Karier & Keuangan

9 Fakta Menarik tentang Kripto, Mata Uang Digital yang Sedang Naik Daun

Walaupun begitu menggiurkan, faktanya kripto ternyata terbatas dan akan habis pada waktunya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Moms dan Dads pasti menyadari uang kripto kini tengah booming. Para investor bahkan pekerja mulai berusaha mengalihkan ke mata uang digital tersebut. Namun, beberapa waktu ini, banyak kasus criminal terjadi di tengah viralnya cryptocurrency atau mata uang kripto. Salah satunya terjadi di Turki sehingga menambah daftar kejahatan dalam investasi dalam fakta kripto.

Lalu, apa itu kripto? Menurut investopedia, Cryptocurrency atau kripto adalah mata uang digital atau virtual yang diamankan dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan dua kali. Kebanyakan kripto adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain.

Ciri khas cryptocurrency atau kripto adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Fakta Mata Uang Kripto

Bagi banyak orang, mata uang kripto adalah industry misterius. Namun, seiring waktu, semakin banyak orang menjadi tertarik serta menguji keberuntungan mereka dengan berinvestasi dalam mata uang digital. Tapi, ada beberapa fakta kripto yang Moms dan Dads harus ketahui tentang mata uang digital ini. Berikut ini beberapa fakta kripto yang bisa kalian ketahui:

1. Jumlah Total Kripto Terbatas

Jumlah kripto terbatas

Foto: website/freepik

Jika Moms dan Dads berpikir akan mungkin untuk membeli kripto dalam jumlah yang tidak terbatas maka pikirkan lagi. Fakta kripto adalah sumber daya yang terbatas, seperti emas atau minyak. Inilah sebabnya mengapa mata uang seperti bitcoin terus meningkat nilainya seirign dengan penurunan pasokan. Investor tahu bahwa di suatu saat nanti, jumlah bitcoin dan mata uang alternative yang tersedia akan segera berakhir.

2. Tidak Ada Koin atau Tagihan Fisik

Fakta kripto lainnya adalah tidak ada koin atau fisik kecuali Moms dan Dads menggunakan layanan yang memungkinkan kalian menguangkan cryptocurrency untuk token listrik. Dilansir dari Federal Trade Commission Consumer Information, kalian biasanya bertukar cryptocurrency dengan seseorang secara online, dengan ponsel atau komputer, tanpa menggunakan perantara seperti bank. Bitcoin dan Eter adalah mata uang kripto yang terkenal, tetap ada banyak merek mata uang sebagai fakta kripto yang berbeda dan yang baru terus dibuat.

Baca Juga:Kenali Pengertian Saham, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Berinvestasi

3. Bitcoin adalah Cryptocurrency Pertama

Bitcoin adalah Cryptocurrency Pertama

Foto: website/freepik

Cryptocurrency berbasis blockchain pertama adalah Bitcoin, yang masih menjadi yang paling populer dan paling berharga. Saat ini, terdapat ribuan mata uang kripto alternatif dengan berbagai fungsi dan spesifikasi. Beberapa di antaranya adalah klon atau garpu Bitcoin, sementara yang lain adalah mata uang baru yang dibangun dari awal berdasarkan bitcoin.com.

Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009 oleh individu atau kelompok yang dikenal dengan nama samaran "Satoshi Nakamoto."1 Pada Maret 2021, ada lebih dari 18,6 juta bitcoin yang beredar dengan total kapitalisasi pasar sekitar USD927 miliar.

Beberapa mata uang kripto yang bersaing yang lahir dari kesuksesan Bitcoin, yang dikenal sebagai "altcoin", termasuk Litecoin, Peercoin, dan Namecoin, serta Ethereum, Cardano, dan EOS. Saat ini, nilai agregat dari semua cryptocurrency yang ada adalah sekitar USD1,5 triliun. Bitcoin saat ini mewakili lebih dari 60 persen dari total nilai.

4. Bila Hilang Tak Bisa Kembali

Fakta kripto yang bisa membuat Moms dan Dads berpikir ulang adalah cryptocurrency disimpan dalam dompet digital, bisa secara online, di komputer, atau hard drive eksternal.

Namun, bila hilang secara tak terduga seperti platform pertukaran online bangkrut, mengirim cryptocurrency ke orang yang salah, kehilangan sandi ke dompet digital kalian atau dompet digital dicuri maupun disusupi maka kalian tidak akan bisa menemukan siapapun turun tangan untuk membantu Moms dan Dads memulihkan dana.

Dan, fakta kripto yang bikin Moms dan Dads mungkin geleng kepala adalah tidak ada perantara seperti bank dalam mentransfer cryptocurrency sehingga tidak ada orang yang dapat dihubungi jika mengalami masalah.

Baca Juga: 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda

5. Cryptocurrency Tidak Dapat Diblokir secara Fisik

Cryptocurrency tidak dapat diblokir secara fisik

Foto: website/freepik

Banyak negara di seluruh dunia telah membahas pelarangan cryptocurrency. Namun, meskipun mereka ingin melarang, secara fisik tidak mungkin. Mengapa?

Karena siapa pun bisa mendapatkan dompet kripto. Tentu saja, negara bisa membuat regulasi, tapi pasar cryptocurrency sendiri tidak bisa dilarang. Beberapa negara yang telah menghapus hak penggunaan cryptocurrency adalah Alergia, Kamboja, Bolivia, Pendidik, Bangladesh, dan Nepal.

6. Ada Lebih dari 5.000 Mata Uang Berbeda

Semua orang ingin masuk ke cryptocurrency. Inilah mengapa mata uang baru bermunculan di industri setiap hari. Saat ini, ada lebih dari 5.000 mata uang berbeda di dunia. Secara alami, sebagian besar mata uang ini tidak terlalu berharga, juga tidak akan berharga.

Namun, selalu ada berlian dalam kondisi kasar yang diharapkan orang-orang. Dengan kata lain, tidak semua altcoin tidak berguna. Dengan lebih dari 5.000 cryptocurrency tersedia, beberapa yang kreatif ada di luar sana, seperti Coinye (dinamai menurut Kanye West), PizzaCoin, dan Cabbage.

Baca Juga:Ingin Investasi Emas? Inilah 4 Hal yang Perlu Kita Ketahui

7. Tiongkok adalah Penambang Mata Uang Kripto Terbesar

Cina adalah penambang cryptocurrency terbesar

Foto: website/freepik

Nah, siapa sangka? MenurutThe NYU Dispatch, penambangan cryptocurrency adalah proses verifikasi transaksi sebelum ditempatkan di buku besar Blockchain. Ini adalah bagian bisnis yang sangat menguntungkan, dan hingga saat ini, Tiongkok mengontrol sekitar 75 persen jaringan penambangan sebagai salah satu fakta kripto lainnya.

8. Kena Pajak

Tentu saja, tergantung di negara mana Moms dan Dads tinggal. Tetapi karena cryptocurrency sekarang telah memasuki pasar utama, agen pajak di seluruh dunia mencoba untuk memastikan mereka mendapatkan potongan kue virtual mereka. Banyak negara mengharapkan kalian membayar pajak atas keuntungan cryptocurrency Anda.

9. Banyak Selebriti Telah Berinvestasi di Kripto

Banyak Selebriti Telah Berinvestasi di Kripto

Foto: website/freepik

Salah satu mitos terbesar yang mengelilingi cryptocurrency adalah bahwa mereka adalah scam dan tidak ada yang berinvestasi di dalamnya, yang tentu saja tidak benar. Namun, fakta kripto yang bertolak belakang adalah jutaan orang di seluruh dunia telah melakukan itu dan ada banyak selebritas di grup itu.

Floyd Mayweather, Paris Hilton, Snoop Dogg, 50 Cent, Gwyneth Paltrow, Elon Musk, dan banyak lagi bagian dari jaringan. Baru-baru ini, bahkan rapper Logic menyatakan bahwa dia menginvestasikan USD6 juta dalam Bitcoin, yang merupakan angka yang memukau.

Untuk membuat segalanya menjadi lebih baik, banyak merek global di seluruh dunia bahkan menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran. Expedia, Shopify, Wikipedia, Microsoft, dan Starbucks hanyalah beberapa sebutan yang terhormat.

Baca Juga: Bolehkah Investasi Pendidikan Digabung dengan Investasi Lainnya?

Fakta terpenting dari fakta kripto di atas adalah risiko yang lebih banyak dibanding investasi lainnya. Kripto tidak ada yang dijamin selain volatilitas. Terlebih lagi, ini tidak diatur dalam banyak kasus.

Tidak ada asuransi untuk barang ini, juga tidak ada pembeli pilihan terakhir. Harga koin kripto berayun liar dari menit ke menit. Sementara pasar menikmati cahaya kenaikan, itu telah mengalami koreksi yang menyakitkan dan berlarut-larut dan hampir pasti akan terjadi lagi.

Bahaya bervariasi dalam derajat. Bitcoin, cryptocurrency asli, telah ada selama lebih dari satu dekade dan secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk hilang daripada kebanyakan koin lainnya. Tapi itu juga tidak bebas dari risiko. Karenanya, jangan pertaruhkan uang , atau tabungan hidup Anda, dengan koin apa pun.

  • https://wp.nyu.edu/dispatch/6-must-know-facts-about-cryptocurrency/
  • https://cryptocurrencyfacts.com/
  • https://signalscv.com/2021/03/interesting-facts-about-crypto-trading/
  • https://www.coindesk.com/buying-your-first-crypto-things-you-should-know
  • https://www.amchamphilippines.com/wp-content/uploads/2018/11/Cryptocurrency-Facts-and-Fiction.pdf
  • https://www.investopedia.com/terms/c/cryptocurrency.asp
  • https://news.bitcoin.com/satoshi-nakamotos-brilliant-white-paper-turns-9-years-old/
  • https://www.forbes.com/advisor/investing/what-is-cryptocurrency/
  • https://www.nerdwallet.com/article/investing/cryptocurrency-7-things-to-know
  • https://www.consumer.ftc.gov/articles/what-know-about-cryptocurrency-and-scams
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait