingga akhirnya, kita dijatuhi air mata karena kematian. (Ira Diana, Lisa San No Machigatta Koi)

49. Hidup adalah sebuah anugerah, kita tidak akan pernah mengetahui betapa berharganya apa saja yang sudah kita miiki, sampai kita kehilangannya. Begitu juga, kita tidak akan pernah mengetahui apa saja yang hilang dalam hidup kita, jika sesuatu itu tidak pernah datang. (Nicko Widjaja, Medley: Garis Batas Impian Lelaki)

50. Setiap malam kita bisa memadamkan lampu namun tak bisa mematikan rindu. (Boy Candra)

51. Setiap kalimat yang ditulis dalam lembar itu membuatnya rindu. Rindu yang tak berujung karena bagaimanapun ia berusaha, rasa rindu itu tak akan pernah terbalas. (Alvi Syahrin)

52. Yang paling menyiksa adalah ketika aku merindukanmu dan tahu bahwa rindu itu tidak pernah tersampaikan. (Dhamala Shobita)

Baca Juga: 55 Kata-kata Bijak untuk Suami yang Bikin Langgeng Hubungan

Itulah dia kumpulan kata-kata rindu untuk pacar atau suami, sahabat, orang tua, serta ungkapan kerinduan untuk orang-orang tersayang yang telah pergi untuk selama-lamanya.

Hampir semua kata-kata rindu ini merupakan buah pikiran para penulis baik di Indonesia maupun di luar lho, Moms. Masing-masing kutipan pun memiliki makna yang dalam dan menyentuh hati.

Semoga kumpulan kata-kata rindu ini bisa membantu mengobati rindu yang dirasakan ya!

  • https://psycofacts.com/psychological-facts-about-missing-someone/
  • https://jagokata.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait