Scroll untuk melanjutkan membaca

PASCAMELAHIRKAN
03 Februari 2022

Moms Kedinginan Setelah Melahirkan? Bisa Jadi Itu Postpartum Chills!

Cari tahu penyebabnya, Moms
Moms Kedinginan Setelah Melahirkan? Bisa Jadi Itu Postpartum Chills!

Selama masa kehamilan, Moms tentu mengalami berbagai perubahan fisik. Usai melahirkan, Moms juga mungkin akan mengalami salah satu gejala. Misalnya, rasa kedinginan setelah melahirkan atau yang disebut dengan postpartum chills.

Moms yang sedang mempersiapkan kehadiran buah hati perlu memahami postpartum chills ini sehingga tidak merasa panik jika mengalaminya.

Meski tidak ada yang bisa mencegahnya, tetapi Moms bisa membekali diri sebaik mungkin, seperti dengan menyiapkan pakaian hangat untuk mengurangi kedinginan setelah melahirkan.

Baca Juga: Mengenal Tokophobia, Ketakutan Berlebih terhadap Hamil dan Melahirkan

Tanda Kedinginan Setelah Melahirkan

kedinginan setelah melahirkan

Foto: kedinginan setelah melahirkan (1life.co.za)

Foto: Orami Photo Stock

“Kebanyakan wanita belum pernah mendengar tentang menggigil pascamelahirkan, jadi mengetahui kemungkinan itu membuat mereka tidak perlu khawatir jika itu benar-benar terjadi,” jelas dokter kandungan Rebecca Russell, MD.

Mengutip Cleveland Clinic, tanda Moms mengalami kedinginan setelah melahirkan, yaitu jika tiba-tiba gigi bergemeletuk (menggigil) dan merasa seperti baru saja melangkah keluar rumah di cuaca di bawah 0° tanpa mantel.

Namun, jika Moms merasa kedinginan yang mirip dengan flu (sakit yang hampir bisa dirasakan sampai tulang), itu tandanya mungkin Moms mengalami demam dan bisa mengindikasikan infeksi.

Oleh sebab itu, Moms harus selalu memberitahu dokter jika merasa kedinginan setelah melahirkan untuk memastikan apakah kondisi tersebut termasuk postpartum chills atau justru demam akibat infeksi.

Apakah Kondisi Ini Termasuk Hal Normal?

postpartum chills normal

Foto: postpartum chills normal

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang belum pernah melahirkan atau hendak melahirkan mungkin merasa khawatir ketika mengetahui bahwa tubuh kita bisa saja mengalami postpartum chills.

Namun tenang saja Moms, kedinginan setelah melahirkan termasuk hal yang wajar. Bahkan, hal ini juga bisa terjadi pada minggu-minggu berikutnya usai persalinan.

“Segera setelah melahirkan, mengalami kedinginan atau menggigil adalah hal yang normal,” ujar Karroll P McGregor, MD, seorang OB/GYN di Atrium Health Women's Care, seperti dikutip dari Romper.

Kondisi ini bisa terjadi karena kehilangan darah, kehilangan cairan, atau perubahan hormon.

Ketika merasa kedinginan, biasanya tidak masalah berapa suhu ruangan atau berapa banyak selimut hangat yang Moms kenakan karena biasanya terjadi akibat reaksi tubuh terhadap apa yang baru saja dialaminya. Jadi, bukan suhunya.

Sedangkan pada hari-hari dan minggu-minggu setelah melahirkan, kedinginanan pascapersalinan juga dapat dikaitkan dengan masa menyusui.

“Beberapa wanita akan melaporkan 'menggigil' saat ASI mereka masuk atau dengan pembengkakan payudara,” kata Elizabeth Gresham Livingston, MD, seorang Profesor Obstetri dan Ginekologi di Duke University School of Medicine.

Selain itu, tidak jarang beberapa wanita mungkin mengalami kedinginan setelah tubuh mendingin dari hot flash (rasa panas yang muncul secara tiba-tiba) pascapersalinan yang berkeringat.

Rasa dingin yang muncul setelah hot flash biasanya merupakan respons alami tubuh terhadap kelembapan di ruangan yang sejuk.

Baca Juga: 4 Mitos Ari-ari Bayi yang Menjadi Tradisi Usai Melahirkan di Indonesia

Penyebab Postpartum Chills

postpartum chills.jpg

Foto: postpartum chills.jpg (babycenter.com)

Foto: babycenter.com

Menurut dr. Russell, penyebab kedinginan setelah melahirkan tidak sepenuhnya dapat dipahami, tetapi hal ini mungkin berhubungan dengan kehilangan cairan atau panas dan perubahan hormonal dalam tubuh pascapersalinan.

Tak hanya itu, kehilangan darah dan hormon adrenalin juga dapat menyebabkan kedinginan pascapersalinan.

Perlu Moms ketahui bahwa postpartum chills ini tidak dapat dicegah. Jadi, meski Moms menjalani operasi caesar atau persalinan pervaginam, kedinginan setelah melahirkan tetap bisa terjadi.

Selain itu, walaupun postpartum chills biasanya terjadi dalam beberapa jam Anda melahirkan, tetapi kondisi ini juga dapat terjadi menjelang akhir persalinan.

Moms juga tetap bisa mengalami kedinginan pascapersalinan meskipun ruangan tempat bersalin memiliki suhu yang sangat hangat.

Yang jelas, hal ini tak bisa diprediksi secara pasti sehingga Moms perlu mencari informasi sebanyak mungkin agar lebih siap menghadapinya.

Cara Mengatasi Postpartum Chills

mengatasi postpartum chills.jpg

Foto: mengatasi postpartum chills.jpg (kidslymom.com)

Foto: kidslymom.com

Lantas, bagaimana ya, cara mengatasi rasa kedinginan setelah melahirkan ini?

Moms hanya perlu menunggu suhu tubuh hingga normal kembali, dengan menghangatkan diri menggunakan pakaian hangat dan selimut.

Perlu Moms ingat bahwa, jangan pernah untuk menahan atau mengendalikan rasa menggigilnya. Terutama jika Moms melahirkan dengan operasi caesar.

Hal ini karena mengejan untuk menghentikan menggigil dapat menyebabkan jahitan Moms robek. Jadi, hati-hati ya, Moms.

Meski postpartum chills terasa tidak nyaman, tetapi hal ini pasti akan berlalu. Biasanya, postpartum chills jarang terjadi hingga 1 jam setelah melahirkan.

Menurut The Journal of Reproductive Medicine, mayoritas ibu melahirkan mulai menggigil selama persalinan atau hingga 30 menit pascapersalinan.

Sementara itu, jika Moms merasa menggigil pascapersalinan akibat menyusui, hal tersebut merupakan suatu yang normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika kedinginan dikaitkan dengan rasa sakit, pembengkakan, dan demam, itu bisa menjadi tanda mastitis dan harus segera dievaluasi dokter.

Baca Juga: Ketahui 4 Tahapan Nifas dan Perubahan pada Tubuh Usai Melahirkan

Kapan Harus Khawatir Jika Mengalami Postpartum Chills?

demam usai melahirkan

Foto: demam usai melahirkan (medicalnewstoday.com)

Foto: Orami Photo Stock

Meski kedinginan setelah melahirkan termasuk kondisi yang wajar, tetapi Moms tetap perlu waspada.

Sensasi menggigil yang Moms rasakan pascamelahirkan merupakan reaksi terhadap syok dan tidak boleh disertai demam.

Jika Moms memiliki gejala seperti flu dan menjadi demam, ini bisa menjadi tanda peringatan yang mengindikasikan adanya infeksi.

Apabila hal tersebut terjadi, Moms perlu mendapatkan perawatan dokter segera.

Maka, Moms perlu memantau suhu tubuh pascapersalinan dengan teratur. Selain itu, selalu hubungi dokter kandungan Moms untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang gejala pascamelahirkan.

Itu dia Moms, penjelasan seputar kedinginan setelah melahirkan. Semoga dengan memahami tentang postpartum chills, Moms bisa lebih tenang ketika mengalaminya.

  • https://health.clevelandclinic.org/intense-shivering-after-your-babys-born-youve-got-postpartum-chills/
  • https://www.romper.com/life/postpartum-chills
  • https://mommylabornurse.com/postpartum-chills/
  • https://ohmymamabody.com/postpartum-chills/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1765959/