Scroll untuk melanjutkan membaca

PERNIKAHAN & SEKS
21 Juli 2022

4 Jenis Kondom Sutra untuk Momen Intim yang Lebih Gereget

Yuk simak perbedaan dan keunggulan masing-masing jenis kondom Sutra
4 Jenis Kondom Sutra untuk Momen Intim yang Lebih Gereget

Ada berbagai jenis dan merk kondom yang beredar di pasaran. Salah satu yang paling umum ditemukan adalah kondom Sutra. Penasaran dengan jenis kondom yang satu ini? Yuk, kenalan dengan salah satu kondom lokal ini.

Sama seperti kondom lainnya, Sutra juga berfungsi sebagai pengaman saat melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Namun kondom tak sekadar digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, tetapi berfungsi juga sebagai pencegah penularan berbagai penyakit dan infeksi menular. Terutama penyakit yang hanya bisa disebarkan melalui hubungan intim. Salah satunya HIV/AIDS.

Kondom Sutra menjadi salah satu alat pengaman untuk lelaki yang diproduksi oleh DKT Internasional. Ini merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang keluarga berencana, dan berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

Lembaga ini hadir di Indonesia pada tahun 1996, dimulai dengan mengembangkan kondom dengan merk Sutra. Lalu berlanjut dengan beberapa merk kondom lainnya, termasuk Fiesta.

Sejak hadir di Indonesia sampai saat ini, Sutra memiliki empat jenis kondom serta beberapa alat bantu berhubungan seksual lainnya, termasuk pelumas. Setiap jenis kondom punya keunggulan masing-masing. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Tak Hanya Mencegah Kehamilan, Cari Tahu Manfaat dan Bahaya Kondom

1. Kondom Sutra Classic

Rp22.600
Kondom Sutra Classic - 12 Pcs

Jenis kondom Sutra yang pertama adalah kondom Sutra Classic yang berwarna merah.

Kondom Sutra Merah dilengkapi dengan lubrikan khusus yang memberikan rasa halus dan lembut untuk menambah kemesraan Anda dan pasangan.

2. Kondom Sutra Hitam

kondom sutra hitam

Foto: kondom sutra hitam

Foto kondom Sutra Hitam

Saat hadir pertama kali di Indonesia, Sutra hadir sebagai kondom dengan kemasan berwarna merah, hingga namanya pun sesuai dengan kemasan. Harga kondom yang satu ini juga terbilang cukup murah, ketimbang beberapa merk lainnya.

Masih dengan harganya terjangkau, merk ini kembali muncul dengan kemasan barunya yang berwarna hitam. Hingga orang banyak menyebutnya sebagai Sutra Hitam. Sama seperti jenis kondom lainnya, kondom yang satu ini juga memiliki keunggulan, termasuk:

  • Pelumas Penunda Klimaks
  • Extra Halus
  • Extra Tipis

Dengan teskturnya yang sangat halus dibanding jenis kondom lainnya, ditambah dengan bahan yang ekstra tipis, membuat alat kontrasepsi yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu yang paling banyak disukai para lelaki.

Meski begitu, kondom yang satu ini memiliki standar mutu internasional tertinggi dan sudah lulus uji elektronis, hingga mampu melindungi diri dan pasangan dari berbagai penyakit menular seksual dan HIV/AIDS.

Tentu saja jika digunakan dengan benar, kondom ini dapat mencegah kehamilan dengan tingkat akurasi 99%. Jika Moms dan Dads tidak berencana untuk menambah anak dalam waktu dekat, pastikan untuk menggunakan pengaman ini saat melakukan hubungan seks, ya!

3. Kondom Sutra Plus

12% Rp39.950
Rp34.854
Kondom Sutra Plus - 12 Pcs

Jenis kondom Sutra selanjutnya adalah kondom Sutra Plus. Moms dan Dads yang lebih menyukai kondom tipis cocok sekali memilih jenis kondom satu ini.

Bukan hanya lebih tipis, kondom Sutra Plus ini juga lebih basah dan lebih spesial dengan ramuan manjakani.

4. Kondom Sutra Gerigi

Rp32.900
Kondom Sutra Gerigi - 12 Pcs

Jenis kondom Sutra selanjutnya adalah kondom Sutra Gerigi. Sesuai dengan namanya, kondom ini memiliki tekstur bergerigi yang bikin momen intim Moms dan Dads makin gereget.

Tesktur bergerigi (bintil) tahan terhadap gesekan dan anti bocor. Kondom Sutra Gerigi dapat memberikan sensasi baru secara maksimal.

Terbuat dari bahan lateks alami dilengkapi dengan bintil-bintil halus dan lembut untuk memberikan sensasi dan kenikmatan yang maksimal untuk Moms dan pasangan.

Manfaat Kondom

Kondom menjadi alat kontrasepsi paling mudah didapat dan digunakan. Benda kecil yang satu ini menjadi pelindung paling efektif untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan hingga dapat membuat seks menjadi lebih baik.

Yuk, simak beberapa manfaat kondom berikut, seperti dikutip dari Planned Parenthood.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memakai Kondom yang Membuat Kebobolan

1. Efektif Melawan Penyakit Menular Seksual

Mengenal Sexually Transmitted Diseases (STD)

Foto: Mengenal Sexually Transmitted Diseases (STD) (Pixabay.com/sasint)

Foto: Kondom dapat mencegah penularan penyakit seksual. (Orami Photo Stock)

Kondom l adalah satu-satunya metode pengendalian kelahiran yang juga membantu mencegah penyebaran infeksi menular seksual seperti HIV/AIDS, klamidia, dan gonore.

Meski Moms sudah menggunakan jenis kontrasepsi lain, seperti KB, sebaiknya tetap gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual untuk melindungi diri dari PMS.

2. Tidak Mahal dan Nyaman

cara menggunakan kondom

Foto: cara menggunakan kondom

Foto: Kondom aman, mudah dan nyaman digunakan. (Orami Photo Stock)

Beberapa alat kontrasepsi biasanya memiliki harga yang cukup mahal, namun tidak dengan kondom. Alat kontrasepsi ini bisa ditemukan dan didapat dengan mudah, bahkan di warung tradisional, seperti beberapa jenis kondom Sutra. Moms dan Dads juga bisa mendapatkannya tanpa perlu resep dokter.

Selain itu, beberapa jenis kondom didesain dengan kelebihan-kelebihan tertentu yang membuat nyaman saat digunakan berhubungan seks.

3. Pakai Kondom Bisa Jadi Seksi

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil, Simak di Sini!.jpg

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil, Simak di Sini!.jpg

Foto: Kondom dapat membuat hubungan seks terasa lebih seksi. (Orami Photo Stock)

Perlindungan itu penting, tetapi begitu juga kesenangan. Untungnya, kondom menawarkan keduanya!

Kondom datang dalam banyak gaya, bentuk, dan tekstur berbeda yang meningkatkan sensasi bagi kedua pasangan. Meminta pasangan untuk memakaikan kondom pada penis bisa menjadi bagian pemanasan yang seksi, apalagi jika menambahkan pelumas. Kondom bahkan bisa menunda ejakulasi (cumming), sehingga hubungan seks berlangsung lebih lama.

4. Membantu Pengendalian Kelahiran

tahap-kelahiran.jpg

Foto: tahap-kelahiran.jpg (https://holtanatomical.com/products/3b-models/3b-human-anatomy/pregnancy-models/3b-5-stage-birth-process-model-2429.html)

Foto: Dapat membantu pengendalian kelahiran. (Orami Photo Stock)

Moms dan Dads bisa memasukkan kondom sebagai pelindung ekstra, terutama ketika tidak berniat untuk menambah momongan. Memang tidak ada metode pencegah kehamilan yang 100% efektif, tapi menambahkan kondom sebagai cadangan dapat membantu mencegah kehamilan, terutama ketika Moms melakukan kesalahan dengan metode lain atau gagal.

Sebaiknya gunakan kondom untuk membantu melindungi diri dari penyakit menular seksual juga.

Baca Juga: 10 Jenis Penyakit Menular Seksual, Tak Hanya HIV/AIDS!

Efek Samping Kondom

Kebanyakan kondom memang tidak menyebabkan efek samping. Kecuali jika Dads atau Moms memiliki alergi terhadap lateks.

Kebanyakan kondom terbuat dari lateks atau karet. Mengutip The Health Site, American Academy of Allergy, Asthma & Immunology mencatat bahwa beberapa orang mengalami respons alergi terhadap protein dalam karet.

Meski jarang, tetapi kondisi ini dapat terjadi dan dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas atau respons imun yang ekstrem atau tidak perlu yang dimiliki tubuh terhadap antigen.

Ada empat jenis reaksi hipersensitivitas. Setiap jenis reaksi hipersensitivitas merupakan respon imun ekstrim terhadap antigen. Setiap jenis reaksi berbeda berdasarkan jenis antigen yang diidentifikasi tubuh, jenis respons imun apa yang dihasilkan tubuh, dan seberapa cepat tubuh menghasilkan respons.

Alergi terhadap lateks merupakan reaksi hipersensitivitas tipe 1. Ini menyebabkan respons langsung dan terjadi setelah seseorang terpapar antigen. Dengan jenis reaksi ini, tubuh merespon antigen dengan memproduksi jenis antibodi spesifik yang disebut IgE.

Beberapa gejala fisik hipersensitivitas tipe 1 termasuk:

  • ruam
  • pembilasan
  • gatal-gatal
  • gatal
  • busung
  • mengi
  • rinitis
  • keram perut

Itu dia beberapa informasi tentang Sutra, sebagai salah satu alat kontrasepsi lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Moms dan Dads bisa mendapatkannya di supermarket, minimarket, apotek, hingga warung tradisional. Harga yang dipatok di setiap tempat biasanya berbeda-beda.

Pastikan untuk menggunakan kondom setiap berhubungan seksual, ya Moms, Dads! Moms juga bisa beli produk kondom Sutra di Orami.co.id.

  • https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/condom/what-are-the-benefits-of-condoms#:~:text=Condoms%20have%20no%20side%20effects,of%20condoms%20may%20be%20irritating.
  • https://kondomsutra.net/produk-sutra/
  • https://dktindonesia.org/about/
  • https://www.thehealthsite.com/sexual-health/4-facts-you-never-knew-about-condoms-278517/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/hypersensitivty-reactions#type-1