Rupa-rupa

17 Mei 2021

Fakta Kopi Luwak yang Dinobatkan Sebagai Kopi Termahal di Dunia, Simak Moms!

Tak hanya termahal, ternyata kopi ini juga lebih unggul manfaatnya dibandingkan jenis kopi lain
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Dari mulai kopi instan hingga es kopi susu kekinian, Moms pasti memiliki kopi favorit tersendiri. Tapi, tahukah Moms tentang kopi termahal di dunia?

Minuman satu ini juga tercatat sebagai salah satu minuman paling banyak diminum karena ia bisa dengan cepat menambah energi untuk memulai aktivitas setiap hari.

Namun, pernahkan Moms berpikir, seperti apa sih rasa dari kopi termahal di dunia?

Salah satu jenis kopi termahal di dunia dari Indonesia yang sudah cukup dikenal adalah kopi luwak. Ia dinyatakan sebagai salah satu kopi termahal di dunia karena telah melewati proses alami yang tidak bisa sembarang dilakukan.

Kopi ini dibuat dari kotoran, atau lebih tepatnya terbuat dari biji kopi yang dicerna sebagian dan kemudian dibuang oleh luwak atau musang kelapa, yakni makhluk yang mirip kucing.

Di Amerika Serikat, secangkir kopi luwak bisa dihargai US$ 80 atau setara Rp 1,2 juta.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Mengenai Kopi Luwak Sebagai Kopi Termahal di Dunia

Lebih Dalam Mengenai Kopi Luwak Sebagai Kopi Termahal di Dunia

Foto: diarseo.com

Nah, sebenarnya apa yang menjadikan kopi luwak kopi termahal di dunia?

Luwak adalah hewan yang ditemukan di Asia Tenggara dan Afrika sub-Sahara, hewan ini memiliki ekor yang panjang seperti monyet, dengan corak wajah seperti rakun, dan garis-garis atau bintik-bintik pada tubuhnya.

Ia memainkan peran penting dalam rantai makanan, memakan serangga dan reptil kecil selain buah-buahan seperti ceri kopi dan mangga, dan dimakan bergantian oleh macan tutul, ular besar, dan buaya.

Luwak hanya memakan ceri kopi yang paling manis dan segar. Setelah tertelan, buah kopi ini akan menjalani proses fermentasi paling alami dalam saluran pencernaan luwak.

Sehingga ia menghasilkan karakteristik rasa khas yang tidak dapat direproduksi dengan cara lain. Setelah musang membuang biji, biji pun diambil dan dibersihkan, dipanggang, dan kemudian diseduh.

Plum, teh, dan mawar adalah cita rasa yang paling menonjol dari kopi luwak.

Baca Juga: Selain Kopi, 5 Minuman Ini Juga Mengandung Kafein Lho!

Selain Jadi Kopi Termahal di Dunia, Kopi Luwak Juga yang Paling Sehat

Kopi Luwak Kopi Termahal di Dunia

Foto: Orami Photo Stock

Pada 2013, para peneliti dari Osaka University & Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute bekerja sama untuk mempelajari perbedaan biologis dan metabolisme antara kopi luwak dan jenis kopi lainnya.

Mereka mengambil sampel 21 biji kopi yang berbeda, termasuk biji Arabika dan Robusta biasa, kopi luwak palsu yang dibuat dengan proses sintetik, serta campuran biji kopi luwak dan biji kopi biasa yang berbeda.

Apa yang ditemukan para peneliti cukup luar biasa, mereka menemukan bahwa manfaat kopi luwak jauh melebihi jenis kopi lainnya. Manfaat kopi luwak yang juga merupakan kopi termahal di dunia ini datang karena tiga jenis senyawa yang dihasilkan, antara lain:

1. Asam Malat

Asam malat adalah senyawa organik yang dibuat secara alami oleh semua organisme hidup. Ia dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan pemulihan dari olahraga berat dan nyeri otot.

Menurut Journal of Nutritional Medicine, asam malat membantu dalam siklus Krebs, proses tubuh dalam memetabolisme lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi yang dapat digunakan dalam tubuh.

The Journal of Rheumatology juga setuju bahwa asam malat eksogen membantu tubuh membuat penggunaan energi tubuh jadi lebih efisien.

Kopi luwak murni memiliki lebih banyak asam malat daripada jenis kopi lain yang diuji. Para ahli percaya inilah mengapa kopi luwak memberikan dorongan energi yang lebih halus dan tahan lama dibandingkan kopi lainnya.

2. Asam Sitrat

Asam sitrat adalah senyawa organik yang terjadi secara alami dalam tubuh manusia dan dalam buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis.

Sama seperti asam malat, ia juga memainkan peran utama dalam siklus Krebs, yang berarti peningkatan kadar asam sitrat memberi Moms lebih banyak energi.

Kopi luwak murni dikemas dengan asam sitrat yang sangat sehat. Beberapa manfaat dari asam sitrat antara lain:

  • Memerangi perkembangan batu ginjal.
  • Melawan osteoporosis dengan memperkuat tulang.
  • Meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Inositol

Inositol adalah alkohol gula alami yang dibuat secara alami di ginjal dan ditemukan di banyak makanan lain. Inositol sangat penting dalam membangun membran sel dan bertindak sebagai "utusan sekunder" dalam sistem saraf.

Ini berarti mereka mampu meningkatkan dampak neurotransmiter di otak. Inositol telah terbukti dapat memerangi depresi, kecemasan, dan gangguan obsesif kompulsif juga.

Baca Juga: 7 Efek Kopi bagi Tubuh, Apa Saja?

Kontroversi Mengenai Kopi Luwak

Kontroversi Kopi Luwak

Foto: trulyclassy.com

Namun, dibalik gelar kopi termahal di dunia yang ia sandang, proses pembuatan kopi luwak banyak ditentang oleh para aktivis lingkungan. Pasalnya, semenjak mereka menjadi sangat komersial, luwak pun akhirnya tidak lagi dibiarkan hidup liar.

Kini mereka ditempatkan dalam penangkaran yang bertujuan agar kotorannya dapat lebih mudah dikumpulkan.

Mengutip National Geographic, peneliti dari Unit Penelitian Konservasi Satwa Liar Universitas Oxford dan Lembaga Perlindungan Hewan Dunia nirlaba yang berbasis di London menilai kondisi kehidupan hampir 50 luwak liar yang dikurung di 16 perkebunan di Bali.

Hasilnya, yang diterbitkan di jurnal Animal Welfare dan melukiskan gambaran yang suram.

Dari ukuran dan sanitasi kandang hingga kemampuan luwak untuk hidup layak, semuanya dianggap gagal dan sangat tidak memenuhi persyaratan dasar kesejahteraan hewan.

Beberapa dari kandang yang ditemukan sangatlah kecil dan para luwak ini benar-benar basah kuyup oleh air seni dan kotoran mereka sendiri.

Beberapa luwak terlihat sangat kurus, karena diberi makan makanan yang dibatasi hanya ceri kopi saja. Namun beberapa mengalami obesitas, karena tidak pernah bisa bergerak dengan bebas.

Neil D’Cruze sebagai salah satu peneliti juga mengungkapkan bahwa yang menurutnya paling mengganggu adalah lantai kawat. Sehingga banyak hewan dipaksa untuk berdiri, duduk, dan tidur sepanjang waktu.

Jika berdiri di atas kawat seperti itu sepanjang waktu, itu akan menyebabkan luka dan lecet. Namun mereka tidak punya tempat untuk pergi dari lantai itu, padahal itu adalah sumber rasa sakit dan ketidaknyamanan yang konstan dan intens.

Baca Juga: Minum Kopi Instan Setiap Hari, Apa Bahayanya?

Itulah fakta mengenai kopi luwak sebagai kopi termahal di dunia. Jadi, meskipun ia memiliki manfaat yang lebih unggul daripada jenis kopi lainnya, alangkah baiknya Moms mempertimbangkan dalam mengonsumsinya.

Sebab jika Moms mengonsumsinya terus menerus, ini berarti Moms membiarkan luwak yang seharusnya hidup liar diperlakukan secara tidak layak demi keuntungan belaka.

  • https://www.nationalgeographic.com/animals/article/160429-kopi-luwak-captive-civet-coffee-Indonesia
  • https://www.themanual.com/food-and-drink/most-expensive-coffee-in-the-world/
  • https://www.businessinsider.com/kopi-luwak-cat-poop-worlds-most-expensive-coffee-taste-test-2018-11?r=US&IR=T
  • https://www.kayakopi.com/health-benefits
  • https://www.purekopiluwak.com/coffee-health-benefits-kopi-luwak/
  • https://pubs.acs.org/doi/10.1021/jf401819s
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4787273/
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/13590849208997961
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait