Kesehatan

17 Juni 2021

9+ Ciri-ciri Orang Mau Meninggal, Wajib Diperhatikan, Jangan sampai Menyesal!

Gelisah menjadi salah satu ciri orang mau meninggal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat melihat ciri-ciri orang mau meninggal apalagi orang tersebut adalah orang terdekat, rasanya begitu menyedihkan. Sebagai orang terdekatnya, Moms pasti akan membantu dan membuat hari-hari terakhirnya senyaman mungkin agar tidak merasakan kehilangan yang mendadak.

Apalagi jika itu adalah ibu, ayah, atau saudara Moms, tentunya rasa sedih itu akan ada meskipun orang-orang tersayang itu belum benar-benar pergi. Beberapa menunjukkan tanda khusus seperti sakit, namun ada juga yang hanya menunjukkan ciri-ciri orang mau meninggal tanpa penyakit tertentu.

Baca Juga: Ciri-ciri Pria yang Berpotensi Lakukan KDRT

Ciri-ciri Orang Mau Meninggal

Ciri-ciri Orang Mau Meninggal -1.jpg

Foto: Crossroadshospice.com

Ketika seseorang sakit parah, mereka mungkin berada di rumah sakit dan menerima perawatan khusus. Penting bagi orang yang mereka cintai untuk mengenali tanda-tanda bahwa kematian mungkin sudah dekat. Berikut ini adalah tanda umum dari ciri-ciri orang mau meninggal yang dapat terlihat.

1. Rasa Sakit

Nyeri mungkin merupakan gejala yang paling ditakuti di akhir hidup,, apalagi kematian akibat kanker yang sering kali lebih menyakitkan menurut American Cancer Society. Namun, memperlihatkan rasa sakit sebagai ciri-ciri orang mau meninggal tidak berlaku untuk setiap penyakit yang mematikan.

Untungnya, ada banyak obat yang dapat mengatasi rasa sakit secara efektif dan membantu orang yang Moms sayangi lebih mudah mengatasinya. Oleh karena itu apa pun penyakitnya, kemampuan untuk mengenali dan membantu mengelola rasa sakit untuk orang yang Moms cintai sangatlah penting.

2. Sesak Napas

Sesak napas atau kelainan pernapasan adalah salah satu gejala paling umum di akhir hidup. Beberapa tingkat sesak napas sering terjadi pada kebanyakan orang saat akan mendekati kematian, dikutip dari penelitian Journal of Post-Acute and Long Term Care Medicine (JAMDA).

Meski begitu, jika Moms merasa hal itu adalah ciri-ciri orang mau meninggal, Moms bisa memberikan beberapa perawatan sederhana dan efektif yang dapat membantu melegakan pernafasan seperti latihan pernapasan dalam, teknik relaksasi, oksigen, dan, obat-obatan jika diperlukan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Disleksia pada Anak, Ini Ciri-cirinya

3. Kegelisahan

Ciri-ciri Orang Mau Meninggal -2.jpg

Foto: Inspirationhospice.com

Menurut penelitian JAMDA yang lain, kecemasan adalah hal yang normal dan cukup umum di akhir kehidupan. Meskipun wajar untuk merasakan tingkat kecemasan tertentu saat mengalami nyeri atau sesak napas, ini dapat terjadi kapan saja dalam proses kematian selain dari gejala lainnya.

4. Nafsu Makan dan Haus Menurun

Saat tubuh seseorang mati secara alami dan bersiap menghadapi kematian, ia tidak lagi membutuhkan kalori dan nutrisi dari makanan. Dan ini adalah peristiwa yang sangat menyedihkan bagi anggota keluarga yang akan ditinggalkan.

Karena memberi makan adalah bagian dari pengasuhan dan kepedulian, seringkali menjadi kontradiksi bagi orang yang dicintai untuk merawat pasien dan tidak memberinya makan. Meski begitu, penurunan asupan makanan merupakan fenomena alami dan tidak mempercepat proses kematian.

5. Mual atau Muntah

Penyakit, obat-obatan, dan perawatan lain dapat menyebabkan mual dengan atau tanpa muntah, menurut Clinical Interventions in Aging. ini bisa menjadi gejala yang sangat mengganggu bagi orang yang Moms cintai.

Udara segar, makanan kecil, pembatas bau, dan obat mual adalah beberapa perawatan yang dapat dicoba untuk membantu orang yang Moms cintai mengelola gejala-gejala ini. Tentunya jika mendapat perawatan yang baik, yang tersayang akan merasa lebih nyaman.

6. Sembelit

Jika Moms pernah mengalami sembelit, pasti tahu betapa tidak nyamannya hal itu. Gastroentrology Review mencatat, pengobatan yang digunakan untuk mengobati nyeri dan sesak napas dapat menyebabkan sembelit.

Karena akan menyebabkan kurangnya aktivitas, penurunan asupan serat dan cairan, dan proses penyakit. Sembelit adalah gejala yang harus diperhatikan untuk mencegahnya menjadi parah. Tanyakan kepada dokter atau perawat cara terbaik untuk mengelolanya.

Baca Juga: Dads, Ketahui Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

7. Kelelahan

Ciri-ciri Orang Mau Meninggal -3.jpg

Foto: Mcknightsseniorliving.com/Gettyimages

Ciri-ciri orang mau meninggal lainnya adalah akan terlihat tidur berlebihan. Ini karena kekurangan energi, sebagai bagian dari tubuh yang mati, atau akibat obat-obatan yang menyebabkan kantuk dilansir Cachexia, Nutrition and Hydration.

Bahkan kebalikannya seperti kesulitan tidur juga umum terjadi. Moms harus segera menyadari hal tersebut dan bersiap untuk membantu yang tersayang merasa nyaman, baik saat terlalu banyak tidur atau menemaninya saat kesulitan tidur.

8. Delirium dan Kegelisahan

Kebingungan, agitasi, dan sulit tidur dapat terjadi pada beberapa orang di akhir kehidupannya menurut Clinical Updates. Delirium dapat disebabkan oleh proses penyakit, penurunan oksigen di otak, obat-obatan, atau untuk alasan lain termasuk sembelit atau dehidrasi.

Orang tersebut mungkin melakukan hal-hal yang tidak biasa, misalnya mencongkel seprai atau membuka pakaiannya dalam keadaan gelisah atau berhalusinasi, dan mengaku melihat orang dan benda yang tidak ada. Pastikan agar dokter melihat salah satu dari perilaku ini.

9. Kurang Bersosial

Saat tingkat energi orang yang mau meninggal berkurang, mereka mungkin tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan orang lain seperti dulu. Jika orang tersebut menunjukkan gejala kurang sosial, Moms harus berusaha untuk tidak tersinggung.

Sebab, bukan hal yang aneh jika seseorang merasa tidak nyaman membiarkan orang lain melihat mereka kehilangan kekuatannya. Jika ini masalahnya, disarankan untuk mengatur kunjungan ketika orang yang mau meninggal ingin bertemu dengan seseorang.

10. Tanda Vital Berubah

Ciri-ciri orang mau meninggal lainnya adalah dengan memperhatikan perubahan pada tanda-tanda vital, misalnya:

  • Tekanan darah turun,
  • Perubahan pernapasan,
  • Detak jantung menjadi tidak teratur,
  • Detak jantung mungkin sulit dideteksi,
  • Urin mungkin berwarna coklat, kecokelatan, atau berwarna seperti karat.

Warna urin seseorang berubah karena ginjalnya mati. Melihat ini dan perubahan lainnya pada orang yang dicintai mungkin membuat stres. Tetapi perubahan ini tidak menyakitkan, jadi mungkin membantu untuk mencoba untuk tidak terlalu fokus padanya.

Dengan mengetahui ciri-ciri orang mau meninggal ini, Moms bisa meningkatkan kewaspadaan dan berusaha memberikan yang terbaik di akhir hayat orang yang tersayang.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320794
  • https://www.verywellhealth.com/common-symptoms-at-the-end-of-life-1132515
  • https://www.cancer.org/treatment/end-of-life-care/nearing-the-end-of-life/death.html
  • https://www.jamda.com/article/S1525-8610(14)00841-X/fulltexthttps://www.dovepress.com/treating-nausea-and-vomiting-in-palliative-care-a-review-peer-reviewed-fulltext-article-CIA
  • https://www.jamda.com/article/S1525-8610(16)30128-1/fulltext
  • https://www.termedia.pl/The-occurrence-and-risk-factors-of-constipation-r-nin-inpatient-palliative-care-unit-patients-vs-nursing-home-residents,41,34207,0,1.html
  • https://www.bmj.com/content/353/bmj.i3085
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait