3-5 tahun

3-5 TAHUN
13 Januari 2021

Kebaikan Formula Soya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi

Si Kecil tidak cocok susu sapi? Yuk, berikan formula soya untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apa yang dikonsumsi oleh oleh Si Kecil punya peranan penting dalam kesehatan dan pertumbuhannya. Si kecil butuh asupan nutrisi seimbang yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, serat, sampai zat besi.

Namun seringkali Si Kecil yang tidak cocok susu sapi cenderung kekurangan zat gizi vitamin dan mineral karena tidak dapat mengonsumsi susu sapi. Sehingga, kebutuhan nutrisi tersebut bisa dilengkapi dengan bantuan dari susu formula yang aman untuk Si Kecil yang tidak cocok susu sapi, salah satunya formula soya.

Baca Juga: Anak Alergi Susu Sapi, Apa Yang Harus Mama Lakukan?

Kapan Harus Minum Formula Soya?

6 Manfaat Kedelai -2.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari National Health Service, pasca mengonsumsi susu sapi, anak yang memiliki alergi akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

  1. Reaksi kulit, seperti ruam merah yang gatal atau pembengkakan pada bibir, wajah, dan sekitar area mata
  2. Gangguan pencernaan, seperti sakit perut, muntah, kolik, diare atau sembelit
  3. Gejala seperti demam, seperti pilek atau hidung tersumbat
  4. Eksim yang tidak membaik meski telah dilakukan pengobatan sendiri

Lalu apa yang harus dilakukan jika ciri-ciri tidak cocok susu sapi pada Si Kecil timbul?

Segera konsultasikan pada dokter agar Si Kecil mendapatkan penanganan yang tepat, yaitu penghindaran konsumsi makanan dan minuman yang berbasis protein susu sapi dan produk turunannya, juga penuhi asupan nutrisi pengganti susu sapi salah satunya lewat formula soya.

Formula soya adalah minuman nabati berprotein tinggi yang terbuat dari isolate protein soya dan dilengkapi oleh nutrisi penting lainnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil yang tidak cocok susu sapi.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Susu Soya, Cek Dulu Yuk Moms!

Kandungan Dalam Formula Soya

cara memilih susu kedelai untuk anak alergi-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak kebaikan formula soya yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Formula soya merupakan sumber kalium yang baik dan banyak diperkaya dengan vitamin A, B-12, dan D, serta kalsium. Kandungan proteinnya setara dengan susu sapi, tetapi lebih rendah kalorinya.

Kandungan lemak, gula, dan kolesterolnya jauh lebih rendah dibandingkan susu sapi. Untuk jumlah serat dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anak, kandungannya dalam formula soya jauh lebih banyak.

"Formula soya menawarkan keragaman kuliner, tekstur yang lembut, dan deretan nutrisi yang menyehatkan, termasuk asam lemak omega-3 esensial dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif," ungkap Julieanna Hever, RD, ahli diet makanan berbasis tanaman di Los Angeles dan penulis buku The Vegiterranean Diet.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Formula Soya

minum susu rendah lemak hero

Foto: Orami Photo Stock

Melihat begitu banyaknya kandungan formula soya yang baik untuk tubuh Si Kecil, tentu saja ada banyak manfaat yang bisa diserap oleh tubuh, terlebih bagi anak yang tidak cocok susu sapi.

Semua manfaat formula soya ini akan membantu memaksimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Ini dia kebaikan formula soya yang bisa didapatkan anak!

1. Berat Badan Terjaga

Terbukti rendah lemak, formula soya dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan ideal Si Kecil. Efek selanjutnya dari rendahnya lemak tubuh juga dapat membantu menurunkan risiko masalah jantung dan obesitas pada anak

2. Pencernaan Lancar

Formula soya punya kandungan serat yang sangat tinggi. Anak yang rutin mengonsumsi susu ini kemungkinan lebih kecil mengalami masalah pencernaan, termasuk masalah usus hingga diare.

Baca Juga: 3 Masalah Pencernaan Anak

3. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Kondisi intoleransi laktosa bisa terjadi ketika Si Kecil tidak cocok susu sapi. Menurut Barbara Schmidt, RDN, spesialis program gaya hidup nutrisi di Norwalk Hospital di Norwalk, Connecticut, Amerika Serikat, anak bisa kesulitan mencerna gula yang disebut laktosa, yang merupakan karbohidrat yang ditemukan dalam susu sapi.

Kondisi itu bisa menyebabkan berbagai efek samping yang tidak nyaman dalam kesehariannya beraktivitas. Minum formula soya adalah jalan terbaik untuk mengatasi masalah yang satu ini.

4. Membuat Pertumbuhan Tulang Kuat dan Sempurna

Konsumsi formula soya yang diperkaya sudah dipastikan akan mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Sebab formula soya mengandung nutrisi Vitamin D yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium untuk tumbuh kembang Si Kecil.

5. Antioksidan Sempurna

Di dalam formula soya terkandung flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif. Semua itu akan membantu meningkatkan kesehatan Si Kecil dan mencegah kerusakan sel yang diakibatkan dari polusi di sekitar.

Selain itu di dalam formula soya juga ada kandungan Asam Pantotenat atau Vitamin B5 yang membantu pembentukan darah dan metabolisme tubuh sehingga daya tahan tubuh si kecil meningkat.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Sumber Kebaikan Formula Soya

Kalau Bunda kebingungan mencari alternatif formula soya untuk Si Kecil, pilih SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus. Di dalamnya terkandung 5 Kebaikan ComplinutriSoy+, termasuk minyak ikan, Omega 3 dan 6, serta kalsium, yang bisa membantu memenuhi nutrisi saat anak tidak cocok susu sapi.

SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus juga mengandung 100% isolate protein soya berkualitas, yang bebas susu sapi dan laktosa, tetapi mengandung asam amino penting yang berkualitas. Diperkaya juga dengan 13 vitamin dan 7 mineral, formula soya ini sempurna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh Si Kecil.

Masalah pencernaan juga tidak akan menghampiri Si Kecil, sebab SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus memberikan asupan Serat Pangan (Inulin) dan Vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan, (mata, saluran pencernaan, saluran pernafasan, dan kulit).

Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil yang tidak cocok susu sapi, Bunda bisa memberikan SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus minimal 3 kali dalam sehari.

Tidak hanya kesehatan tubuh anak yang terjaga, Formula soya ini juga mendukung si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal agar jadi Generasi Maju.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait